Comscore Tracker

6 Pasangan Ini Bekerja Sama sebagai Produser dan Sutradara Film, Unik!

Couple goals di dunia balik layar film #IDNTimesHype

Rupanya tidak hanya sebagai pasangan rumah tangga saja yang membutuhkan 'teman' yang cocok. Membuat film pun begitu. Sebab, partner yang baik adalah kunci sukses dalam membuat karya.

Sepertinya itu bisa diilhami keenam pasangan ini. Karena, ketika mereka menjadi produser film dan sutradara, maka terciptalah film-film berkualitas. Berikut 6 pasangan yang sukses bekerja sama sebagai produser dan sutradara.

1. Mouly Surya - Rama Adi 

6 Pasangan Ini Bekerja Sama sebagai Produser dan Sutradara Film, Unik!Rama Adi dan Mouly Surya (instagram.com/rama_adiw)

Pasangan Mouly Surya dan Rama Adi bekerja sama sejak Fiksi hingga Perang Kota yang masih dalam proses produksi saat ini. Total, sudah 4 film yang mereka kerjakan bersama termasuk What They Don't Talk About When They Talk About Love dan Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak.

Dalam sebuah wawancara, Mouly Surya menganggap Rama Adi adalah penyeimbang hidupnya. Saat menjadi produser, dia mengajarkan strategi dan tentang manusia.

 2. Christopher Nolan - Emma Thomas 

6 Pasangan Ini Bekerja Sama sebagai Produser dan Sutradara Film, Unik!Christopher Nolan dan Emma Thomas (twitter.com/dunkirkmovie)

Bertemu di London University College, Christopher Nolan dan Emma Thomas menjalin hubungan pacaran kemudian menikah. Kini mereka memiliki 4 anak perempuan, 3 di antaranya pernah muncul menjadi cameo di film mereka. Rory Nolan di The Dark Knight Rises (2012), Flora di Interstellar (2014) dan Magnus di Inception (2010).

Emma Thomas hampir memproduseri semua film yang diarahkan Nolan. Kecuali Memento (2000) karena saat itu Emma menjadi asisten produser.

Baca Juga: 5 Film Terbaik dari Sutradara Brilian, Christoper Nolan 

3. Kamila Andini - Ifa Isfanyah 

6 Pasangan Ini Bekerja Sama sebagai Produser dan Sutradara Film, Unik!Kamila Andini dan Ifa Isfansyah (https://www.instagram.com/kamilandini/)

Ifa Isfansyah adalah sutradara andal perfilman Indonesia. Filmnya bertajuk Sang Penari (2011) sukses meraih Piala Citra dan dirinya memenangkan nominasi Sutradara Terbaik di FFI 2011. Dia menikah dengan Kamila Andini pada 2012 dan kini dikarunia 2 anak perempuan.

Kamila yang juga seorang sutradara ini kerap merilis film-film terbaik. Saat dia membuat film, tidak jarang Ifa Isfansyah menjabat sebagai produser. Seperti pada film Sekala Niskala (2017), Yuni (2021), dan Nana (2022).

4. Angga Dwimas Sasongko - Anggia Kharisma 

6 Pasangan Ini Bekerja Sama sebagai Produser dan Sutradara Film, Unik!Angga Dwimas, Angkasa dan Anggia (https://www.instagram.com/anggiakharisma/)

Angga Dwimas Sasongko dan Anggia Kharisma menikah pada 2012 dan telah dikaruniai seorang anak yang mungil, Angkasa Rigel Sasongko. Anggia awalnya menjadi penata busana di film Cahaya dari Timur: Beta Maluku (2014).

Di film selanjutnya dia menjadi produser untuk film-film yang disutradarai Angga Dwimas Sasongko seperti Filosofi Kopi (2015), Surat dari Praha (2015), Bukaan 8 (2017), dan Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020).

5. Noah Baumbach - Greta Gerwig  

6 Pasangan Ini Bekerja Sama sebagai Produser dan Sutradara Film, Unik!Greta Gerwig dan Noah Baumbach (twitter.com/NetflixFilm)

Kedekatan Greta Gerwig dan Noah Baumbach diawali dari film Greenberg (2010). Sebab, Greta membintangi film yang disutradarai oleh Noah. Dari sana, mereka menjadi pasangan dan sering menulis skenario bersama seperti Frances Ha, Mistress America dan Barbie.

Pada proyek ketiga kolaborasinya selain skenarionya ditulis bersama, Noah menyutradarai Mistress America (2015) yang diproduseri oleh Greta. Film itu mendapat tanggapan yang positif di Rotten Tomatoes, Metacritics dan Variety. Hingga kini, pasangan ini telah dikaruniai seorang anak laki-laki.

6. Salman Aristo - Gina S Noer 

6 Pasangan Ini Bekerja Sama sebagai Produser dan Sutradara Film, Unik!Gina S. Noer dan Salman Aristo (https://www.instagram.com/salmanaristo/)

Selain sukses dalam membangun rumah tangga hingga dikaruniai 2 anak, Salman Aristo dan Gina S. Noer pun andal bikin film Indonesia. Awalnya Salman dan Gina bekerja sama sebagai penulis skenario. Film yang skenarionya mereka tulis adalah Ayat-Ayat Cinta dan Hari Untuk Amanda.

Kerja sama itu berlanjut, Salman Aristo sebagai produser dan Gina sebagai sutradara dalam film Dua Garis Biru. Film tersebut laris manis menembus 2,5 juta penonton.

 

Keenam pasangan di atas klop banget menjadi produser-sutradara, ya. Makin langgeng terus, dan semoga semakin banyak rilis film-film berkualitas!

Baca Juga: 8 Film Indonesia Arahan Komika, Debut Jadi Sutradara 

Ira Kurniasari Photo Verified Writer Ira Kurniasari

nulis buat healing ^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya