Comscore Tracker

5 Soundtrack Anime Terpopuler 2021 Versi Billboard Japan

Ada lagu favoritmu?

Anime adalah sebutan animasi Jepang yang sangat populer di dunia. Selain cerita yang menarik, tiap judul anime pasti memiliki berbagai soundtrack yang memanjakan penikmatnya sekaligus membuka ruang lebih ke dunia musik Dunia Sakura. Tangga lagu Billboard bahkan membuat kategori khusus bagi lagu anime, yaitu Hot Animation. 

Beberapa waktu lalu, Billboard Hot Animation sudah merilis soundtrack anime terpopuler sepanjang tahun 2021. Deretan lagu tersebut hype di kalangan anime lovers. Penasaran lagu apa saja itu? Berikut lima di antaranya.

1. LiSA - Homura

https://www.youtube.com/embed/4DxL6IKmXx4

Sama dengan kesuksesan anime Kimetsu no Yaiba the Movie - Mugen Train, "Homura" yang memiliki melodi galau serta makna tentang sedihnya perpisahan berhasil menyentuh hati pendengarnya.

Jika pada tahun lalu lagu ini kalah dengan pendahulunya, "Gurenge", yang berada di puncak, maka sekarang "Homura" sukses menggesernya dan menduduki peringkat teratas Billboard Hot Animation 2021. 

2. YOASOBI - Monster

https://www.youtube.com/embed/dy90tA3TT1c

YOASOBI yang terdiri dari duo, Ayase sebagai produser dan Ikura sebagai vokalis memang tengah naik daun belakangan ini. Mereka menyuguhkan lagu "Monster" yang jadi opening anime Beasters season 2.

Lagunya dibuka dengan dengan melodi yang ear catching, ditambah vokal khas Ikura membuat "Monster" pantas menduduki peringkat kedua.

Baca Juga: Easy Listening, 10 Soundtrack Anime ini Pas Didengarkan Saat Sendiri

3. Masaki Suda - Niji

https://www.youtube.com/embed/hkBbUf4oGfA

Dikenal multitalenta, tak heran kalau karya dari aktor sekaligus penyanyi, Masaki Suda, selalu mencuri perhatian. "Niji" adalah soundtrack untuk film Stand By Me Doraemon 2.

Lagu ini berhasil meraih peringkat dua di Billboard Japan Hot 100 pada awal perilisannya, yakni tahun 2020 lalu. Musik videonya sendiri menampilkan keseharian keluarga kecil yang sederhana, tapi berhasil membuat penontonnya terenyuh.

4. Eve - Kaikai Kitan

https://www.youtube.com/embed/1tk1pqwrOys

"Kaikai Kitan" merupakan opening untuk anime Jujutsu Kaisen yang tayang musim gugur 2020 lalu. Judulnya memiliki arti cerita misterius, sementara liriknya cukup kompleks soal deskripsi iblis.

Melodinya yang easy listening dan semangat membuat "Kaikai Kitan" sering dijadikan background musik berbagai video di media sosial. Nama Eve juga semakin terkenal bagi pencinta JPop usai mengisi soundtrack anime populer tersebut.

5. Official Hige Dandism - Cry Baby

https://www.youtube.com/embed/O1bhZgkC4Gw

Band pop yang kerap disingkat Higedan ini menyanyikan "Cry Baby" sebagai lagu pembuka pertama Tokyo Revengers. Sama seperti karya Higedan lainnya, lagu yang jadi single ke-17 mereka tersebut memiliki melodi candu yang enak didengar.

Vokalis Higedan, Satoshi Fujihara, mengaku bahwa ia adalah penggemar dari Tokyo Revengers. Sehingga lirik "Cry Baby" dibuat berdasarkan gambaran sang karakter utama yang lemah, tapi punya daya juang tinggi. 

Keberadaan soundtrack dalam anime memang tak terpisahkan. Lima lagu di atas berasal dari judul anime yang populer sepanjang tahun ini, sehingga sukses menempati posisi top lima Billboard Hot Animation pada 2021. Mana soundtrack favoritmu?

Baca Juga: 9 Fakta Makoto Shinkai, Sutradara di Balik Anime-Anime Terkenal

N U F I Photo Verified Writer N U F I

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya