Comscore Tracker

Jika Kamu Suka Film Inception, Ini 7 Rekomendasi Film Untukmu

Tak kalah seru dari Inception, lho! #IDNTimesHype

Inception adalah salah satu film karya Christopher Nolan yang tidak hanya sukses dari segi pendapatan, tetapi juga dari dari rating dan ulasan. Film ini banyak dipuji karena akting para aktor yang mumpuni, jalan cerita yang segar, visual effect yang keren, dan scoring yang luar biasa keren. Inception termasuk ke dalam salah satu film dengan pendapatan tertinggi pada tahun 2010 dan juga dinobatkan menjadi salah satu film genre sci-fi terbaik yang pernah ada.

Memang tidak banyak film yang se-mind-blowing film ini, namun ada beberapa film yang kualitas atau plot ceritanya mungkin hampir menyamai Inception. Film-film ini menggabungkan imajinasi, akting, dan visual keren untuk menghasilkan film yang tak kalah bagus dari Inception. Penasaran film apa saja? Inilah tujuh rekomendasi film yang bisa kamu saksikan bila kamu menyukai Inception. 

Baca Juga: Tak Terpisahkan, Inilah 6 Film Christopher Nolan Bersama Michael Caine

1. The Matrix (1999)

https://www.youtube.com/embed/m8e-FF8MsqU

Tak perlu diragukan lagi, The Matrix termasuk ke dalam salah satu film sci-fi terbaik sepanjang masa dan sukses mendapatkan dua sekuel yang menyempurnakan trilogi ini. Dengan Keanu Reeves sebagai bintang utama, film ini dimulai ketika seorang peretas bernama Trinity (Carrie Anne Moss) berhasil lolos dari kejaran polisi.

Di sisi lain, seorang hacker berjuluk Neo (Keanu Reeves) terus-menerus mendapaatkan pesan dari sosok misterius, The Matrix. Suatu insidein mempertemukan Trinity dan Neo. Trinity pun mengatakan bahwa ada seseorang yang bisa menjelaskan pesan dari The Matrix.

Morpheus lalu menjelaskan kepada Neo bahwa di abad ke-21, manusia akan berperang melawan mesin-mesin pintar yang telah mereka ciptakan sendiri. Untuk menghadapi situasi tersebut, dibuatlah simulasi bernama The Matrix. Neo, Trinity, dan dibantu pihak lain akhirnya membuat kelompok yang bertujuan meretas The Matrix dan menghentikan perbudakan manusia oleh mesin pintar.

2. Minority Report (2002)

https://www.youtube.com/embed/lG7DGMgfOb8

Minority Report mungkin bukanlah judul film yang akan langsung terlintas di benakmu, namun film bergenre sci-fi ini sangatlah keren dan memiliki alur cerita super seru. Berlatarkan Washington DC di tahun 2054, fokus cerita berada pada John Anderton (Tom Cruise, seorang agen pre-crime, departemen kepolisian khusus yang bertugas menangkap berdasarkan foreknowledge yang disediakan oleh tiga paranormal yang disebut pre-cogs.

Namun, kini diketahui bahwa pre-cogs sebenarnya hanya menghubungkan waktu, nama pembunuh, dan nama korban. Mereka bukanlah paranormal sungguhan. Dari pikiran pre-cogs kemudian dikirimkan gambar kepada Anderton yang melakukan manipulasi antarmuka realitas visual sehingga lebih memudahkan untuk menentukan bagaimana sebuah kasus dapat terjadi.

Ada satu hal yang belum disadari oleh Anderton. Nyatanya, selama ini semua yang dilakukannya diamati dan diketahui oleh Danny Witwer, agen dari Departemen Kehakiman. Apakah yang selanjutnya terjadi?

3. Shutter Island (2010)

https://www.youtube.com/embed/5iaYLCiq5RM

Selain Christopher Nolan, ada satu lagi sutradara ternama Hollywood yang karyanya juga selalu memukau penonton. Beliau adalah sutradara veteran, Martin Scorsese. Salah satu filmnya yang recommended banget untuk disaksikan adalah Shutter Island yang dibintangi beberapa aktor-aktris populer, seperti Leonardo DiCaprio, Mark Ruffalo, Ben Kingsley, and Michelle Williams. 

Pada tahun 1954, seorang perwira polisi Amerika bernama Teddy Daniels (Leonardo DiCaprio) ditugaskan menyelidiki hilangnya pasien Rumah Sakit Ashecliffe di Pulau Shutter bernama Rachel Solando. Dia pergi ke sana untuk menyelidik bersama rekannya yang bernama Chuck Aule (Mark Ruffalo). Namun, Teddy kesulitan untuk melakukan penyelidikan karena manajemen fasilitas Federal tersebut menghambat penyelidikannya. 

Setelah insiden badai menyerang pulau, Teddy pun mencoba mewawancarai beberapa orang di sana. Saat itulah Teddy akhirnya menemukan rahasia Pulau Shutter.

4. Edge of Tomorrow (2014)

https://www.youtube.com/embed/vw61gCe2oqI

Edge of Tomorrow adalah film sci-fi action yang berlatarkan dunia di masa depansaat Eropa dijajah oleh Alien. Mayor William Cage (Tom Cruise) adalah petugas hubungan masyarakat yang tidak memiliki pengalaman bertempur. Berkat suatu insiden, ia pun terperangkap dalam pusaran waktu yang membuatnya kembali ke hari sebelum ia tewas.

Seiring dengan bertambahnya jumlah pertempuran yang dialami Cage, ia pun semakin terampil menggunakan senjata. Dengan bantuan prajurit Pasukan Khusus, Rita Vrataski (Emily Blunt), keduanya bertarung melawan alien dan tiap pertemuan yang terulang kembali membuat mereka semakin dekat untuk mengalahkan para alien.

5. Interstellar (2014)

https://www.youtube.com/embed/zSWdZVtXT7E

Semua film Christopher Nolan berkualitas tinggi dan mendapatkan respons yang sangat positif. Namun, jika kamu menyukai film sci-fi seperti Inception, ada Interstellar yang juga bisa kamu saksikan.

Interstellar mengisahkan bumi di masa depan yang tidak lagi dapat dihuni. Makhluk hidup perlahan punah, termasuk tanaman yang saatu-persatu mulai tidak bisa dimakan lagi. Kala itu, hanya jagung saja yang masih aman dikonsumsi manusia.

NASA kemudian merencanakan misi ke luar angka untuk mencari planet baru yang dapat menggantikan bumi sebagai tempat tinggal manusia. Tim yang dibentuk NASA ini terdiri atas Cooper (Matthew McChoughney) bersama dengan timnya Amelia Brand (Anne Hathaway), Doyle (Wes Bentley), dan Romily (David Gyasi). 

Misi luar angkasa ini membuat Cooper terpaksa meninggalkan anaknya, Murph. Namun, Cooper berjanji bahwa suatu saat dirinya akan kembali dan akan membawa serta Murph dan manusia lain untuk pindah ke planet lain yang lebih baik. Berhasilkan Cooper menepati janji ini?

6. Transcendence (2014)

https://www.youtube.com/embed/VCTen3-B8GU

Transcendence mengisahkan ilmuwan terkemuka yang berfokus di bidang kecerdasan buatan bernama Dr. Will Caster (Johnny Depp). Ia tengah menciptakan mesin kehidupan yang dapat menggabungkan kecerdasan kolektif dengan berbagai emosi manusia.

Untuk membantunya, Dr. Will dibantu oleh istrinya, Evelyn Caster (Rebecca Hall) dan sahabatnya, Dr. Max Waters (Paul Bettany). Dari sekian banyak eksperimen yang sudah dibuatnya, ada satu eksperimen yang sangat kontroversial.

Eksperimen tersebut membuatnya menjadi target utama kelompok teroris anti-teknologi bernama Revolutionary Independence From Technology (RIFT). Ia dan timnya diserang oleh RIFT dan berakhir dengan dirinya ditembak dengan peluru radioaktif. Namun, berkebalikan dari yang diharapkan, Dr. Will justru menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Penasaran dengan kisah selengkapnya?

7. Tenet (2020)

https://www.youtube.com/embed/AZGcmvrTX9M

Christopher Nolan sekali lagi memproduksi film dengan plot cerita yang seperti "mempermainkan" waktu, bahkan melebihi film terdahulunya, Inception. Tenet menceritakan seorang agen mata-mata, Protagonist (John David Washington) yang ditugaskan untuk menyelidiki Andrei Sator (Kenneth Branagh) yang dipercaya memiliki alat yang dapat mengakibatkan kiamat terjadi. Namun, kiamat di film ini bukan disebabkan oleh ledakan atau bencana lama, melainkan diputarbalikkannya alur waktu alias Time Inversion.

Dengan bantuan agen divisi khusus CIA bernama Nat (Robert Pattinso) mereka pun merancang rencana penyerbuan untuk mengambil alat dari penyimpanan Andrei. Sayangnya Sator bukan penjahat biasa. Berbekal pengetahuan yang dimilikinya dan kemampuannya melakukan time inversion, Sator dapat melakukan banyak hal dan mempermainkan banyak orang.

Hal ini tentunya membuat tindakan Sator menjadi sulit ditebak. Ia akan selalu selangkah lebih maju dibangingkan para agen. Mau tak mau, The Protagonist pun harus melawannya dengan cara ikut bermain di ranah yang sama.

 

Nah, inilah tujuh film yang cocok untuk disaksikan bila kamu penggemar film Christopher Nolan, Inception. Sama seperti Inception, film-film di atas memiliki jalan cerita luar biasa yang cukup memusingkan. Namun, di bagian akhir, kamu akan dibuat terpukau dengan plot twist tidak terduga. Apa kamu tertarik menyaksikan film-film ini?

Baca Juga: 7 Film Sci-Fi Terbaik yang Rilis di Tahun 2020, Ada Tenet!

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya