Comscore Tracker

Haru, 5 Film Keluarga yang Tunjukan Ketakutan Terbesar Seorang Anak

Pastikan sedia tisu sebelum menonton ya!

Dalam kehidupan, menjadi orangtua adalah tanggung jawab yang sangat besar terutama dalam mendidik serta mengayomi anak-anaknya agar hidup dalam garis lurus yang tak menyinggung masalah apa pun. Inilah yang sering dianggap sebagai kekhawatiran orangtua.
Akan tetapi kita juga belajar tentang kekhawatiran atau ketakutan seorang anak yang tertanam dalam hati mereka akan orangtuanya. Oleh sebab itu, beberapa film penuh haru ini mengangkat ketakutan tersebut sebagai salah satu pesan kehidupan yang ingin disampaikan.

1. A Monster Calls

Haru, 5 Film Keluarga yang Tunjukan Ketakutan Terbesar Seorang Anakamazon.com

Film bergenre fantasi yang rilis pada tahun 2016 ini diangkat dari novel berjudul serupa karangan Patrick Ness. Tidak seperti covernya yang cukup menyeramkan, isi film maupun buku ini mengingatkan kita kepada sebuah ketakutan yang dialami anak-anak jauh di lubuk hati mereka tentang sang ibu.

Berkisah tentang bocah lelaki berusia 12 tahun yang bernama Connor, seorang pribadi yang mandiri. Namun Connor harus menerima kenyataan bahwa sang ibu didiagnosa mengidap penyakit kanker. Oleh sebab itu dia diperlakukan berbeda di sekolah dan mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari sesama temannya.

Akan tetapi Connor selalu dibayangi ketakutan akan ibunya, ia takut orangtuanya pergi tanpa sempat mendampingi Connor tumbuh dewasa.

https://www.youtube.com/embed/R2Xbo-irtBA

2. Brave

Haru, 5 Film Keluarga yang Tunjukan Ketakutan Terbesar Seorang Anakimdb.com

Film ini adalah salah satu animasi dari Pixar yang terkenal karena tokoh utamanya yang urakan. Ia adalah Merida, anak perempuan Raja dan Ratu yang hobi memanah dan terobsesi dengan menjadi prajurit tangguh. Satu hari Merida menentang orangtuanya dan berbuah petaka pada sang Ratu.

Meski nasi telah menjadi bubur, akan tetapi Merida mengingatkan kita bahwa apapun yang orangtua sarankan meski tidak sejalan dengan anaknya, kita akan selalu menjadi orang yang paling merindukan nasihat-nasihat mereka kala mereka telah berubah.

https://www.youtube.com/embed/EzuvHZtPncI

3. Coco

Haru, 5 Film Keluarga yang Tunjukan Ketakutan Terbesar Seorang Anakpatheos.com

Masih animasi hasil produksi Pixar, Coco menjadi salah satu film yang paling dinantikan sejak kemunculan awalnya pada tahun 2017. Film ini mengisahkan tentang seorang bocah lelaki bernama Miguel yang hidup bersama keluarga besarnya yang membenci musik. Meski demikian, aturan itu jelas tidak membuat Miguel berhenti bernyanyi hingga ia berkali-kali ditentang oleh keluarga untuk meninggalkan hobi tersebut.

Satu hari Miguel terbangun dan menemukan dirinya berada di alam lain di mana Miguel berusaha memperjuangkan keinginannya. Miguel adalah contoh orang yang ingin memperjuangkan mimpi-mimpinya namun di sisi lain ia memiliki ketakutan akan menyakiti keluarganya, hal yang sangat lumrah terjadi di dunia nyata di mana seseorang harus bisa berkorban demi kebaikan bersama.

https://www.youtube.com/embed/xlnPHQ3TLX8

Baca Juga: 5 Film Animasi yang Masuk Nominasi Golden Globe Awards, Apa Saja?

4. Nanny McPhee

Haru, 5 Film Keluarga yang Tunjukan Ketakutan Terbesar Seorang Anakhungama.com

Nanny McPee adalah salah satu film keluarga bergenre fantasi yang mengisahkan tentang kehidupan seorang duda yang ditinggalkan selama-lamanya oleh sang isteri dengan ketujuh putra-putri super bandel.

Meski sepanjang film kita akan dibuat takjub oleh anak-anak Cedric Brown, namun bisa dipastikan bahwa setiap anak memiliki ketakutan akan ada yang menggantikan posisi orangtuanya oleh orang asing. Hal ini ditunjukan oleh usaha anak-anak Cedric yang sebisa mungkin menggagalkan misi adopsi salah satu saudari mereka dan pernikahan yang akan dihelat sang ayah.

https://www.youtube.com/embed/54xMw6eouOM

5. Grave of Fireflies

Haru, 5 Film Keluarga yang Tunjukan Ketakutan Terbesar Seorang Anakimimpressive.com

Dalam kondisi kacau balau peristiwa perang dunia yang ada dalam film, kita dikenalkan kepada sepasang kakak beradik bernama Seita dan Setsuko. Keduanya harus mengalami dampak dari perang yang terjadi di negara mereka. Akibat kejadian itu pula, sang ibu menjadi korban dan ayah mereka yang seorang angkatan darat ditugaskan untuk terlibat dalam perang.

Meski dianggap sudah dewasa, namun tak ayal bahwa jauh dalam lubuk hati Seita, ia sangat mengharapkan orangtuanya dapat kembali dengan selamat. Ketakutan akan kehilangan orangtua terakhir mereka terus berputar di kepala Seita hingga ia dan sang adik harus tinggal dalam goa demi bertahan hidup.

https://www.youtube.com/embed/9eW2L1s9xwk

Itu adalah beberapa film mengenai ketakutan sang anak terhadap kondisi masing-masing orangtuanya, jalanilah kehidupan dengan damai serta mengasihi antar keluarga. Jangan biarkan permasalahan sepele merusak kehidupan hingga kita menyesal di kemudian hari. Selamat menyaksikan!

Baca Juga: 5 Film Animasi Tim Burton Ini Tawarkan Suasana Seram Sekaligus Unik

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

sempat ingin jadi astronaut

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You