Comscore Tracker

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesia

#HaloJatim Mereka adalah sekumpulan seniman hebat!

Blantika musik Indonesia penuh dengan ragam penyanyi yang berasal dari berbagai daerah dengan karakteristiknya sendiri-sendiri. Sebagian besar penyanyi terkenal Indonesia justru diketahui tidak berasal dari DKI Jakarta, lho.

Sederet bintang tarik suara bahkan ada yang datang dari belahan timur Nusantara lain seperti Glenn Fredly maupun Edo Kondologit.

Sementara itu, Provinsi Jawa Timur sendiri ternyata juga cukup produktif menelurkan banyak penyanyi berbakat, lho. Yuk simak daftarnya di bawah ini.

1. Ahmad Dhani

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik IndonesiaDok. IDN Times/Istimewa

Selebriti satu ini memiliki nama asli Dhani Ahmad Prasetyo. Pentolan grup band Dewa ini diketahui lahir di Kota Surabaya, 26 Mei 1972. Selain itu, Ahmad Dhani adalah pendiri Republik Cinta Management yang sukses mengorbitkan sejumlah artis maupun grup seperti T.R.I.A.D, Mahadewi, Dewi Dewi, The Virgin The Lucky Laki dan lain sebagainya.

Dhani juga dikenal sebagai pribadi yang kontroversial. Pernyataannya acap kali menuai pro maupun kontra. Baru-baru ini, Dhani jadi tersangka kasus dugaan ujaran kebencian.

2. Anang Hermansyah

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiainstagram.com/ashanty_ash

Penyanyi, musisi sekaligus produser musik Anang Hermansyah lahir di Jember pada tanggal 18 Maret 1969. Sejak tahun 2014, dia sibuk sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional. Selain sibuk sebagai anggota dewan, Anang juga menjadi juri ajang pencarian bakat di salah satu televisi nasional.

Sebelumnya, Anang adalah seorang produser musik sebelum menelurkan lagu-lagu ciptaan sendiri yang dinyanyikan oleh sang mantan istri Krisdayanti. Kini, Anang telah menikah dengan penyanyi kondang, Ashanti.

3. Bob Tutupoly

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiafacebook.com/SynchronizeFestival

Bobby Willem Tutupoly lahir di Surabaya, 13 November 1939. Acap kali disapa Bob, dia adalah salah satu penyanyi senior di Indonesia bersama Titiek Puspa. Bob Tutupoly adalah seorang penyanyi yang populer lewat tembang-tembang berjudul Lidah tak Bertulan, Tiada Maaf Bagimu dan Widuri.

4. Dewi Perssik

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiainstagram.com/dewiperssikreal

Dewi Murya Agung adalah nama asli dari penyanyi dangdut Dewi Perssik. Dia lahir di Jember pada tanggal 16 Desember 1985. Dewi Perssik lebih akrab disapa Depe. 

Dia diketahui memiliki darah Tionghoa dari neneknya. Buah persik, menurut Depe, adalah buah yang dipercaya membawa keberuntungan bagi orang Tionghoa. Oleh sebab itu, dia memilih nama Perssik atau Persik sebagai nama panggungnya.

Walau telah menuai kepopuleran lewat jalur musik dangdut, Depe semakin melejit setelah bermain dalam berbagai film horor seperti Tali Pocong Perawan dan Tiran: Mati di Ranjang

Meski masih muda, Depe telah tiga kali menikah. Pertama menikah dengan dengan Saipul Jamil kemudian bercerai. Kemudian menikah dengan aktor Aldi Taher yang juga berujung perceraian. Kini, dia telah menikah dengan seorang pengusaha bernama Angga Wijaya.

5. Inul Daratista

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiainstagram.com/inul.d

Satu lagi penyanyi dangdut yang malang melintang di belantika musik nusantara. Pemilik nama asli Ainur Rokhimah ini lahir di Pasuruan, 21 Januari 1979.

Inul, naik daun berkat goyangan dangdut goyang ngebor yang kontroversial, lebih dari satu dasawarsa yang lalu. Bahkan, sang Raja Dangdut Rhoma Irama merasa harus berbicara di depan rapat dengar pendapat DPR RI untuk membahas RUU Antipornografi.

Kontroversi Inul tak berhenti di situ. Walau berasal dari Pasuruan dan populer lewat dangdut, Inul pernah menyatakan dirinya ingin berpose menantang di majalah dewasa Playboy edisi Indonesia.

Ketika masih berusia 16 tahun, Inul menikahi Adam Suseno pada tahun 1995. Selama menikah, pasangan itu tak mempunyai anak. Pasangan Adam-Inul lantas mempunyai satu anak yang lahir dari hasil program bayi tabung pada tahun 2009. Kini, selain manggung, Inul sibuk menjadi juri ajang pencarian bakat dan mengurus usaha karaoke miliknya.

6. Ita Purnamasari

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiawikipedia.org

Ita Purnamasari lahir di Kota Pahlawan Surabaya pada 15 Juli 1967. Dia terkenal setelah lagu yang dinyanyikannya berjudul Cintaku Padamu menuai sukses besar. Ita juga merupakan istri dari musisi kondang asal Bandung, Dwiki Dharwmawan. Selain itu, Ita juga anggota dari Tiga Dara bersama Paramitha Rusady dan Silvana Herman.

Salah satu momen pribadi Ita yang paling membekas adalah pengalaman melahirkan putra semata wayangnya M Fernanda Dharmawan. Ketika masih mengandung Nanda, Ita divonis menderita tumor. Dilema pun datang. Kalau tumor tak diangkat, maka akan berakibat buruk baginya. Bila diangkat, maka dia harus merelakan putranya. Demi sang anak, Ita pasrah hidup membawa tumor.

Ternyata, Nanda lahir dengan selamat, sehat dan normal. Tumor itu ternyata hanya bekas sakit lever abses. Seandainya Ita memilih untuk mengangkat tumor, Nanda mungkin tak pernah lahir.

7. Joshua Suherman

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiainstagram.com/jojosuherman/

Mantan penyanyi cilik ini lahir di Surabaya pada 3 November 1992. Dia mulai naik daun ketika menyanyikan lagu Cit Cit Cuit dan Diobok-obok. Pada tahun 2006, Joshua bergabung bareng mantan artis cilik lain yaitu Geofanny dan Natasha Chairani dalam grup Saqadaex. Selain itu, dia membentuk sebuah grup band bernama Join Side yang telah menelurkan satu album.

Di luar karirnya bermusik, kini Joshua sibuk sebagai bintang iklan dan presenter.

Baca Juga: Lagu Perdana dari 7 Penyanyi Ini Hits Banget Lho di Tahun 2000an

8. Krisdayanti

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiainstagram.com/krisdayantilemos/

Krisdayanti merupakan salah satu penyanyi asal Jawa Timur yang paling populer. Lahir di Batu, 24 Maret 1975, Krisdayanti adalah seorang diva papan atas. Merintis karirnya sebagai pengisi suara dalam film anak-anak Megaloman pada usia 9 tahun, Krisdayanti lantas merilis album solo pertamanya Burung-Burung Malam pada usia 12 tahun. Namun, album itu tidak berhasil membuat popularitasnya terdongkrak.

Karir menyanyinya semakin moncer saat dia memenangi ajang menyanyi Asia Bagus di Jepang pada tahun 1992. Sejak itu, namanya terus mengkilap. Dia pun digandeng salah satu studio musik kesohor di Indonesia untuk menluncurkan album profesional pertamanya bertajuk Terserah (1995).

Seperti yang sudah kita tahu bersama, Krisdayanti lantas menikahi Anang Hermansyah pada tahun 1996 namun berpisah pada tahun 2009. Pada tahun 2007, majalah Globe Asia mengganjarnya sebagai salah satu dari 99 Most Powerful Women in Indonesia.

9. Maia Estianty

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiainstagram.com/maiaestiantyreal/

Maia Estianty adalah penyanyi sekaligus musisi yang lahir di Kota Pahlawan Surabaya, 27 Januari 1976. Maia, adalah pentolan kelompok duo Ratu bersama Mulan Jameela sebelum akhirnya berpisah dan membentuk duo Maia bersama Mey Chan.

Dia pernah bermain di beberapa episode pertunjukan komedi Extravaganza dan sinetron OB. Maia juga bermain dalam film layar lebar Tjokroaminoto. Dia dipilih lantaran berstatus cicit dari sang pahlawan.

Maia menikah dengan Ahmad Dhani pada tahun 1994 dan berpisah pada tahun 2008. Mereka dikaruniai tiga putra. Hingga kini, Maia masih melajang.

10. Nella Kharisma

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiainstagram.com/nellakharisma.lovers/

Penyanyi dangdut yang baru naik daun Nella Tri Charisma lahir di Kediri, 4 November 1994. Dia dengan cepat naik daun berkat lagu single Konco Mesra.

Sejak umur tiga tahun, Nella kecil diketahui telah turut nyinden di perhelatan wayang di kotanya. Bakat olah suaranya sudah muncul sejak Nella anak-anak. Tak heran, Nella lahir dari pasangan musik. Sang ayahanda ahli bermusik campursari, sementara sang ibunda bisa bermain gitar, angklung dan suling.

Menginjak masa sekolah menengah pertama, Nella sudah manggung dari kota ke kota bersama orkes melayu Lagusta. Sejak itu, karir menyanyi dangdutnya semakin moncer. Pada tahun 2017 lalu, studio rekaman dangdut raksasa Nagaswara menggaetnya sebagai salah satu artis mereka.

11. Ratna Listy

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiainstagram.com/ratna_listy/

Pemilik nama asli Ratna Sulistyaningsih ini lahir di Madiun, 2 Agustus 1973. Dia merupakan salah satu artis multitalenta yang pernah dimiliki Jawa Timur.

Namanya semakin populer sejak dirinya memenangi ajang Bintang Radio dan TV se-Jawa Timur pada tahun 1989. Setelah itu, dia fokus menjadi seorang penyanyi tulen. Kerja kerasnya pun terbayar dengan perilisan tiga album profesional. Ratna Listy pun berkesempatan menyanyi bersama legenda musik Indonesia macam Agus Dhukun, Doel Sumbang dan Nini Carlina.

Ratna Listy pernah menikah pada tahun 2002 namun kemudian bercerai. Belakangan, selain sibuk syuting dan menyanyi, Ratna Listy juga sibuk mengurus usaha event organizer yang didirikannya bersama temannya.

12. Uut Permatasari

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiainstagram.com/uutpermatasari7/

Jawa Timur memang gudangnya penyanyi dangdut. Selain goyang ngebor yang dipopulerkan Inul Daratista, terdapat goyang ngecor milik Uut Permatasari. Lahir di Sidoarjo, 7 April 1982, pemilik nama asli Utami Suryaningsih ini diketahui memang jago balet.

Sebelum merintis karir lewat jalur dangdut, Uut sudah malang melintang menjuarai berbagai ajang lomba menyanyi tingkat kecamatan dan kabupaten. Nama Uut semakin berkibar saat lagunya Putri Panggung menuai apresiasi positif. Sejak itu, dia menjadi tokoh sentral dalam pertunjukan Laris Manis SCTV dan Digoda Trans TV.

Uut mengakhiri masa lajangnya dengan menikahi salah satu perwira kepolisian pada tahun 2015 lalu.

13. Yuni Sara

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiainstagram.com/yunishara36/

Wahyu Setyaning Budi merupakan nama asli dari penyanyi Yuni Shara. Lahir di Malang, 3 Juni 1972, dia adalah kakak kandung dari Krisdayanti.

Seperti halnya sang adik, Yuni juga sukses menggondol berbagai penghargaan dalam bidang musik. Sejak kecil, dia sudah memenangi lomba menyanyi keroncong dalam sebuah acara bertajuk Festival Bintang Radio dan TV. Mulai dari sana, sudah lebih dari 10 album dia rilis termasuk OST Return of the Condor Heroes dan OST Meteor Garden. Yuni memang salah satu penyanyi yang paling produktif.

Yuni pertama kali menikah pada tahun 1993 dengan Raymond Manthey namun berpisah empat bulan kemudian. Setelah itu, dia menikah dengan seorang pengusaha Henry Siahaan pada tahun 2002 dan dikaruniai dua anak. Mereka berpisah pada tahun 2008. Setelah itu, dia juga sempat dekat dengan presenter Raffi Ahmad.

Belakangan, Yuni Shara bergabung bersama Nina Tamam, Iga Mawarni, Rieka Roslan dan Andien. Mereka berlima diketahui membentuk sebuah kelompok vokal bertajuk 5 Wanita.

14. Via Vallen

14 Penyanyi asal Jawa Timur yang Menguasai Blantika Musik Indonesiainstagram.com/viavallen.fans_/

Penyanyi satu ini telah menjelma menjadi salah satu penyanyi papan atas Indonesia. Pasalnya, dia didapuk menjadi penyanyi lagu tema Asian Games, beberapa waktu lalu.

Pemilik nama asli Maulidia Octavia atau lebih populer dengan nama panggung Via Vallen ini lahir di Surabaya, 1 Oktober 1991. Via Vallen memiliki fanbasenya sendiri yang disebut Vyanisty.

Via Vallen memulai debut menyanyinya dengan tembang bertajuk Selingkuh pada tahun 2015 lalu. Sejak itu, nama Via Vallen semakin meroket berkat single fenomoenal Sayang pada tahun 2017. Video Youtube-nya sendiri sudah ditonton lebih dari seratus juta kali. Walau berstatus pendatang baru, Via Vallen terus menunjukkan kiprah positifnya di belantika musik Indonesia.

Itulah 14 penyanyi yang berasal dari Provinsi Jawa Timur yang paling terkenal. Hal itu membuktikan bahwa Jatim juga tak kalah banyaknya menyumbang sederet seniman di bidang tarik suara.

 

Baca Juga: 5 Penyanyi Ini Benci Sama Lagunya Sendiri, Ada yang Sampai Nangis!

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya