Comscore Tracker

5 Anime yang Mirip dengan Squid Game, Gak Kalah Seru

Fans KDrama bisa coba tonton anime berikut

Serial original Netflix asal Korea Selatan, Squid Game, tengah meraih kepopuleran yang luar biasa. Serial ini kerap kali menjadi buah bibir di platform apapun yang kita kunjungi. Menyuguhkan cerita yang menarik dan menegangkan, tak heran jika Squid Game mampu mencuri perhatian.

Bukan hanya Squid Game, animasi dua dimensi asal Jepang juga rupanya punya banyak judul dengan tema yang sama seperti serial yang disutradarai oleh Hwang Dong Hyuk ini. Jika kamu mencari tayangan bertema survival game lainnya, maka sederet anime di bawah ini bisa jadi pilihan kamu. Apa saja? Yuk, simak ulasannya!

1. Juuni Taisen 

https://www.youtube.com/embed/eG2q7eJ13Ls

Juuni Taisen adalah serial anime yang diadaptasi dari novel karya Nisio Isin. Anime ini tayang pada tahun 2017 dengan jumlah 12 episode dan rating 6,54/10 di MyAnimeList. Meskipun tidak berhasil meraih rating yang tinggi di MyAnimeList, namun tidak ada salahnya penyuka tema survival game untuk menonton anime satu ini.

Juuni Taisen bercerita mengenai perang antar 12 hewan zodiak Cina, nama-nama hewan tersebut di personifikasikan dalam bentuk manusia. Setiap 12 tahun sekali, mereka diharuskan berlomba dalam sebuah permainan mematikan, hingga tersisa satu pemenang saja.

2. Btooom!

https://www.youtube.com/embed/fKdWJkxOMx4

Diproduksi studio kenamaan, Madhouse, Btooom! menjadi salah satu anime bertema survival game paling populer di kalangan Japan pop culture enthusiast. Anime ini tayang pada tahun 2012 dan memperoleh rating sebesar 7,34/10 di MyAnimeList.

Btooom! bercerita tentang sebuah game online populer dengan judul Btooom! yang entah bagaimana awalnya tiba-tiba menjadi nyata. Beberapa player yang menyukai game tersebut dipaksa menghuni sebuah pulau terpencil tanpa tau bagaimana mereka bisa sampai di sana. Para player kemudian ditugaskan untuk bermain sebuah game mematikan. Game tersebut mengharuskan para player merebut sebuah kristal hijau dari player lainnya dengan berbagai cara termasuk membunuh player lain. Menjadi pemenang adalah satu-satunya cara mereka dapat pulang dan meninggalkan pulau tersebut.

3. Darwin's Games

https://www.youtube.com/embed/uyegnzQ1CrM

Darwin's Game adalah sebuah sebuah anime yang diadaptasi dari manga karya seorang mangaka bernama FLIPFLOPs. Anime ini diproduksi oleh studio Nexus dan tayang pada tahun 2020. Di MyAnimeList Darwin's Game memperoleh rating sebesar 7,27/10.

Anime ini bercerita mengenai sebuah game mobile dengan nama Darwin's Game yang tengah populer di kalangan anak muda. Karakter utama, Sudou Kaname mencoba untuk memainkan game tersebut, namun saat ia baru mendaftar, seekor ular tiba-tiba keluar dari ponsel dan menggigit lehernya.

Sudou kemudian memilih untuk melupakan kejadian itu karena ia pikir itu adalah halusinasi. Karena rasa penasarannya, Sudou kembali memainkan Darwin's Game, namun tiba-tiba seseorang dengan topeng mengejar dan mengarahkan pisau ke arahnya. Setelah berjuang melawan orang asing tersebut, Sudou mulai menyadari bahwa Darwin's Game bukanlah sebuah game mobile biasa.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serial Anime dengan Protagonis Perempuan Tangguh

4. Danganronpa

https://www.youtube.com/embed/0AaOjY0cBzg

Unik dan punya cerita menarik, Danganronpa bukan anime bertema survival game biasa. Serial anime yang diadaptasi dari game ini punya konsep yang mirip seperti game Werewolf, pasti kalian udah gak asing lagi dengan permainan satu ini, kan?

Danganronpa bercerita mengenai sebuah sekolah elit bernama Hope's Peak Academy, hanya murid-murid terpilih yang mampu bersekolah di sini. Pada awalnya semua murid nampak bahagia dan bangga karena mereka bisa menjadi bagian dari sekolah paling bergengsi itu, namun semua kebahagiaan itu sirna saat mereka mengetahui bahwa kepala sekolah mereka adalah seorang beruang bernama Monokuma.

Syarat untuk lulus dari sekolah ini adalah dengan bermain sebuah deathmatch yang konsepnya hampir sama seperti game Werewolf. Seorang murid harus berperan sebagai pembunuh dan membunuh satu orang murid lainnya, sementara itu murid lain harus menebak siapa pembunuh dari murid yang mati tersebut. Jika murid lain berhasil menebak siapa pembunuhnya, maka semua murid akan lulus kecuali sang pembunuh. Sementara, jika murid lain gagal menebak siapa pembunuhnya, maka hanya sang pembunuh yang lulus. Murid-murid yang gagal lulus dari sekolah itu akan dieksekusi dengan sadis.

5. Kaiji: Ultimate Survivor

https://www.youtube.com/embed/EK1LiaJ-TSU

Banyak penggemar anime yang berpendapat bahwa Kaiji: Ultimate Survivor adalah serial anime yang paling mirip dengan Squid Game. Meskipun termasuk anime jadul, namun cerita dari serial ini sendiri masih cocok ditonton di era sekarang.

Kaiji: Ultimate Survivor bercerita mengenai sekelompok orang miskin yang ditawari untuk datang ke sebuah acara yang diselenggarakan oleh orang kaya. Dalam acara itu sekelompok orang tersebut diajak untuk bermain empat permainan untuk memperebutkan hadiah uang yang sangat mungkin untuk membuat para pesertanya menjadi orang kaya mendadak.

Tanpa tahu apapun, sekelompok orang tersebut, termasuk Kaiji Itou sang karakter utama tergiur dengan tawaran tersebut dan memutuskan untuk ikut berpartisipasi. Tanpa diduga, ternyata permainan yang disuguhkan mengharuskan para player untuk membahayakan nyawa mereka. Dalam acara ini juga Kaiji menemukan bahwa hasrat manusia adalah musuh mereka sendiri, di mana kerakusan dan naluri bertahan hidup membuat mereka melakukan apapun untuk mencapai tujuan mereka.

Sederet anime di atas mungkin akan cocok ditonton bagi kamu yang juga menyukai serial Squid Game. Selain menyuguhkan cerita yang sama-sama menarik dan menegangkan, anime juga mungkin akan memberikan kamu pengalaman yang baru dalam menonton sebuah tayangan bergenre thriller. So, mau tonton judul yang mana dulu, nih?

Baca Juga: Baru Suka Anime? Ini 5 Rekomendasi Anime Terbaik untuk Pemula

Jihan Khoerunnisa Photo Verified Writer Jihan Khoerunnisa

Boleh jadi satu langkah yang kamu ambil hari ini, dapat mengubah dunia di hari esok✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya