Comscore Tracker

10 Potret Perjalanan Lee Hi, Solois R&B Korea yang Cute Abis!

Hiatus lama, Lee Hi pastikan comeback dalam waktu dekat

Setelah tiga tahun tidak mengeluarkan single ataupun album, akhirnya Lee Hi siap kembali menyapa para penggemarnya. Penyanyi asal Korea Selatan ini memiliki warna suara yang kuat, yang mampu merebut hati banyak orang.

Selain Yang Hyun Suk, beberapa penyanyi Korea Selatan pun secara terbuka memberikan pujian kepada Lee Hi, seperti Dean, Tablo dari Epik High, Jonghyun dari SHINEE, dan Taeyeon dari Girls Generation. Bahkan Jonghyun SHINEE memberikan lagu Breathe untuk Lee Hi, yang sukses diminati para pecinta musik.

Dari imej yang imut hingga dewasa, ini 10 potret perjalanan Lee Hi.

1. Lee Hi memulai kariernya dengan mengikuti program audisi KPop Star di tahun 2011

10 Potret Perjalanan Lee Hi, Solois R&B Korea yang Cute Abis!facebook.com/pg/OfficialLEEHI/

Menjadi juri di program audisi ini, Yang Hyun Suk melihat potensi Lee Ha Yi, pelajar berusia 16 tahun dengan suara yang kuat bak Adele. Menyanyikan lagu Bust Your Windows milik Jazmine Sullivan.

Lee Ha Yi tidak hanya memikat sang presiden YG Entertainment, namun juga juri lainnya, seperti Park Jin Young dari JYP Entertainment dan BoA dari SM Entertainment. Pada saat audisi, Lee Ha Yi mengungkapkan mimpinya untuk menjadi penyanyi yang sempurna seperti Beyonce. Tak hanya bernyanyi, Lee Ha Yi juga mencoba menarikan lagu I am the Best milik 2NE1.

Ini video Lee Ha Yi kalau audisi pertama kali untuk KPop Star.

https://www.youtube.com/embed/-f_tcukFXrs

2. Sukses meraih gelar runner up di program tersebut, Lee Hi resmi gabung di YG Entertainment

10 Potret Perjalanan Lee Hi, Solois R&B Korea yang Cute Abis!facebook.com/pg/OfficialLEEHI/

Menyanyikan lagu Rolling in the Deep milik Adele, Lee Ha Yi sukses meraih juara runner up di KPop Star season 1. Suaranya yang sangat R&B dianggap cocok dengan imej perusahaannya, Yang Hyun Suk mengajak Lee Ha Yi untuk melakukan debut dan menandatangani kontrak eksklusif dengan YG Entertainment.

Selama mempersiapkan debutnya sebagai solois, Lee Ha Yi pernah berkolaborasi dengan Epik High di lagu berjudul It's Cold dan tampil memukau di Mnet Asian Music Awards 2012.

3. Lagu debutnya berjudul 1, 2, 3, 4 yang rilis tahun 2012 ini sukses menjadikan Lee Hi sebagai solois idaman

10 Potret Perjalanan Lee Hi, Solois R&B Korea yang Cute Abis!facebook.com/pg/OfficialLEEHI/

Pada tahun 2012, Lee Ha Yi menggunakan nama panggung Lee Hi dan mengeluarkan single debutnya yang berjudul 1, 2, 3, 4. Lagu yang diproduksi oleh Masta Wu, Choice37, dan Lydia Paek ini sukses mendominasi tangga lagu di Korea Selatan selama tiga minggu dan membuat Lee Hi sebagai artis pendatang baru yang diminati oleh banyak musisi.

Bagaimana tidak, Lee Hi memiliki warna suara R&B yang kuat, yang tidak hanya cocok untuk musik bertempo namun juga soulful ballad.

4. Mengeluarkan album First Love di tahun 2013, ada lagu duetnya dengan Jennie BLACKPINK juga lho!

10 Potret Perjalanan Lee Hi, Solois R&B Korea yang Cute Abis!facebook.com/pg/OfficialLEEHI/

Pada tahun 2013, YG Entertainment merilils mini album pertama Lee Hi, First Love. Mini album yang terdiri dari lima lagu ini sukses menampilkan kemampuan Lee Hi dalam bermusik. Bahkan, ia juga memamerkan kemampuan rap-nya di album ini lho!

Lagu utama yang berjudul It's Over dan Rose sukses memuncaki tangga lagu Korea Selatan sesaat setelah satu jam dirilis. Memiliki konsep yang bertolak belakang, It's Over mampu memancarkan sisi playful dan muda dari Lee Hi.

Sementara Rose memancarkan sisi gelap dan misterius dari Lee Hi. Di album ini, Lee Hi juga berkolaborasi dengan Jennie BLACKPINK dalam lagu Special lho!

Baca Juga: Punya Husky Voice, Ini 6 Lagu yang Dinyanyikan Lee Hi

5. Selain Epik High, Lee Hi juga beberapa kali berduet dengan seniornya seperti G-Dragon dan 2NE1

10 Potret Perjalanan Lee Hi, Solois R&B Korea yang Cute Abis!oh-dara.com

Mengaku ngefans berat dengan G-Dragon dan CL. Lee Hi mengaku sangat mengagumi G-Dragon dan CL karena penampilannya yang selalu keren dan totalitas. G-Dragon pernah mengajak Lee Hi untuk menjadi tamu di konsernya dan menyanyikan lagu Without You.

Lee Hi juga pernah melakukan kolaborasi dengan CL, membawakan lagu Rose di SBSInkigayo dan beberapa kali duet dengan grup 2NE1 di konser YG Family. So cute!

6. Membentuk sub-unit HI SUHYUN dengan Lee Suhyun AKMU, Lee Hi berusaha merebut hati Bobby IKON di I'm Different

10 Potret Perjalanan Lee Hi, Solois R&B Korea yang Cute Abis!soompi.com

Pada tahun 2014, YG Entertainment membentuk sub-unit HI SUHYUN yang beranggotakan Lee Hi dan Lee Suhyun dari Akdong Musician, yang juga merupakan lulusan dari program KPop Star. Menggandeng Bobby IKON, HI SUHYUN merilis single berjudul I'm Different.

Memiliki warna suara yang berbeda, HI SUHYUN mampu memberikan harmoni yang indah dalam lagu tersebut. Ditambah alur cerita video klip yang menggemaskan, HI SUHYUN menjadi angin segar bagi para pecinta KPop.

Mereka juga menggandeng Jisoo BLACKPINK sebagai bintang video klipnya lho!

7. Diproduseri oleh Tablo Epik High, Lee Hi merilis dua mini album yang berjudul Seoulite pada tahun 2016

10 Potret Perjalanan Lee Hi, Solois R&B Korea yang Cute Abis!kpopconcerts.com/

Pada tahun 2016, Lee Hi mengeluarkan dua mini album dengan judul sama, Seoulite. Mini album pertama terdiri dari empat lagu, dua di antaranya ia berkolaborasi dengan rapper Dok2 dan Incredivle.

Lagu utamanya, Breathe merupakan lagu yang ditulis oleh mendiang Jonghyun, vokalis utama grup SHINee. Lagu ini juga sukses memuncaki tangga lagu di beberapa negara. Di mini album keduanya, Lee Hi merilis enam album dengan My Star sebagai lagu utamanya.

Bersama ONE, rapper YG Entertainment, Lee Hi merilis video klip lagu tersebut dengan konsep yang girly dan menggemaskan.

8. Meski belum lagi merilis album, Lee Hi tetap sapa penggemar melalui media sosial dan kolaborasi dengan Code Kunst

10 Potret Perjalanan Lee Hi, Solois R&B Korea yang Cute Abis!atkmagazine.com

Sejak tahun 2016, Lee Hi memang belum lagi mengeluarkan single atau album. Tidak ada yang tahu pasti alasannya, tetapi Lee Hi tetap terus berkarya. Bersama Code Kunst, produser musik dari AOMG, Lee Hi mengeluarkan single X di tahun 2017.

Disusul lagu XI yang rilis pada awal tahun ini. Meskipun bukan single atau album milik Lee Hi, namun rasa rindu fans tetap terobati dengan rilisnya dua lagu itu. Lee Hi juga seringkali tampil di festival musik, baik di Korea Selatan maupun luar negeri.

Pada tahun 2018, Lee Hi secara mengejutkan tampil bersama Code Kunst di festival SXSW di Austin, Texas, Amerika Serikat. 

9. Pada tanggal 20 Mei, YG Entertainment secara misterius memposting foto Lee Hi dengan tulisan Coming Soon

10 Potret Perjalanan Lee Hi, Solois R&B Korea yang Cute Abis!yg-life.com

Presiden direktur YG Entertainment, Yang Hyun Suk, pernah membocorkan informasi kepada para fans, bahwa Lee Hi akan melakukan dua kali comeback di tahun ini. Tentu fans sangat bahagia mendengar kabar ini. Ditambah dengan foto misterius yang diposting kemarin, fans tidak sabar menantikan karya terbaru dari Lee Hi. Kamu penasaran juga kan?

Baca Juga: Mengenal 7 Anggota 'Treasure', Boygroup Baru YG Entertainment

Sheila Astari Photo Community Writer Sheila Astari

A girl with an enormous love for coffee, earphone, and Chandler Bing.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You