Comscore Tracker

Comeback dengan 'ON', Ini 7 Fakta Baru Map of The Soul: 7 BTS

#TurnThePartyON Yang pasti banyak teori rumitnya! 

Pada (21/2) kemarin, boy group asal Korea Selatan BTS resmi melakukan comeback mereka setelah terakhir kali menggebrak dunia hanya dengan satu kali comeback pada awal 2019 lalu.

Comeback kali ini tentu disambut dengan begitu hangat oleh ARMY karena sudah hampir setahun BTS tidak merilis album baru. Agar lebih jelas untuk mengetahui fakta menarik terkait album comeback kali ini, ayo, simak ulasan berikut!

1. Ukuran album lebih besar

Comeback dengan 'ON', Ini 7 Fakta Baru Map of The Soul: 7 BTSInstagram.com/kookies_luv

Dibandingkan dengan album-album sebelumnya, album BTS kali ini mempunyai ukuran yang cukup besar. Pada potret di atas adalah buktinya. Album bertajuk Map of the Soul : 7 itu mempunyai ukuran hampir dua kali lipat dari ukuran album Love Yourself : Her yang dirilis pada tahun 2017.

Album ini didesain dengan 4 versi yang pasti akan membuat siapapun semakin merasa penasaran terhadap isi di dalamnya. Untuk harganya pun juga lebih mahal, sehingga butuh menabung terelebih dahulu jika memang ingin memiliki semua versinya.

2. Terjual dalam jumlah yang fantastis

Comeback dengan 'ON', Ini 7 Fakta Baru Map of The Soul: 7 BTSInstagram.com/bts.bighitofficial

Masa pre-order album Map of the Soul : 7 sudah dimulai sejak awal tahun 2020. Hanya dalam waktu satu minggu, penjualan album ini ternyata telah menyentuh angka 3,42 juta lho! Jumlah tersebut terus bertambah hingga kisaran 4 juta. Dan untuk yang terbaru, album ini dikabarkan sudah meraup penjualan sekitar 2 juta di situs Hanteo hanya beberapa jam setelah dirilis secara resmi.

Hal tersebut tentu membuat heboh para pecinta musik, pasalnya baru kali ini ada grup KPop mampu mencapai penjualan album sebanyak itu. Sebagai akibatnya, rekor yang sempat dipegang oleh album Map of the Soul : Persona pun tergeser karena angka penjualannya “hanya” berkisar 2 juta di masa pre-order.

Baca Juga: Menafsirkan Makna & Melihat Warna Album BTS, Map of the Soul: 7 

3. MV 'ON' telah ditonton sebanyak 27 juta kali dalam kurun waktu 12 jam

https://www.youtube.com/embed/gwMa6gpoE9I

Angka 27 juta viewers termasuk tinggi untuk seukuran MV yang baru dirilis selama 12 jam. Hingga artikel ini ditulis, title track album yang berjudul ON sudah bertengger di peringkat pertama untuk trending Youtube Indonesia, dan telah ditonton lebih dari 39 juta kali!

4. Merupakan sambungan dari album Map of the Soul : Persona

Comeback dengan 'ON', Ini 7 Fakta Baru Map of The Soul: 7 BTSInstagram.com/bts.bighitofficial

Sama-sama meraih prestasi bahkan sejak perilisannya yang belum resmi, album Map of the Soul : 7  ternyata merupakan kelanjutan dari album Map of the Soul : Persona.

Kedua album tersebut menggunakan konsep yang diambil dari buku karya Murray Stein bertajuk Jung's Map of the Soul : An Introduction. Isinya pun mengangkat tema yang hampir serupa yaitu tentang mental dan berbagai macam lapisan karakter dalam diri manusia.

5. Beberapa lagunya merupakan single pre-release

Comeback dengan 'ON', Ini 7 Fakta Baru Map of The Soul: 7 BTSInstagram.com/jimultis

Sejak debut, BTS baru mencoba mengeluarkan single pre-release pada comeback kali ini. Terhitung pada tanggal 7 Januari, 17 Januari, 7 dan Februari BTS sudah merilis tiga single dari total keseluruhan track yang berjumlah 20. Ketiga lagu tersebut adalah Interlude : Shadow, Black Swan, dan Outro : Ego.

6. Teori yang selalu berkesinambungan

Comeback dengan 'ON', Ini 7 Fakta Baru Map of The Soul: 7 BTSInstagram.com/bts.bighitofficial

BTS selama ini dikenal sebagai salah satu grup KPop yang selalu memunculkan teori-teori misterius di setiap comebacknya. Comeback lewat album MOTS : 7 pun juga demikian. Contohnya saja pada lagu Black Swan. Lagu dengan kontemporer dance ini pertama kali ditampilkan di acara The Late Late Show with James Corden pada 28 Januari lalu.

Jauh sebelum nama single ini diumumkan, Black Swan ternyata merupakan julukan yang pernah diberikan kepada V yang mengenakan long coat berbulu warna hitam ketika perform lagu Singularity di tur final BTS tahun lalu.

Hal ini pun dikaitkan dengan julukan Jimin, yaitu White Swan, yang mana saat itu Jimin tampil dengan otfit serba putih ketika menarikan kontemporer dance di Melon Music Awards.

Untuk lagu-lagu lain seperti Interlude : Shadow dan Outro : Ego tak jauh berbeda. Lagu-lagu ini juga melibatkan teori-teori yang tidak mudah, apalagi hampir semua momen BTS di masa lalu turut disertakan dalam lagu-lagu tersebut.

7. Dan 7 adalah angka spesial

Comeback dengan 'ON', Ini 7 Fakta Baru Map of The Soul: 7 BTSInstagram.com/memebtsss

BTS pernah mengungkapkan bahwa album mereka yang berjudul Map of the Soul : 7 ini sangat spesial. 7 adalah jumlah anggota BTS, dan tahun ini pun menjadi tahun ke-7 bagi para membernya melewati masa-masa senang dan susah bersama ARMY.

Oleh sebab itu, mereka sempat mengatakan kalau mereka tidak terlalu berharap banyak karena judul album dan semua momen yang telah mereka lewati itu sudah sangat berkesan bagi mereka.

Itulah beberapa fakta terbaru mengenai album BTS yang betajuk Map of the Soul : Persona. Sukses selalu untuk BTS dan ARMY! 

Baca Juga: Bikin Heboh Sedunia, Ini 7 Hal Spesial dari Map of The Soul: 7 BTS

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya