Comscore Tracker

6 Film Arahan Steven Spielberg yang Raih Penghargaan, Borong Oscar!

Salah satunya sedang tayang di bioskop, nih

Steven Allan Spielberg menjadi salah satu sutradara tersukses dalam sejarah Hollywood. Kesuksesannya dilatarbelakangi oleh gaya perfilmannya yang mempengaruhi sineas di masa depan untuk memproduksi film sendiri.

Spielberg memulai karier profesionalnya dengan menyutradarai beberapa episode serial di Universal Studio. Film pertamanya, Duel (1971), diciptakan hanya untuk format televisi.

Sejak saat itu, Spielberg mulai memproduksi berbagai film yang membesarkan namanya sampai sekarang. Dari banyaknya film garapannya, berikut enam film arahan Steven Spielberg yang sukses mendapatkan penghargaan bergengsi. Sampai Oscar, lho!

1. Indiana Jones: Raiders of the Lost Ark (1981)

6 Film Arahan Steven Spielberg yang Raih Penghargaan, Borong Oscar!Harrison Ford dalam film Raiders of the Lost Ark (dok. Paramount Pictures/Raiders of the Lost Ark

Film ini bercerita tentang seorang arkeolog bernama Indiana Jones yang menelusuri hutan-hutan di Amerika Selatan untuk mencari patung emas. Dalam perjalanannya, Jones mendengar kabar mengenai suatu artefak yang dipercaya memegang kunci keberadaan umat manusia.

Jones pun tertarik dan mulai mencari artefak tersebut ke seluruh dunia. Pencarian tersebut tidaklah mudah karena Jones harus menghadapi berbagai jenis musuh yang memiliki tujuan masing-masing.

Raiders of the Lost Ark dirilis pada 1981 dan langsung merajai bioskop seluruh dunia pada saat itu. Film ini meraup pendapatan hingga 389 juta dolar AS di tahun pertama penayangannya. Pendapatan  tinggi tersebut disertai dengan berbagai penghargaan yang diperoleh hanya dalam kurun waktu satu tahun.

Film ini berhasil membawa pulang 5 piala dari 9 nominasi Academy Award, termasuk Special Achievement Award for Sound Effects Editing. Film ini juga berhasil memenangkan beberapa nominasi dari acara penganugerahan lain, seperti American Movie Awards, Golden Globe, hingga Grammy Awards

2. Jurassic Park (1993)

6 Film Arahan Steven Spielberg yang Raih Penghargaan, Borong Oscar!adegan dalam film Jurassic Park (dok. Universal Pictures/Jurassic Park)

Jurassic Park diadaptasi dari novel berjudul sama karya Michael Crichton. Film ini bercerita tentang dua ahli paleontologi, Dr. Alan Grant dan Dr. Ellie Sattler, yang diundang untuk mengunjungi taman hiburan berisi dinosaurus hidup.

Kunjungan tersebut berubah menjadi bencana ketika listrik padam dan menyebabkan para dinosaurus keluar dari kandang. Grant dan Sattler harus bertahan hidup sekaligus berjuang menyelamatkan orang-orang yang ikut bersama mereka.

Dirilis pada 1990-an, Jurassic Park berhasil memberikan Spielberg penghargaan Best Director dan memenangkan 7 nominasi lain dari Academy Award. Film ini berhasil mendobrak box office dan mendapatkan keuntungan hampir 1,1 juta dolar AS. Dengan keuntungan yang besar tersebut, sampai sekarang Jurassic Park masih berada dalam daftar 50 film tersukses di dunia versi Box Office Mojo.

3. Schindler's List (1993)

6 Film Arahan Steven Spielberg yang Raih Penghargaan, Borong Oscar!Liam Neeson dalam film Schindler's List (dok. Universal Pictures/Schindler's List)

Schindler's List diadaptasi Steven Spielberg dari novel karya Thomas Keneally berjudul Schindler's Ark. Film ini berlatarbelakang situasi selama Perang Dunia II di Polandia. Nuansa hitam putih yang disajikan sangat menguatkan kesan kelam.

Film ini bercerita tentang Oskar Schindler, seorang pebisnis berdarah Jerman yang memikirkan keselamatan para tenaga kerjanya yang memiliki darah Yahudi. Oskar semakin khawatir setelah menyaksikan genosida yang dilakukan Nazi kepada mereka. Oskar pun menempuh berbagai cara untuk menyelamatkan nyawa para karyawannya.

Film yang dibintangi Liam Neeson ini sukses merajai box office dengan pendapatan mencapai 322 juta dolar AS. Kesuksesan ini diperkuat dengan membawa pulang 7 piala dari 12 nominasi Academy Award. Piala tersebut termasuk Best Picture dan Best Director yang pertama kali didapatkan Spielberg.

Baca Juga: [REVIEW] The Fabelmans, Momen Refleksi Diri Seorang Steven Spielberg

4. Saving Private Ryan (1998)

6 Film Arahan Steven Spielberg yang Raih Penghargaan, Borong Oscar!Tom Hanks dalam film Saving Private Ryan (dok. Paramount Pictures/Saving Private Ryan)

Saving Private Ryan jadi film yang sukses merepresentasikan situasi Perang Dunia II. Film ini berlatar perang antara Amerika dan Jerman di Normandy, Prancis.

Film ini bercerita tentang misi pasukan Kapten John H. Miller berperang melawan tentara Jerman. Misi tersebut jadi upaya penyelamatan James Francis Ryan, si bungsu dari empat Ryan bersaudara yang ikut berperang melawan Jerman. Kurangnya informasi menjadikan misi penyelamatan tersebut semakin berbahaya dan dipenuhi nyawa yang melayang.

Film ini mendapatkan keuntungan hingga 485 juta dolar AS dalam perilisannya di seluruh dunia. Spielberg mendapatkan penghargaan sebagai Best Director dari beberapa ajang penghargaan, seperti Academy Award, Empire Award, dan Golden Globe. Film ini juga mendapatkan penghargaan Best Pictures dari 3 acara penghargaan yang berbeda.

5. West Side Story (2021)

6 Film Arahan Steven Spielberg yang Raih Penghargaan, Borong Oscar!adegan dalam film West Side Story (dok. 20th Century Studios/West Side Story

West Side Story adalah drama musikal klasik tahun 1961 yang terinspirasi dari kisah cinta Romeo dan Juliet karya William Shakespeare. Steven Spielberg mengadaptasi drama musikal klasik tersebut dalam versi buatannya yang dirilis pada akhir 2021.

Film ini bercerita tentang kisah Tony dan Maria, dua remaja yang mencintai satu sama lain. Namun, kisah cinta mereka terhalang oleh dua geng berbeda, White Jets dan Puerto Rican Sharks, yang menaungi kehidupan mereka dan telah menjadi rival selama bertahun-tahun. Rivalitas tersebut memicu konflik yang mengancam hubungan Tony-Maria dan nyawa mereka.

West Side Story garapan Spielberg masuk daftar 10 film terbaik di 2021 menurut National Board of Review and The American Film Institute. Meskipun kurang menjual di bioskop, film ini berhasil memborong sejumlah piala dari Golden Globe dan Academy Awards, termasuk Best Musical or Comedy Film dan Best Actress.

6. The Fabelmans (2022)

6 Film Arahan Steven Spielberg yang Raih Penghargaan, Borong Oscar!adegan dalam film The Fabelmans (dok. Universal Pictures/The Fabelmans)

The Fabelmans adalah film semi-autobiografi yang diadaptasi dari kehidupan Spielberg saat remaja pasca Perang Dunia II di Arizona. Melalui karakter fiksi Sammy Fabelman, Spielberg menceritakan kisahnya saat menginjak tahun pertama kehidupannya sebagai sutradara.

Sammy Fabelman dikisahkan sebagai seorang filmmaker yang penuh semangat dan senang mempelajari dunia film. Ia belajar bagaimana sebuah film mampu membantunya melihat kenyataan keluarganya yang ternyata tidak baik-baik saja. Film ini didedikasikan Spielberg untuk mengenang kedua orang tuanya, Arnold Spielberg dan Leah Adler.

The Fabelmans ditayangkan pertama kali di Toronto International Film Festival (TIFF) pada 10 September 2022. Film ini langsung memenangkan People's Choice Award di festival tersebut.

The Fabelmans juga mendapatkan kesempatan untuk mengadakan limited theatrical release di Amerika Serikat pada 11 November 2022 sebelum tayang secara global pada 23 November 2022. Kamu sudah nonton?

Meskipun berhasil membuat banyak film yang memenangkan banyak penghargaan, Spielberg pernah ditolak tiga kali oleh University of Southern California School of Theater, Film, and Television. Pengalaman pahit tersebut merupakan salah satu pendukung kesuksesan Spielberg.

Namun, dia tidak menyerah dengan penolakan dan terus-menerus membuat film hingga karya pertamanya tayang di layar kaca, keren! Nah, dari keenam film yang udah dibahas tadi, kamu sudah nonton yang mana aja, nih?

Baca Juga: 6 Film yang Tayang Perdana di TIFF 2022, Ada Karya Steven Spielberg

Santo Hamada Photo Verified Writer Santo Hamada

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya