Comscore Tracker

15 Film Komedi Jepang yang Bikin Lupa Masalah Hidup, Kocak Banget!

Sudah siap untuk tertawa sampai sakit perut?

Film komedi memang menarik untuk ditonton karena ceritanya yang menghibur. Bahkan, kadang sampai mampu membuat penonton tertawa meski sedang dalam keadaan yang gundah gulana.

Bicara tentang film komedi, apa kamu pernah menonton film komedi Jepang? Meski tak sepopuler anime, film komedi asal negeri Sakura ini juga gak kalah seru, lho. Ini karena komedi Jepang yang ringan sehingga bisa masuk dengan mudah ke selera humor siapapun.

Nah, bila kamu belum pernah menontonnya, di bawah ini sudah ada 15 rekomendasi film komedi Jepang yang dijamin akan membuat tertawa sampai sakit perut!

1. Fuku-chan of FukuFuku Flats (2014)

https://www.youtube.com/embed/O08Lt90Ezxc

Film komedi Jepang pertama adalah film komedi-drama yang bercerita tentang laki-laki bernama Tatsuo Fukuda atau Fuku-chan yang tinggal di sebuah Apartemen FukuFuku. Dia laki-laki yang baik. Sayangnya Fuku-Chan memiliki masalah dengan wanita sehingga membuat ia sulit untuk berkencan. Hal ini terjadi karena trauma di masa SMP-nya, akibat insiden tak menyenangkan dengan gadis pujaannya.

2. Maiko Haaaan!!! (2007)

Film ini menceritakan tentang Kimihiko, diperankan oleh Sadao Abe, seorang pekerja kantoran biasa. Namun, dia punya satu hal yang membuatnya terlihat seperti orang gila, yakni obsesi pada geisha atau maiko. Suatu hari, keinginannya itu hampir tercapai setelah ia dipindahkan ke Kyoto dan mencampakkan pacarnya.

Namun, saat sedang ingin bersenang-senang dengan geisha, seorang pemain baseball yang mabuk menyerbu begitu saja ke kamarnya sehingga memicu api dendam pada Kimihiko sampai ia bersumpah akan menjadi pemain baseball serta membalas dendam pada atlet tersebut. Sementara mantan pacarnya yang sakit hati dan cemburu juga bertekad pindah ke Kyoto untuk menjadi seorang geisha.

3. 700 Days of Battle: Us vs. the Police (2008)

Mengambil latar waktu tahun 1979, film komedi Jepang ini menceritakan tentang sekelompok remaja pembuat onar yang berusaha menjahili seorang polisi. Dipimpin oleh Mamachiru, diperankan oleh Hayato Ichigo, mereka melakukan ini sebagai aksi balas dendam lantaran polisi tersebut telah menangkap teman mereka yang naik skuter dengan kecepatan tinggi sampai membuat mereka diskors dari sekolah.

4. The Apology King (2013)

https://www.youtube.com/embed/EYNK6MB_Oko

Film komedi Jepang selanjutnya ada film The Apology King yang bercerita tentang Ryoro Kurojima. Diperankan oleh Sadao Abe, ia bekerja sebagai direktur di pusat pelatihan permintaan maaf. Pekerjaan tersebut mengajari orang cara meminta maaf dengan baik dan benar. Pusat pelatihan itu menawarkan pemecahan segala masalah, mulai dari yang ringan sampai masalah berat seperti krisis nasional dengan cara minta maaf.

5. A Ghost of a Chance (2011)

A Ghost of a Chance menceritakan tentang seorang pengacara yang mendapatkan kasus pembunuhan aneh. Hal ini karena tersangka yang dituduh telah membunuh istrinya itu mengaku kalau saat malam kejadian, ia tengah terkena sleep paralysis atau ketindihan saat tidur di penginapan. Ketindihan itu terjadi gara-gara sosok hantu era Sengoku duduk di dadanya.

Meski terkesan mengada-ada, Pengacara Emi Hyoso, diperankan oleh Eri Fukatsu tetap menyelidikinya dan dia pun juga mengalami kejadian yang sama dengan terdakwa. Karena hanya hantu itu yang bisa menjadi saksi, Emi pun memohon kepada sang hantu agar mau membantu di pengadilan. Bagaimana caranya hantu bisa jadi saksi?

6. Ouran High School Host Club the Movie (2012)

Bagi pencinta manga, pasti sudah tidak asing dengan live action yang berjudul live action "Ouran High School Host Club". Film adaptasi manga dengan judul yang sama tersebut lebih berfokus pada kelanjutan dramanya. 

Diceritakan dalam film ini, seorang siswa perempuan bernama Haruhi yang terpaksa menyamar sebagai siswa laki-laki untuk melunasi hutangnya dengan cara menjadi anggota klub Ouran. Di film ini, kamu bakal dibuat sakit perut dengan tingkah konyol dari masing-masing tokoh. Penasaran? Langsung aja tonton di layanan streaming favorit kamu!

7.Too Young to Die! Wakakushite Shinu (2016)

https://www.youtube.com/embed/sBwK53Zr0yE

Rekomendasi film komedi Jepang yang ketujuh yakni ‘Too Young to Die!’. Ryunosuke Kamiki, berperan sebagai siswa yang bernama Daisuke, terbangun di neraka setelah bis wisata sekolah yang ia tumpangi mengalami kecelakaan. Menemukan dirinya di sana, Daisuke tentu panik. Dia bahkan bertanya-tanya, kenapa hanya dirinya di sana yang bahkan masih terlalu muda untuk mati dan belum pernah ciuman.

Ketika Daisuke sedang kebingungan, muncullah Killer K, diperankan oleh Tomoya Nagase, ia adalah pemimpin band rock Heruzu dari SMA Hell Agricultural. Killer K pun menawari Daisuke kembali ke dunia dengan syarat ia ikut band mereka untuk tur keliling neraka.

8. You Still Don’t Get Gunma (2017)

Film adaptasi manga yang berjudul "Omae wa Mada Gunma wo Shiranai" ini menceritakan tentang orang-orang yang sangat mencintai budaya daerahnya, Gunma. Sekilas memang tidak terlihat sebagai masalah. Namun, apa jadinya jika ada orang asing yang datang ke Gunma?

Diceritakan dalam film tersebut, konflik dimulai dari kepindahan Nori Kamitsuki, seorang murid pindahan asal Chiba yang datang ke Gunma. Tidak hanya dijadikan bahan perundungan, Kamitsuki juga ditolak mentah-mentah oleh Kyo Shinoka saat menyatakan perasaannya karena ia bukan berasal dari Gunma.

9. Tori Girl (2017)

Buat kamu yang suka film genre komedi dan slice of life, wajib banget buat nonton "Tori Girl". Film ini menceritakan perjuangan seorang perempuan bernama Toriyama Yukina yang tidak memiliki tujuan hidup.

Namun, semua itu berubah ketika ia bertemu dengan Kei Takahasi yang memberikan Yukina tujuan hidup, yakni menjadi pilot. Sepanjang film, kamu akan dibuat ngakak dengan tingkah Yukina dan teman-temannya yang absurd dan random. Tidak hanya itu, kamu juga bakal dibuat terharu dengan kuatnya ikatan persahabatan mereka.

10. Setoutsumi (2016)

https://www.youtube.com/embed/BpaUlBl-eb8

Film yang terkenal dengan logat Kansainya ini sangat cocok buat kamu yang suka dengan film genre komedi dan persahabatan. Diceritakan terdapat dua sahabat bernama Seto dan Utsumi yang memiliki dua kepribadian yang sangat bertolak belakang. Nah, dari perbedaan itulah tingkah-tingkah konyol mereka berdua tercipta.

11. Nisekoi (2018)

Panggilan buat kamu para pencinta genre komedi-romantis. Film "Nisekoi" menceritakan seorang laki-laki bernama Ichijou Raku yang digadang-gadang mewarisi geng yakuza milik ayahnya kelak. Kisah romansa Raku dimulai ketika terdapat siswa perempuan, Chitoge Kirisaki yang pindah ke kelas Raku. Diketahui, Chitoge merupakan anak dari bos yakuza saingan ayahnya. Ingin meredam konflik di antara keduanya, akhirnya Chitoge dan Raku memutuskan untuk berpura-pura pacaran.

12. Kyou Kara Ore Wa!! The Movie (2020)

Sukses dengan serial dramanya, "Kyou Kara Ore Wa!!" kembali hadir dalam versi film panjang. Masih sama dengan serial dramanya, film ini menceritakan tentang siswa pindahan, Mitsuha Takahasi yang membentuk kelompok berandalan bersama Ito Shinji. Alih-alih seram dan menegangkan, perkelahian antar kelompok dalam film tersebut justru dipenuhi dengan adegan yang konyol.

13. Teiichi’s Country (2017)

https://www.youtube.com/embed/bKp93AG5PGE

Lagi bad mood? Langsung aja tonton aksi kocak Teiichi dalam film "Teiichi's Country". Film ini menceritakan tentang seorang siswa bernama Teiichi yang bertekad untuk menjadi perdana menteri suatu hari. Demi menjadi perdana menteri dan membangun negara impiannya, Teiichi langsung mencalonkan dirinya menjadi ketua OSIS. Berhasilkah Teiichi meraih cita-citanya? Langsung aja tonton sendiri petualangan Teiichi dalam film "Teiichi's Country".

14. Sensei Kunshu (2018)

Film adaptasi dari manga dengan judul yang sama ini menceritakan seorang perempuan SMA, Ayuha Samaru yang menaruh hati pada guru penggantinya bernama Hiromitsu Yoshitaka. Sepanjang film, kamu bakal dibuat ngakak dan baper habis-habisan dengan tingkah lucu Ayuha dan Hiromitsu ini. Lantas, berhasilkah Ayuha mendapatkan cinta Hiromitsu? Ikuti saja kisah mereka berdua dalam "Sensei Kunshu".

15. Wood Joob (2014)

Film yang berhasil menembus Box Office ini menceritakan tentang Yuki Hirano yang sudah menyerah dengan ujian masuk perguruan tinggi. Ia bahkan memutuskan untuk bermalas-masalan selama setahun. Namun, tentu saja rencana Yuki tidak berjalan mulus seperti yang ia bayangkan. Mengapa? Temukan jawabannya dalam film "Wood Joob".

Itulah 15 rekomendasi film komedi Jepang yang bisa membuat tertawa sampai sakit perut. Film-film tersebut bisa kamu tonton di kala suntuk karena dijamin bakal buat kamu terhibur. Selamat menonton!

Baca Juga: Sweet dan Hype Banget, 10 Rekomendasi Film Jepang Romantis Terkece!

Angger Dhestya Photo Verified Writer Angger Dhestya

Hanya manusia ciptaan Tuhan yang suka menulis sambil minum kopi. Instagram anggerds_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah
  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya