Comscore Tracker

10 Anime Sedih Terbaik yang Menyayat Hati, Siap-Siap Tisu!

Siapkan tisumu kalau nonton anime sedih ini ya!

Belakangan ini, genre anime sedih semakin digemari oleh semua kalangan karena cerita yang beragam dan tentunya menarik. Beberapa judul anime ini dapat mencampuradukkan perasaan penonton dengan alurnya yang sangat menyayat hati.

Bagi kamu yang ingin menonton anime sedih namun tidak punya banyak waktu, jangan khawatir karena rekomendasi anime sedih berikut punya cerita yang lebih ringkas dan padat sehingga durasinya lebih singkat.

Gak perlu basa-basi lagi, inilah rekomendasi 10 anime sedih yang menyayat hati buat menemani hari-harimu. Jangan lupa siapkan tisu sebelum menonton, ya!

1. Kokoro ga Sakebitagatterunda (2015)

https://www.youtube.com/embed/sR00hgnKz1w

Rekomendasi anime sedih pertama bercerita tentang sebuah trauma terbesar yang dialami anak bernama Naruse Jun yang memiliki trauma mendalam akibat dijadikan kambing hitam akibat rusaknya rumah tangga kedua orangtuanya.

Kejadian ini bermula ketika Naruse Jun yang memiliki khayalan untuk tinggal di istana. Suatu ketika, ia memergoki ayahnya yang memasuki istana bersama seorang wanita dan menceritakan kepada ibunya. Akibat kejadian ini, rumah tangga mereka rusak dan Jun disalahkan karena terlalu cerewet dan tidak bisa menjaga kata-katanya. 

Jun bertemu dengan sebuah telur berpakaian ksatria yang membungkam mulutnya sehingga kini Jun tidak dapat berbicara. Apakah Naruse Jun dapat berbicara kembali?

2. Ookami Kodomo no Ame to Yuki (2012)

https://www.youtube.com/embed/6etBUwJsAYE

"Ookami Kodomo no Ame to Yuki" jadi anime sedih yang menceritakan tentang perjuangan seorang single mother untuk membesarkan kedua anaknya yang merupakan keturunan manusia serigala yang telah dinyatakan punah. Hana sebagai ibu dari Ame dan Yuki rela meninggalkan kehidupan kota kemudian memilih untuk tinggal di desa demi keselamatan buah hatinya.

Kehidupan yang dijalani tidak sesuai yang diharapkan. Hana mulai bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan kedua anaknya dan menghemat warisan suaminya yang telah menipis. Selain itu, kurangnya pengalaman membuatnya berkali-kali mengalami gagal panen.

Baca Juga: 6 Movie Anime yang Siap Tayang dalam Waktu Dekat, Ada Tensura!

3. Hotarubi no Mori e (2011)

https://www.youtube.com/embed/zOc3pbvFAww

Anime yang bergenre drama, romansa, dan supranatural ini memiliki cerita yang sedikit ringan sebab hanya berdurasi 45 menit. Bercerita tentang seorang anak berusia 6 tahun yang berkunjung ke rumah kakeknya. Ia tersesat di sebuah hutan yang dirumorkan banyak ditinggali oleh roh.

Tanpa sengaja salah satu roh bernama Gin menemukan Hotaru yang sedang menangis. Ia kemudian mengantarnya keluar dari hutan. Ada satu pantangan yang tidak boleh dilanggar yaitu Gin dilarang menyentuh manusia atau dia akan menghilang. Hubungan mereka terus berlanjut, Hotaru mengunjungi hutan setiap libur musim panas. Mereka menikmati kebahagiaan tanpa saling bersentuhan sama sekali.

Benih-benih cinta perlahan tumbuh di antara mereka, namun pantangan di antara mereka menjadi penghalang yang sulit untuk ditembus. Bagaimana mereka menembus penghalang tersebut? Ataukah kisah mereka akan kandas?

4. The Garden of Words (2013)

https://www.youtube.com/embed/bnFBoF06SqE

Anime yang bergenre romance ini merupakan salah satu karya Makoto Shinkai yang mengagumkan. Memiliki ciri khas anime garapan Makoto Shinkai, yaitu kisah romance yang tidak biasa dan grafik yang mengagumkan.

Pada awal musim hujan di Tokyo, Akizuki Takao seorang siswa SMA berusia 15 tahun yang memiliki cita-cita sebagai pengrajin sepatu. Ia menggambar sketsa sepatunya pada sebuah taman Shinjuku Gyoen dan membolos pada kelas pertamanya. Secara tidak sengaja ia bertemu dengan Yukino Yukari seorang wanita berusia 27 tahun yang sedang meminum bir dan cokelat, serta membolos dari pekerjaannya. Mereka berjanji untuk bertemu pada taman tersebut ketika hujan turun.

Mereka saling berbincang tentang masalah yang sedang dihadapi. Yukari menyatakan ketertarikan akan keterampilan yang dimiliki Takao, kemudian Takao memilih untuk membuatkannya sepasang sepatu. Ketika musim hujan selesai Takao tidak lagi mengunjungi taman dan fokus untuk menyelesaikan sepatu buatannya.

5. Grave of the Fireflies (1988)

https://www.youtube.com/embed/4vPeTSRd580

Kisah pilu terjadi pada akhir Perang Dunia II di Jepang membuat masyarakat yang menjadi korban bom menderita. Anime sedih ini termasuk anime lawas yang dibuat pada tahun 1988 oleh Studio Ghibli. Meskipun begitu, cerita di anime ini sangat sedih dan dark. Diangkat dari cerpen semi-autobiografi dengan judul sama yang ditulis oleh Nosaka Akiyuki pada tahun 1967.

Berlatar pada akhir Perang Dunia II di Kobe, Jepang sekitar tahun 1945. Menceritakan perjuangan bertahan hidup kakak beradik bernama Seita dan Setsuko yang kehilangan tempat tinggal akibat serangan udara. Mereka mengungsi di rumah bibi mereka, namun tidak bertahan lama karena sang bibi merasa bahwa mereka berdua merupakan parasit karena mereka tidak bekerja.

Mereka memutuskan untuk tinggal dalam sebuah terowongan di pinggir danau. Pada akhirnya mereka kehabisan simpanan berupa makanan maupun harta benda. Setsuko mencari cara untuk bisa memenuhi kebutuhan makan mereka, salah satunya dengan mencuri. Apakah mereka bisa lolos dari keadaan tersebut?

6. Colorful (2010)

https://www.youtube.com/embed/Jy3jDk281PI

"Colorful" merupakan anime sedih yang cocok banget kamu tonton ketika kamu sudah mulai kehilangan semangat hidup. Anime ini menceritakan tentang Makoto, anak laki-laki yang mengakhiri hidupnya dengan obat-obatan. Sesampainya di akhirat, Makoto justru diberikan tugas kembali ke dunia untuk memperbaiki seluruh kesalahannya.

Sepanjang film kamu akan dibuat terharu dengan perjuangan Makoto untuk memperbaiki kesalahannya selama hidup. Selain itu, dalam anime ini juga disisipkan banyak pesan moral agar lebih menghargai diri kita sendiri. Siap-siap dibikin jungkir balik deh sama anime satu ini.

Baca Juga: 8 Anime Slice of Life yang Melampaui Harapan Penggemar, Sudah Tonton?

7. Perfect Blue (1997)

https://www.youtube.com/embed/n6emgmaD0Gs

Anime sedih yang berdurasi 1 jam 20 menit ini bakalan bikin kamu nangis kejer dengan perjuangan Mira Kirigoe di dunia hiburan. Dulunya, Mira adalah seorang salah satu member grup Jpop yang sangat terkenal.

Namun, Mira memutuskan untuk beralih karier menjadi aktris. Tentu saja, banyak pihak yang menyayangkan keputusan Mira, bahkan fansnya saja sampai menerornya karena tidak terima ia menjadi aktris. Oh iya, film "Perfect Blue" ini tidak diperuntukkan untuk yang masih di bawah umur ya, guys! 

8. Koe No Katachi (2017)

https://www.youtube.com/embed/nfK6UgLra7g

Siap-siap tisu kalau kamu mau melihat anime "Koe No Katachi" yang menyuguhkan kehidupan perempuan tuli bernama Shouko Nishmiya. Anime sedih ini berawal dari Shouko yang selalu menjadi korban perundungan dari teman-temannya, terutama murid laki-laki yang bernama Shouya Ishida. Saking parahnya, Shouko akhirnya memutuskan untuk pindah sekolah.

Di SMA Shouya mendapat karmanya, ia menjadi korban perundungan. Tidak hanya itu, Shouya bahkan dijadikan pesuruh oleh teman-temannya. Setelah mengalami kejadian tersebut Shouya akhirnya merasa bersalah pada Shouko dan ingin meminta maaf. Apakah mereka bisa bertemu? Tonton aja langsung "Koe No Katachi" di layanan streaming favoritmu!

9. The Wind Rises (2013)

https://www.youtube.com/embed/PhHoCnRg1Yw

"The Wind Rises" wajib banget kamu masukkan ke dalam watching list-mu sekarang juga. Anime yang mengambil latar drama-sejarah ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Jirou yang ingin menciptakan pesawat terbang yang hebat.

Tentunya, perjuangan Jirou sangat tidak mudah, berkali-kali ia harus jatuh-bangun menghadapi setiap tantangan yang datang. Tidak cukup dibuat sedih dengan perjuangan Jirou, kamu juga bakal dibuat nangis dengan adegan perang dan kehilangan yang menyayat hati.

10. Kimi No Na Wa (2016)

https://www.youtube.com/embed/NooIc3dMncc

Makoto Shinkai emang jagonya bikin penonton baper sampai seminggu! Dalam film "Kimi No Na Wa" ini kamu harus menguatkan mental dengan perjuangan Taki dan Mitsuha.

Diceritakan dalam film, Taki dan Mitsuha merupakan dua orang yang memiliki kemampuan bertukar tubuh meskipun mereka berdua berada di tempat dan waktu yang berbeda. Air matamu akan dikuras habis saat melihat perjuangan Taki untuk menyelamatkan nyawa Mitsuha dari bencana meteor.

Itu dia 10 rekomendasi anime sedih yang wajib banget kamu tonton di waktu luang. Jika ada anime movie sedih lain yang tidak masuk dalam list di atas, boleh banget kita diskusikan di kolom komentar!

Baca Juga: Tertinggi Demon Slayer, 10 Anime Movie Terlaris Sepanjang Masa

Hernadimas Alfattah Photo Writer Hernadimas Alfattah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina
  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya