Comscore Tracker

Ini Top 10 Grup KPop Generasi ke-4, Ada Idol Indonesia!

Siapakah favorit kalian?

Bagi para penggemar musik pop Korea Selatan pasti sudah paham dengan pembagian generasi dalam dunia KPop. Tapi mungkin untuk para penggemar KPop baru masih suka bingung, idolaku masuk generasi keberapa ya? Jika kalian menyukai idola KPop yang debut baru-baru ini, maka kalian dapat dikategorikan dalam penggemar idola KPop generasi ke-4.

Yang termasuk Idola K-Pop generasi ke-4, adalah mereka baik itu solois ataupun grup yang debut mulai tahun 2018, 2019 sampai 2020. Sebut saja Stray Kids, (G)-IDLE, IZ*ONE, ATEEZ, ITZY, TOMORROWXTOGETHER, SECRET NUMBER, dsb ini termasuk dalam idola K-Pop generasi ke-4.

Jika kalian sering mengikuti perkembangan idola generasi ke-4 ini pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan istilah '4th gen idol'. Tidak jelas memang siapa yang pertama kali menemukan istilah tersebut, namun beberapa waktu terakhir istilah tersebut menjadi lebih ramai diperbincangkan. Terutama di media sosial Twitter, bahkan sempat beberapa kali menimpulkan fan war. Yap, perang antar penggemar, yang masing-masing mengklaim idolanya sebagai '4th gen idol'.

Lalu kira-kira siapa saja sih yang pantas dijuluki '4th gen idol'? Yuk kita simak, daftar grup KPop generasi ke-4 yang mendapat julukan '4th gen idol' !

1. Stray Kids

Ini Top 10 Grup KPop Generasi ke-4, Ada Idol Indonesia!twitter.com/Stray_Kids

Sudah HITS sejak pra-debut dengan 'Hellevator' dan baru-baru ini comeback dengan 'God's Menu', Stray Kids adalah '4th Gen Idol' yang memiliki warna musik dan konsep yang nyentrik abis!

Sebelum debutnya, pada tahun 2017 Stray Kids pernah muncul di reality show JYP Entertaiment yang disiarkan di MNet dengan nama yang sama. Dengan merilis sebuah lagu yang berjudul 'Hellevator' Stray Kids berhasil menarik perhatian publik dan sempat digadang-gadang sebagai penerus BTS.

Stray Kids kemudian debut resmi pada 5 Maret 2018 dengan album bertajuk I Am Not. Berhasil menyabet beberapa penghargaan dalam kategori pendatang baru favorit Stray Kids terus melebarkan sayapnya di dunia musik, nama Stay Kids tak hanya di kenal di Korea Selatan namun juga dunia. Namun, ada kabar yang kurang baik muncul pada akhir tahun 2019 lalu. Debut dengan sembilan member, Stray Kids kini melanjutkan promosi dengan delapan member setelah Woojin memutuskan untuk hengkang.

Kembali dengan lagu baru dan image baru pada 17 Juni lalu dengan album bertajuk Go Live (GO生) dan lagu utama 'God's Menu' Stray Kids berhasil memecahkan beberapa rekor lama mereka.

2. (G)I-DLE

Ini Top 10 Grup KPop Generasi ke-4, Ada Idol Indonesia!twitter.com/gidlepicsgifs

Lagu debut 'Latata' yang diciptakan sendiri oleh Soyeon berhasil masuk top 100 tangga lagu, '4th Gen Idol' (G)I-DLE terkenal memiliki kemampuan membuat lagu yang mumpuni!

Debut pada 2 Mei 2018, grup yang beranggotakan enam orang ini berhasil menarik hati publik dengan lagu 'Latata' dalam album yang bertajuk "I Am". Terbukti dengan lagu debut mereka yang berhasil masuk di Top 100 tangga lagu Korea Selatan. 'Latata' diciptakan oleh Soyeon yang juga merupakan jebolan ajang survival Produce101. Tak hanya kemampuan Rap dan Dancenya, Soyeon juga diakui sebagai salah satu Idol dengan kemampuan membuat lagu yang mumpuni.

(G)I-DLE dikenal sebagai salah satu grup wanita generasi ke-4 yang memiliki konsep nyentrik. Lagu baru mereka yang berjudul 'Oh My God' berhasil mengundang decak kagum penggemar, (G)I-DLE berani tampil beda dan memilikistage presence yang tak main-main. 

3. LOONA

Ini Top 10 Grup KPop Generasi ke-4, Ada Idol Indonesia!twitter.com/Ioonapic

Menang 2019 MTV Europe Music Award untuk kategori Best Korean Act '4th Gen Idol' LOONA disebut memiliki 1000 pesona!

Grup dengan 12 member ini memiliki perjalan yang cukup panjang sebelum debut resmi mereka. Dimulai dengan sebuah pre-debut project pada Oktober 2016, satu persatu member LOONA dikenalkan ke publik. Selain grup utama, LOONA juga memiliki beberapa sub-unit: Loona 1/3, Loona Odd, Eye Circle dan Loona yyxy.

Hingga pada akhirnya LOONA melangsungkan debut resminya pada 15 Agustus 2018 dengan album bertajuk [+ +] dan lagu utama berjudul 'favOriTe'. LOONA berhasil menyita perhatian publik dengan berbagai keunikan yang dimiliki masing-masing membernya.

LOONA merilis EP kedua yang bertajuk [#] pada Februari lalu dengan lagu utama berjudul 'So What' dan berhasil meraih kemenangan pertama mereka di acara musik M Countdown, pada 12 Maret 2020.

Baca Juga: 7 Member Grup KPop yang Sukses saat Debut Solo, Hebat Banget! 

4. IZ*ONE

Ini Top 10 Grup KPop Generasi ke-4, Ada Idol Indonesia!twitter.com/official_izone

Menyandang gelar sebagai grup wanita dengan penjualan album terbanyak, IZ*ONE yang terbentuk melalui ajang survival Produce48 ini layak banget disebut queen of '4th Gen Idol'!

Merupakan hasil bentukan ajang survival Produce48, grup yang beranggotan 12 wanita cantik ini berhasil menarik perhatian publik dengan talenta yang dimiliki oleh masing-masing membernya.

Menjadi grup Korea-Jepang pertama, IZ*ONE debut pada 29 Oktober 2018 dengan album bertajuk Color*Iz. Sejak pertama kali dirilis album tersebut berhasil meraih penjualan tertinggi untuk kategori grup wanita, yakni lebih dari 225.000 keping. Lagu utama mereka 'La Vie en Rose' juga berhasil memuncaki tangga lagu Korea Selatan, dan iTunes di berbagai negara di dunia.

Album Jepang pertama IZ*ONE yang dirilis pada 6 Februari 2019 bertajuk Suki to Iwesetai juga berhasil meraih penjualan tertinggi, sebanyak lebih dari 250.000 keping.

Pada 15 Juni 2020 lalu, IZ*ONE kembali dengan album bertajuk Oneiric Diary dan lagu utama berjudul 'Secret Story of the Swan'. Lagi-lagi pada comeback kali ini IZ*ONE berhasil memecahkan rekor penjualan album terbanyak kategori grup wanita, dengan penjualan lebih dari 350.000 keping.

Sejak debut mereka pada Oktober 2018 sampai dengan Juli 2020, IZ*ONE sudah berhasil merilis enam album yang terdiri dari tiga album Korea dan tiga album Jepang.

5. ATEEZ

Ini Top 10 Grup KPop Generasi ke-4, Ada Idol Indonesia!twitter.com/ATEEZofficial

Berhasil memenangkan penghargaan 2019 MTV Europe Music Award untuk kategori Best Korean Act ATEEZ disebut sebagai salah satu '4th Gen Idol' dengan masa depan cerah!

Grup dengan anggota 8 orang ini debut pada 24 Oktober 2018 dengan album bertajuk Treasure EP.1: All to Zero dan lagu utama 'Pirates King'. Beberapa bulan setelah debutnya, ATEEZ memulai tour dunia mereka dimulai pada bulan Maret sampai dengan Agustus 2019 dengan mengunjungi lebih dari 15 kota.

Berhasil memenangkan berbagai penghargaan di beberapa kategori, banyak yang mengatakan bahwa ATEEZ-lah yang akan menjadi penerus BTS. Tapi di balik itu, ATEEZ memiliki warna musik mereka sendiri. Kedelapan member ATEEZ masing-masing memiliki bakat yang luar biasa.

6. AB6IX

Ini Top 10 Grup KPop Generasi ke-4, Ada Idol Indonesia!twitter.com/AB6IX

Berhasil memenangkan kategori Next Generation Award dalam ajang Golden Disc Award, '4th Gen Idol' AB6IX jebolan Produce101!

Sudah terkenal sejak sebelum debut mereka, empat dari lima member AB6IX dulunya adalah jebolan ajang survival Produce 101 Season 2. Daehwi dan Woojin sempat debut bersama Wanna One, Donghyun dan Youngmin sempat debut sebagai sub-unit MXM, selain itu Jeonwoong juga sempat tampil di acara reality Stray Kids saat masih menjadi trainee YG Entertaiment.

Resmi debut pada 22 Mei 2019 dengan album bertajuk B:Complete, AB6IX berhasil masuk beberapa nominasi dan memenangkan beberapa penghargaan dalam berbagai kategori.

Namun, baru-baru ini kabar kurang baik datang dari AB6IX. Leader sekaligus anggota tertua mereka, Youngmin memutuskan untuk keluar dari grup setelah terlibat kasus DUI atau menyetir dalam keadaan mabuk. Akibat dari insiden tersebut AB6IX terpaksa harus mengundur perilisan album baru mereka yang bertajuk Vivid.

7. CIX

Ini Top 10 Grup KPop Generasi ke-4, Ada Idol Indonesia!twitter.com/CIX_Official

Menang di acara musik The Show hanya 6 hari setelah debut, '4th Gen Idol' CIX!

Banyak menyita perhatian publik sebab anggota mereka yang sudah terkenal bahkan sebelum debut bersama CIX. Bae Jinyoung adalah jebolan ajang survival Produce101 Season 2 dan juga mantan anggota Wanna One. BX dan Seunghun sebelumnya pernah muncul dalam ajang survival YG Entertaiment Treasure Box, keduanya adalah mantan trainee YG Entertaiment.

CIX debut pada 23 Juli 2019 dengan album bertauk Hello Chapter 1: Hello Stranger dan lagu utama 'Movie Star'. Hanya berselang 6 hari setelah tanggal debut resmi mereka, CIX berhasil meraih kemenangan pertama mereka dalam acara musik The Show dengan lagu 'Movie Star'.

8. ITZY

Ini Top 10 Grup KPop Generasi ke-4, Ada Idol Indonesia!twitter.com/archiveitzy

'4th Gen Idol' ITZY selalu memuncaki tangga lagu setiap kali comeback! Pelantun 'Wannabe' ini juga menjadi 1 dari 5 grup yang berhasil memperoleh gelar Rookie Grand Slam 2019!

Grup di bawah naungan JYP Entertaiment ini debut pada 11 Februari 2019 dengan album bertajuk It'z Different dan mega hits 'Dalla Dalla'. Dikonfirmasi oleh Billboard MV 'Dalla Dalla' berhasil memecahkan rekor MV dengan pemirsa terbanyak dalam 24 jam pertama, dengan lebih dari 17 juta penayangan. Dan hanya berselang 8 hari setelah tanggal debut resmi mereka ITZY berhasil meraih kemenangan pertama mereka di acara musik M Countdown.

Semua lagu yang dirilis ITZY, 'Dalla Dalla', 'ICY' dan 'Wannabe' tak pernah absen dari puncak tangga lagu musik Korea dan iTunes seluruh dunia. Dikenal sebagai grup yang hanya menyanyikan lagu hits, ITZY juga berhasil meraih title Rookie Grand Slam 2019. ITZY menjadi 1 dari 5 grup KPop sepanjang masa yang berhasil meraih title tersebut.

ITZY mengumumkan akan segera kembali dengan album baru pada Juli ini, sudah tak sabar?

9. TOMORROW X TOGETHER

Ini Top 10 Grup KPop Generasi ke-4, Ada Idol Indonesia!twitter.com/TXT_bighit_jp

Bersanding dengan ITZY, TXT juga berhasil memperoleh gelar Rookie Grand Slam 2019! Comeback dengan 'Can't You See Me?' '4th Gen Idol' TXT berhasil memuncaki beberapa kategori di chart dunia Billboard!

TOMORROW X TOGETHER atau TXT grup dibawah naungan Big Hit Entertaiment sekaligus junior BTS ini berhasil menarik perhatian banyak penggemar dengan talenta dan karya-karya mereka. Grup beranggotakan lima anak laki-laki tampan ini memiliki banyak sekali prestasi yang tak kalah dari senior mereka, BTS.

Dijuluki Global Super Rookie, TXT debut pada 4 Maret 2019 dengan album bertajuk The Dream Chapter: Star dan lagu utama 'CROWN'. Album debut mereka berhasil menduduki posisi puncak Gaon Album Chart dan Billboard World Album, TXT juga berhasil menduduk posisi ke-140 di Billboard 200 AS.

TXT berhasil menjadi artis dan grup KPop tercepat yang berhasil menduduki peringkat pertama di Billboard Emerging Artist Chart dengan lagu 'CROWN'. TXT juga berhasil meraih kemenangan pertama mereka di acara musik M Countdown 8 hari setelah tanggal debut resmi mereka dengan lagu 'CROWN'.

Berdampingan dengan ITZY, TXT juga berhasil menyabet title Rookie Grand Slam setelah berhasil membawa pulang seluruh penghargaan dalam ajang musik tahunan dalam kategori pendatang baru terbaik. TXT juga berhasil memperoleh penghargaan untuk kategori Worldwide Fans Choice Awards pada MAMA 2019.

TXT baru saja kembali dengan album terbaru mereka bertajuk The Dream Chapter: Eternity, dan baru saja merilis MV untuk lagu 'Eternally'. Dalam comeback kali ini banyak sekali rekor yang berhasil TXT pecahkan. Ke-6 lagu dari album terbaru mereka berhasil masuk diposisi atas Billboard Chart, menjadikan TXT grup ke-3 yang berhasil memperoleh pencapaian tersebut setelah BTS dan BLACKPINK.

TXT diprediksi akan terus tumbuh menjadi artis global di masa yang akan datang, tak kalah dari seniornya BTS.

10. Secret Number

Ini Top 10 Grup KPop Generasi ke-4, Ada Idol Indonesia!twitter.com/5ecretpics

Grup dengan member multinasional salah satunya Dita Karang yang berasal dari Indonesia, '4th Gen Idol' SECRET NUMBER berhasil merebut perhatian pencinta KPop di seluruh dunia!

Grup yang memiliki lima member cantik ini, debut pada 19 Mei 2020. Secret Number banyak menyita perhatian publik, tak hanya publik Korea Selatan tapi juga dunia. Disebut grup multinasional karena kewarganegaraan lima anggotanya yang beragam, Lea dari Tokyo-Jepang, Dita Karang dari Yogyakarta-Indonesia, Jinny dari LA-AS, Soodam dari Seoul-Korsel dan Denise dari Texas-AS.

Secret Number disebut dapat populer karena memiliki anggota dari negara-negara luar Korea Selatan, selain itu juga beberapa anggotanya yang sudah terkenal sebelum bergabung dengan Secret Number. Sebut saja Denise yang pernah tampil di ajang pencarian bakat, dan Jinny yang merupakan mantan trainee YG Entertaiment yang seblumnya diperkenalkan sebagai future 2NE1.

MV debut 'Who Dis?' sempat menduduki no.1 trending YouTube Indonesia. Setelah mengetahui bahwa salah anggota Secret Number adalah gadis asli Indonesia, penggemar K-Pop Indonesia menjadi sangat antusias untuk mencari tahu tentang grup. MV 'Who Dis?' dan video penampilan Secret Number sering bertengger di trending teratas YouTube Indonesia. Banyak penggemar dan bahkan banyak dari mereka yang mengaku bukan pecinta KPop ikut menyatakan dukungan untuk untuk Secret Number dan Dita Karang.

Sukses untuk ke-10 grup! Semua grup di atas memiliki kemampuan, talenta dan keunikan masing-masing sehingga layak menyandang gelar '4th Gen Idol'. Untuk para penggemar dan penikmat KPop, terus berikan cinta dan dukungan kalian untuk karya-karya mereka di masa depan ya!

Baca Juga: 5 Leader Grup KPop Terbaik Sepanjang Masa, Idola Sejuta Umat!

Indri Novalia Photo Writer Indri Novalia

Guru yang suka menulis, punya ketertarikan terhadap seni.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya