Comscore Tracker

Lirik Lagu Bendera Merah Putih Ciptaan Ibu Sud Beserta Maknanya

Diciptakan untuk menumbuhkan kebanggaan terhadap Merah Putih

"Bendera Merah Putih" merupakan salah satu lagu wajib nasional yang diajarkan di sekolah. Meskipun singkat, lagu ciptaan Ibu Sud atau Saridjah Niung ini sarat akan nilai nasionalisme.

Lagu ini secara khusus digubah guna menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap simbol negara Indonesia, yakni sang saka Merah Putih. Nah, berikut ini adalah lirik lagu "Bendera Merah Putih" beserta maknanya. Yuk, simak informasinya!

Lirik lagu 'Bendera Merah Putih'

https://www.youtube.com/embed/ed1OY_hgDjg

Bendera merah putih
Bendera tanah airku
Gagah dan jernih tampak warnamu
Berkibarlah di langit yang biru
Bendera merah putih
Bendera bangsaku

Bendera merah putih
Pelambang berani dan suci
Siap selalu kami berbakti
Untuk bangsa dan Ibu Pertiwi
Bendera merah putih
Terimalah salamku

Baca Juga: Cara Pasang Bendera Merah Putih yang Benar, Gak Boleh Asal-asalan!

Makna lagu 'Bendera Merah Putih'

Lirik Lagu Bendera Merah Putih Ciptaan Ibu Sud Beserta Maknanyailustrasi Pengibaran Bendera Merah Putih (ANTARA FOTO/Abriawan Abhe)

Makna utama di balik setiap lirik lagu "Bendera Merah Putih" adalah penumbuhan rasa bangga dan kecintaan terhadap sang saka Merah Putih. Lagu tersebut bukanlah semata-mata sebuah pengagungan terhadap secarik bendera.

Lebih dari itu, "Bendera Merah Putih" menjadi pengingat akan perjuangan para pahlawan yang telah gugur supaya bendera merah putih, yang merupakan simbol negara, dapat bebas berkibar di langit biru Indonesia.

Itulah mengapa, lewat gubahan Ibu Sud ini, diharapkan anak-anak Indonesia juga memiliki jiwa nasionalisme dan rasa bangga yang tinggi terhadap bendera merah putih.

Apabila rasa cinta dan bangga tersebut telah tersemat dalam hati para muda-mudi, maka otomatis mereka akan semangat dan senantiasa berusaha untuk menjaga kibaran sang saka Merah Putih di langit Indonesia. Hal ini seperti yang tergambarkan pada lirik:

...
Siap selalu kami berbakti
Untuk bangsa dan Ibu Pertiwi
...

Jadi, di samping menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap merah putih, lagu "Bendera Merah Putih" juga berusaha untuk membangkitkan semangat para anak-anak Indonesia untuk membela Tanah Airnya.

Profil singkat Ibu Sud

Lirik Lagu Bendera Merah Putih Ciptaan Ibu Sud Beserta MaknanyaIbu Sud (Instagram.com/evan.historian)

Lahir dengan nama Saridjah Niung, Ibu Sud (1908–1993) merupakan salah satu musisi legendaris asal Indonesia. Dirinya dikenal sebagai Ibu Sud setelah menikah dengan seorang pengusaha bernama Raden Bintang Soedibjo pada 1927.

Sejak kecil, Saridjah sudah menunjukkan talentanya di bidang seni musik. Ini lantas menarik perhatian Prof. Dr. J.F. Kramer, seorang Indo-Belanda yang merupakan atasan ayah Ibu Sud, Mohamad Niung.

Singkat cerita, Saridjah kecil diangkat menjadi anak J.F. Kramer. Si putri bungsu dari 12 bersaudara tersebut kemudian mengenyam pendidikan di Hoogere Kweek School untuk mendalami ilmu di bidang seni suara dan musik. Setelah lulus dari sana, ia pun mengajar di Sekolah Hindia Belanda (HIS).

Awal mula karier Ibu Sud sebagai pencipta lagu adalah ketika dirinya merasa prihatin dengan anak-anak Indonesia yang tampak kurang bahagia. Dari situ, tebersit di pikirannya untuk menciptakan lagu anak-anak yang bernuansa ceria.

Namun, bukan hanya mengusung tema anak-anak saja, sang musisi legendaris juga mendapatkan inspirasi lagu dari nilai-nilai nasionalisme dan peristiwa heroik kemerdekaan.

Karier Ibu Sud sebagai pencipta lagu terus berlanjut hingga Indonesia meraih kemerdekaan. Itu sebabnya, ia dikenal sebagai musisi tiga zaman, yaitu zaman Belanda, zaman Jepang, dan zaman Kemerdekaan.

Kontribusinya dalam permusikan Indonesia lantas membuat Ibu Sud dianugerahi gelar kehormatan "Satyalencana Kebudayaan" oleh pemerintah Indonesia.

Selain "Bendera Merah Putih", ada banyak lagi lagu wajib maupun anak-anak yang digubah oleh Ibu Sud. Beberapa di antaranya adalah:

  • "Tanah Airku",
  • "Indonesia Tumpah Darahku",
  • "Himne Kemerdekaan",
  • "Naik-Naik ke Puncak Gunung",
  • "Kupu-kupu yang Lucu",
  • "Desaku",
  • "Menanam Jagung",
  • "Naik Delman",
  • "Tik Tik Bunyi Hujan", dan lainnya

Itulah lirik lagu "Bendera Merah Putih" ciptaan Ibu Sud beserta maknanya. Semoga informasi tadi menambah wawasanmu, ya!

Baca Juga: Lirik Lagu Garuda Pancasila, Lagu Wajib Nasional Ciptaan Sudharnoto

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Zahrotustianah
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya