Comscore Tracker

7 Film Gangster Terkeren Sepanjang Masa yang Sayang untuk Dilewatkan

Wajib kamu tonton di akhir pekan nanti

Kalian pasti bertanya-tanya, mengapa film gangster selalu terlihat keren. Pada puncak popularitasnya di tahun 1930-an, tepat saat perilisan Scarface, Little Caesar dan Angels with Dirty Faces, kejahatan yang ditampilkan di layar lebar sangat relevan dengan keadaan Amerika Serikat saat itu, di mana kasus kejahatan yang dipimpin oleh Al Capone merajarela.

Namun, meskipun citra klasik gangster sangat lekat dengan mafia New York, gangster juga eksis dengan tampilan yang berbeda di seluruh dunia, mulai dari gangster Eastend Cockney hingga Yakuza Jepang dan Triad Cina. Beberapa film gangster juga tidak selalu dikotomis seperti "hukum itu baik dan penjahat itu jahat."

Dari sekian banyak film gangster, artikel ini akan coba merangkum beberapa film yang paling keren. Tanpa harus menaruh film-film arahan Martin Scorsese atau film-film yang dibintangi oleh Al Pacino, berikut 7 rekomendasi film gangster terkeren untukmu.

1. King of New York (1990)

https://www.youtube.com/embed/z4bprq-BYi0

Bisi dibilang kalau King of New York adalah film Abel Ferrara yang paling sukses. Dibintangi oleh Christopher Walken, film ini menceritakan Frank White, mantan raja narkoba yang baru dibebaskan dari penjara. Setelah bebas, ia bertekad untuk membasmi semua pesaingnya dan menggunakan hartanya untuk membangun daerah termiskin di New York.

Ferrara menyadari kalau Robin Hood adalah sosok gangster terbesar dalam sejarah karena dia mencuri, menipu, dan membunuh demi tujuan yang baik. Singkatnya, King of New York adalah film gangster sosialis pertama. Tidak ada "orang baik" atau "orang jahat" di dalam film ini, karena terkadang polisi pun bisa lebih jahat dari para gangster.

2. Miller's Crossing (1990)

https://www.youtube.com/embed/3NQ9jXu-Dlw

Disutradai oleh duo Joel dan Ethan Coen, Miller Crossing berfokus pada kisah dua bos gangster yang hidup di era Pelarangan di Amerika. Sebelum sukses lewat Fargo dan No Country for Old Men, Coen bersaudara sudah membuktikan kehebatan mereka di film ini.

Dalam Miller's Crossing, mereka berhasil memadukan kebrutalan ala gangster dengan humor gelap yang cerdik—sesuatu yang khas dari filmografi mereka.

3. Hard Boiled (1992) 

https://www.youtube.com/embed/SqMPzcGQJzA

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, film gangster tidak harus berlatar di Kota New York. Dalam Hard Boiled, sutradara John Woo berhasil menyajikan nuansa gangster Hong Kong, lengkap dengan aksi balas dendam yang dibawakan dengan apik oleh Chow Yun-fat.

Meskipun karier John Woo di Hollywood tidak sukses seperti sutradara lainnya, kita semua pasti setuju kalau film gangster Hong Kong ini adalah salah satu mahakaryanya.

Baca Juga: Spesialis Film Action, 9 Film Jason Statham yang Sayang Dilewatkan

4. Reservoir Dogs (1992)

https://www.youtube.com/embed/vayksn4Y93A

Quentin Tarantino langsung mendapat perhatian lewat film debutnya ini. Dibintangi oleh Harvey Keitel, Steve Buscemi, Tim Roth, dan Tarantino sendiri, Reservoir Dogs langsung menjadi sensasi di Hollywood, terutama karena adegan berdarah-darah yang nantinya akan menjadi ciri khas dalam film-film Tarantino selanjutnya.

Entah apakah kalian menyukai atau membenci film-filmnya, nyatanya Tarantino telah memengaruhi budaya populer sejak membawa Reservoir Dogs ke dunia perfilman.

5. Sexy Beast (2000) 

https://www.youtube.com/embed/e9yAeY6t-ro

Menyusul popularitas Lock, Stock, dan Two Smoking Barrels yang disutradai oleh Guy Ritchie, minat terhadap film gangster British Cockney juga ikut melonjak tajam. Sexy Beast adalah salah satu film yang menjadi wajah dari kesuksesan genre itu di tahun 2000-an.

Dibintangi oleh Sir Ben Kingsley, Ray Winstone, dan Ray Winstone, tentunya kalian tidak bisa melewatkan film gangster British satu ini.

6. City of God (2002) 

https://www.youtube.com/embed/dcUOO4Itgmw

Berlatar di Kota Rio De Janeiro, Brasil, film ini dimulai ketika sosok protagonis di dalamnya, Rocket, terjebak di tengah bentrokan antara sekelompok gangster dengan satu skuadron polisi yang bersenjata lengkap. Tidak seperti film lain yang ada di dalam daftar ini, City of God tidak keren karena mengagungkan gaya hidup gangster.

Sebaliknya, film ini menggambarkan kisah tragis dan menyedihkan, yang menceritakan kisah nyata dari perang geng yang terjadi di Rio De Janiero sepanjang tahun 60-an dan 70-an di mana ribuan orang yang tidak bersalah dibunuh dengan kejam.

7. Drive (2010) 

https://www.youtube.com/embed/KBiOF3y1W0Y

Sepertinya klise untuk berpikir kalau film-film Nicolas Winding Refn itu keren, mengingat dirinya yang sering diejek sebagai pembuat "filmbro" karena dedikasinya terhadap film-film remaja. Meski begitu, kita semua pasti setuju kalau Drive adalah film terbaiknya.

Dibintangi oleh Ryan Gosling, Drive mengisahkan seorang pria tanpa nama yang bekerja sebagai stuntman yang merangkap sebagai supir bagi para perampok. Dalam film ini, Gosling berhasil tampil sebagai sosok yang keren. Dia tidak banyak bicara tetapi tetap memancarkan aura yang menakutkan.

Meskipun secara teknis dia adalah seorang penjahat, karakter Gosling selalu melindungi dan memperhatikan orang-orang yang dekat dengannya. Sebagai salah satu film kriminal modern terbaik, kalian wajib menonton Drive setidaknya sekali seumur hidup.

Nah, itu tadi tujuh film gangster terkeren sepanjang masa yang wajib kamu tonton di akhir pekan nanti. Jadi, tertarik untuk menonton semuanya?

Baca Juga: Jika Kamu Suka Film Inception, Ini 7 Rekomendasi Film Untukmu

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"I don't care that they stole my idea. I care that they don't have any of their own." - Tesla // I am a 20% historian, 30% humanist and 50% absurdist // For further reading: linktr.ee/pradshy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya