Comscore Tracker

Jarang Disadari, 6 Idol Korea Ini Kerap Membuat Lagu untuk Artis Lain 

Berbakat dan produktif banget! #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Idol asal Korea Selatan sekarang sudah banyak yang menunjukkan bakat dengan berbagai cara, salah satunya yakni dengan membuat lagu. Harus diakui, bakat artis Korea sebagai produser cukup berpengaruh dan jadi pertimbangan bagi banyak orang untuk mulai mengidolakan.

Selain untuk grup masing-masing, sudah banyak pula idol yang menciptakan lagu untuk penyanyi lainnya, lho. Masih banyak yang belum menyadari, berikut ini daftarnya!

1. Soyeon (G)I-DLE

Jarang Disadari, 6 Idol Korea Ini Kerap Membuat Lagu untuk Artis Lain Instagram.com/soyeonized

Soyeon disebut sebagai idol sekaligus produser yang sangat menjanjikan mengingat lagu ciptaannya yang selalu sukses. Terlebih, Soyeon gak ragu untuk membuat lagu dengan beragam genre yang gak membosankan.

Selain untuk grupnya, Soyeon sudah membuktikan kemampuan dengan menciptakan lagu untuk artis lain, bahkan dari luar agensinya. Lagu "Say My Name" milik JBJ, "No" yang membuat CLC meraih first win, "I Wanna Be" oleh Key SHINEE, merupakan beberapa lagu ciptaannya.

2. Hui PENTAGON 

Jarang Disadari, 6 Idol Korea Ini Kerap Membuat Lagu untuk Artis Lain Soompi.com

Hui PENTAGON harusnya mendapat lebih banyak apresiasi akan bakatnya menciptakan lagu. Ia mampu membuat lagu dengan makna yang mengesankan, juga sangat asyik didengarkan.

Ia pertama kali jadi produser artis lain melalui program Produce 101, hingga jadilah lagu bertajuk "Never" sampai lagu debut WANNA ONE yang bertajuk "Energetic". Selain itu, ia berpartisipasi membuat lagu untuk beberapa grup KPop lain seperti WEi dan VAV.

3. Suga BTS 

Jarang Disadari, 6 Idol Korea Ini Kerap Membuat Lagu untuk Artis Lain unitedbypop.com

Suga mulai menciptakan lagu untuk artis lain, usai beberapa tahun debut. Ia memang sudah biasa membuat lagu untuk BTS dan mixtape solonya, namun masih banyak yang belum tahu bahwa ia juga sudah berpartisipasi membuat lagu untuk artis lain yang bahkan gak bernaung di BigHit Entertainment.

Diketahui, Suga pertama kali membuat lagu untuk artis lain seperti "Wine" yang membuat debut Suran jadi sukses. Lagu ini pun berhasil meraih penghargaan kategori Hot Trend Award di Melon Music Awards 2017.

Selain itu, Suga pun membuat lagu "Eternal Sunshine" untuk grup Epik High yang ia kagumi dan menginspirasinya. Lagu "We Don't Talk Together" milik Heize serta "Eight" milik IU juga ciptaan Suga, lho.

Baca Juga: 6 Idol Grup KPop yang Pernah Cover Super Junior 'Sorry Sorry', Ikonik!

4. Young K DAY6

Jarang Disadari, 6 Idol Korea Ini Kerap Membuat Lagu untuk Artis Lain Instagram.com/from_youngk

Dari dulu hingga sekarang, Young K memang aktif menciptakan lagu dengan beragam makna. Walaupun begitu, masih banyak yang gak menyadari bahwa Young K pun membuat banyak lagu untuk penyanyi lain, bukan hanya untuk grupnya.

Young K nyatanya membuat beberapa lagu untuk album The Other Dide milik Eric Nam, lho. "Beggin on My Knees" milik GOT7 serta "Stuck On You" milik UP10TION juga diciptakan olehnya.

5. Jonghyun SHINEE 

Jarang Disadari, 6 Idol Korea Ini Kerap Membuat Lagu untuk Artis Lain Koreaboo.com

Jonghyun merupakan penyanyi berbakat SM Entertainment yang sudah membuat banyak lagu yang akan selalu dikenang oleh penggemarnya. Lagu-lagu ciptaannya terkesan memiliki lirik yang terkesan dalam, bisa bikin merenung.

Ia adalah produser di balik lagu "Playboy" milik EXO yang liriknya mendebarkan, juga "Breath" milik Lee Hi yang terkesan menenangkan. Selain itu, masih banyak lagi lagu ciptaan Jonghyun untuk artis lain yang takkan terlupakan. 

6. Mino WINNER 

Jarang Disadari, 6 Idol Korea Ini Kerap Membuat Lagu untuk Artis Lain Instagram.com/bearissong

Mino WINNER tampaknya sangat produktif, sampai dapat membuat banyak lagu solo serta untuk grupnya. Selain kolaborasi dengan artis lain, rapper WINNER ini pun rupanya sudah sering membuat lagu untuk artis lain, lho.

Masih banyak yang belum menyadari, lagu "Rubber Band" milik iKON serta "Going Crazy" milik TREASURE sebenarnya ciptaannya. Ia juga menciptakan beberapa lagu untuk album solo Eun Jiwon Sechskies, lho.

Berbagai idol di atas tampaknya sangat pantas untuk mendapatkan berbagai prestasi akan bakat mereka sebagai produser. Mereka sangat produktif, membuat lagu untuk grup masing-masing sekaligus untuk artis lain.

Baca Juga: Ada IU, 11 Idol KPop yang akan Debut dan Comeback Solo di Bulan Maret

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya