Comscore Tracker

8 Lagu Karya Suga BTS yang Sayang Dilewatkan Pecinta Hip Hop

Dari Agust D sampai Song Request

Suga BTS memang bukan sekedar idola Kpop biasa. Dikenal luas sebagai rapper BTS, Suga yang bernama asli Min Yoongi ini memulai karirnya sebagai seorang rapper underground bernama Gloss.

Terinspirasi dari seniornya Epik High dan Stony Skunk, Suga pun aktif menciptakan lagu-lagu hip hop dan RnB yang terkenal dengan lirik sentimental dengan beat yang kuat. 

Sebagai rapper dan produser musik, hingga saat ini sudah 70 lebih lagu ciptaan Suga yang terdaftar dalam Korea Copyright Music Association. Karyanya sering bercerita tentang harapan dan perjuangan meraih mimpi sehingga tidak hanya enak didengarkan, lagunya pun memberi semangat dan kekuatan untuk para pendengarnya.

Karya rapper berusia 26 tahun ini bisa kamu dengarkan melalui lagu-lagu BTS, lagu solo maupun kolaborasi dengan artis-artis lain. Berikut 8 lagu karya Suga BTS yang sayang dilewatkan para pecinta musik hip hop.

1. Agust D

https://www.youtube.com/embed/3Y_Eiyg4bfk

Suga merilis album mixtape-nya yang berjudul Agust D melalui akun Soundcloud resmi BTS di tahun 2016 lalu. Agust D adalah nama alias Suga, yang merupakan kebalikan nama SUGA dan singkatan TD yang berarti Town Daegu, kola kelahirannya.

A to the G to the U to STD
I’m D boy because I’m from D
I’m the crazy guy, the lunatic on beat
Sending listeners to Hong Kong with my rap
my tongue technology

2. Give It To Me

https://www.youtube.com/embed/_Zgc12yL5ss

Suga sering disebut sebagai lyric genius karena lirik-lirik lagunya kuat dan puitis. Seperti dalam lagu Give It To Me karyanya, Suga menyindir para haters yang hanya bisa bicara sedangkan ia bekerja keras untuk meraih kesuksesan. Inspiratif!

If you ask me how I’ve succeeded,
I don’t really have an answer
But at least, I slept less and stayed active
Compared to you all to grow up

Baca Juga: Bikin Rileks, 10 Lagu KPop R&B Ini Cocok Menemanimu Saat Bersantai

3. So Far Away

https://www.youtube.com/embed/B96TQalQsEA

Lagu So Far Away milik Suga ini rilis dalam dua versi. Satu versi yang termasuk dalam mixtape Agust D dinyanyikan bersama dengan penyanyi RnB Suran. Sedangkan versi lain menampilkan Jin dan Jungkook BTS yang mengisi vokalnya. 

So Far Away adalah lagu slow hip hop yang berkisah tentang perjuangan meraih mimpi yang terasa jauh. Selain karena melodinya yang indah, lagu ini juga layak didengarkan karena liriknya yang melankolis dan penuh makna. 

Dream, may your trials
End in full bloom
Dream, though your beginnings might be humble,
May the end be prosperous

4. Ddaeng

https://www.youtube.com/embed/LbSU1_SG91w

Ddaeng adalah lagu karya Suga bersama dengan RM dan J-Hope. Mereka dikenal sebagai rapper line BTS. Lagu ini dirilis untuk memperingati ulang tahun BTS yang ke-5 yang biasa dirayakan dalam BTS Festa. Ddaeng adalah hip hop track yang unik karena memasukkan aura musik dan budaya tradisional Korea dalam lirik dan melodinya. 

5. First Love

https://www.youtube.com/embed/T8V9a6wl1oI

Album BTS bertajuk Wings yang rilis tahun 2016 lalu berisikan lagu-lagu solo member BTS. First Love adalah lagu solo Suga yang bernuansa slow hip hop dengan alunan piano dan orkestra yang membuat lagu ini makin melankolis. Kontras dengan alunan melodinya, Suga mengisi lagu ini dengan rap yang emosional. 

Lagu ini bercerita tentang cinta pertama Suga. Bukan dengan seorang wanita, tapi dengan sebuah piano yang ditemukannya saat ia masih kecil. Bait demi bait menyampaikan kecintaan Suga pada musik dan bagaimana musik menjadi bagian dalam hidupnya. Dalem banget!

6. Wine / If I Get Drunk Today

https://www.youtube.com/embed/a3JqIwCx8Cs

Meskipun tidak dinyanyikan oleh Suga, lagu ini layak untuk masuk playlistmu bila kamu penggemar RnB dan hip hop. Wine adalah lagu yang diciptakan Suga bersama dengan Slow Rabbitt, Suran dan Chang-Mo. 

Suga membuktikan kepiawaiannya sebagai produser musik dan penulis lirik melalui lagu ini. Terbukti lagu ini sukses meraih posisi nomor di Gaon Music Chart dan berhasil menyabet Best Soul/RnB Track dalam Melon Music Award tahun 2017.

7. Trivia 轉: Seesaw

https://www.youtube.com/embed/BEIwwuQY_Cg

Kamu bisa menemukan lagu Trivia 轉: Seesaw dalam album terbaru BTS Love Yourself 結 ‘Answer'. Lagu solo Suga ini tidak hanya menampilkan kemampuan rap Suga, tapi kamu juga bisa mendengarkan vokalnya di bagian chorus. 

Diproduksi oleh Suga dan Slow Rabbit, lirik lagu ini bercerita tentang hubungan yang diibaratkan seperti jungkat-jungkit (seesaw). Terjebak dalam hubungan yang repetitif dan naik turun tanpa arah, Suga menyampaikan keinginannya untuk mengakhirinya dengan turun dari 'jungkat-jungkit' itu. 

8. Song Request

https://www.youtube.com/embed/ij0SQZcqnPU

Sempat trending di Indonesia dengan #LeeSoraxSuga dan #SongRequest, lagu ini adalah karya terbaru Suga hasil kolaborasi dengan penyanyi kawakan Lee Sora. Song Request diproduseri oleh Tablo dan DEE.P, sedangkan Suga ikut menyumbangkan kepiawaiannya dalam menulis lirik bersama dengan Tablo. 

Baru saja dirilis, lagu ini langsung menduduki puncak tangga lagu musik di beberapa platform seperti  Melon, Genie, Bugs, Naver, dan Soribada. Bercerita tentang seseorang yang mendengarkan radio saat patah hati, Suga sukses menghiasi lagu ini dengan gaya rap-nya yang lembut.

I’Il be with you at your birth and your end
Remember we’re always together anywhere
I’ll always console your life
So just lean on me and rest sometimes

Itu dia 8 lagu karya Suga BTS yang layak masuk dalam playlist para pecinta hip hop. Liriknya yang kuat, penuh makna dan beat yang asik sayang sekali untuk dilewatkan, lho! Favoritmu yang mana, nih?

Baca Juga: Lagu-Lagu KPop yang Pernah Digunakan untuk Mendukung Gerakan Politik!

Lina Photo Community Writer Lina

"A mind needs books like a sword needs a whetstone," said Tyrion Lannister

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You