Comscore Tracker

5 Lagu Indonesia Populer yang Paling Berkesan bagi Generasi 90-an

Mana, nih, lagu yang paling berkesan buat kalian?

Musik atau lagu memang tidak bisa dipisahkan bagi kehidupan manusia. Di setiap era dan generasi, musik selalu memiliki karakteristik spesial yang terasa seperti mewakili zaman saat itu.

Musik Indonesia di era 1990-an boleh dibilang menjadi era musik yang tak mudah dilupakan. Beberapa grup musik dan terpopuler di zaman tersebut bahkan masih banyak didengarkan serta dicintai hingga hari ini.

Berikut adalah sederet musik Indonesia terpopuler di generasi 1990-an yang masih terasa agung didengarkan hingga sekarang. Langsung aja simak ulasannya berikut ini, yuk!

1. KLa Project - 'Yogyakarta' (1990)

https://www.youtube.com/embed/GDykB7p9O5o

Lagu 'Yogyakarta' adalah lagu karya grup band asal Jakarta, KLa Project. Lagu yang digubah oleh Katon Bagaskara ini terdapat dalam album kedua KLa Project yang berjudul Kedua yang dirilis pada tahun 1990. Lagu ini menjadi sempat mendapatkan tiga penghargaan BASF Awards 1991 untuk kategori lagu terbaik, aransemen terbaik, dan pop tekno terbaik.

Lagu ini juga dinobatkan sebagai salah satu dari 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa oleh majalah Rolling Stones. Saat ini, para pengamen jalanan di Yogyakarta sering membawakan lagu fenomenal ini. Sang pencipta lagu, Katon Bagaskara, juga sering membawakan lagu ini dalam setiap konsernya meskipun tidak sedang bersama KLa Project.

2. Dewa 19 - 'Kangen' (1992)

https://www.youtube.com/embed/RYGgSRtYxd0

Siapa yang tak kenal lagu ini? Lagu karya Ahmad Dhani ini sangatlah melegenda karena telah disukai oleh lintas generasi. Lagu ini terdapat dalam album pertama Dewa 19 yang berjudul Dewa 19. Album ini dirilis pada tahun 1992 di bawah label Team Records, label rekaman milik produser kenamaan, Jan Djuhana yang bekerja sama dengan Aquarius Musikindo.

Lagu yang iramanya mirip dengan lagu 'You're All I Need' milik White Lion ini kemudian melejit dan mengangkat nama Dewa 19 di belantika musik Indonesia. Album yang memuat lagu ini juga mendapatkan penghargaan BASF Awards sebagai Album Terlaris 1993. Lagu ini juga menjadi lagu wajib saat Dewa 19 menggelar konser reunian, baik saat mengajak Ari Lasso maupun Once.

Baca Juga: 11 Lagu Lawas 2000-an yang Pesannya Wajib Didengar Perempuan Muda

3. Java Jive - 'Kau Yang Terindah' (1994)

https://www.youtube.com/embed/5_1Vi0nAvWM

'Kau Yang Terindah' merupakan karya dari grup band asal Bandung, Java Jive. Lagu ini terdapat dalam album pertama Java Jive yang berjudul Java Jive 1 yang dirilis pada tahun 1994. Lagu ini turut mengangkat nama Java Jive di kancah musik Indonesia pada permulaan tahun 1990-an sebagai pesaing dari Kahitna, yang sama-sama bernaung di bawah label Musica Studio's.

Lagu ini juga menjadi lagu wajib saat Java Jive tampil di beberapa acara off-air maupun on-air di stasiun televisi. Sampai sekarang, lagu ini tetap disukai oleh penikmat musik Indonesia, khususnya para pecinta musik tahun 1990-an.

4. Five Minutes - 'Selamat Tinggal' (1995)

https://www.youtube.com/embed/Sviz0lcVjRU

Grup band asal Bandung, Five Minutes ini mengawali karier bermusiknya pada tahun 1995 dengan merilis album pertamanya yang bertajuk Five Minutes dengan menjagokan lagu 'Selamat Tinggal' sebagai hits single.

Berkat lagu ini, grup band yang dimotori oleh Ricky Tjahyadi ini menjadi grup band yang diperhitungkan di industri musik tanah air. Bahkan, grup band ini pun masih bertahan di industri musik sampai saat ini. Namun, saat ini Five Minutes tidak lagi menggunakan sarung sebagai pakaian wajibnya yang dulu sempat identik mereka kenakan ketika manggung.

5. Stinky - 'Mungkinkah' (1997)

https://www.youtube.com/embed/hw7jnRtFzFo

Jika generasi saat ini mengenal Andre Taulany sebagai komedian papan atas, maka generasi 1990-an mengenal sosoknya sebagai vokalis grup band Stinky. Lagu 'Mungkinkah' ini merupakan lagu karya dari Stinky yang sangat melejit kala itu.

Lagu ini terdapat dalam album pertama Stinky yang berjudul Stinky yang dirilis pada tahun 1997. Lagu ini pula yang mengangkat nama Stinky di belantika musik Indonesia, terutama nama sang vokalis yang saat ini lebih populer sebagai seorang komedian. Lagu ini pun masih sering dinyanyikan oleh Andre Taulany di berbagai kesempatan.

Itu tadi beberapa lagu tahun 90-an yang saat ini masih digemari oleh masyarakat. Meskipun generasi telah berganti, musik pada era 90-an masih tetap mendapat tempat di telinga pendengarnya. Apa lagu 90-an terfavorit versi kamu?

Baca Juga: 10 Lagu Anak-anak Jepang Selain 'Inu No Omawarisan'

Nurrahman Fadholi Photo Verified Writer Nurrahman Fadholi

Mahasiswa, pengajar, dan penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya