16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga Adele

Ada lagu dari NIKI, Taylor Swift, bahkan Harry Styles

Sedih atau galau gak melulu tentang cinta, tapi bisa juga karena beberapa hal yang terjadi dalam kehidupan, seperti pekerjaan, keluarga, dan lain sebagainya. Tak dimungkiri, lagu-lagu galau jadi salah satu lagu yang disukai oleh banyak orang.

Pasalnya, lagu galau bisa jadi teman yang pas di saat sedang sedih atau bahkan sekadar hanya ingin galau tanpa alasan. Melalui lirik-liriknya yang mendalam dan melodi yang menyentuh hati, lagu galau barat tak jarang membuat kita mengalami mixed feelings.

Banyak lagu galau barat yang viral dan relatable dengan perjalanan hidup. Tanpa perlu basa-basi, berikut rekomendasi lagu galau barat yang bisa kamu masukkan ke playlist!

1. Vampire - Olivia Rodrigo

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga Adelecover album GUTS (Instagram/oliviarodrigo)

Makna di balik lagu Vampire mengisahkan tentang pengalaman seorang perempuan yang terus-menerus dikhianati oleh kekasihnya. Ternyata, kisah ini merupakan kisah yang memang dialami oleh Olivia Rodrigo.

You said it was true love, but wouldn't that be hard?
You can't love anyone, 'cause that would mean you had a heart
I tried you help you out, now I know that I can't
'Cause how you think's the kind of thing I'll never understand

Penggalan lirik tersebut menggambarkan perasaan bingung dan ketidakpastian dalam hubungan yang mungkin awalnya dianggap sebagai cinta sejati, tetapi kemudian meragukan kejujurannya karena perasaan yang mendalam belum terwujud atau mungkin tidak ada sama sekali dalam pasangan tersebut.

2. Never Felt So Alone - Labrinth

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga AdeleLabrinth (instagram.com/labrinth)

Lagu Never Felt So Alone menggambarkan situasi seseorang yang menolak untuk mengakui bahwa mereka sedang merasa kesepian, meskipun sebenarnya perasaan kesepian itu sangat kuat. Hal tersebut tercermin dalam penggalan lirik di bawah ini.

I thought you were my new best friend
Wish I knew better then
Who knew you were just out to get me?
My whole world just fell apart

3. Let Me Go - Daniel Caesar

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga AdeleDaniel Caesar di We The Dest 2023 (dok. Pribadi/Ines Melia)

I'm not afraid of manipulation
You're stuck in your ways
I run out of patience
You're lying when you tell me that you won't be fine

Melalui penggalan lirik tersebut, dapat dikatakan bahwa lagu Let Me Go memiliki makna mendalam terkait konflik dalam hubungan asmara di kehidupan nyata. Lirik tersebut menceritakan kisah tentang seorang pria yang telah mencapai titik kehabisan kesabarannya ketika berhadapan dengan perilaku manipulatif pasangannya.

Sehingga, dengan penuh tekad, seseorang tersebut mencoba untuk segera mengakhiri hubungan yang toxic tersebut.

4. Backburner - NIKI

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga AdeleNiki Zefanya (instagram.com/nikizefanya)

Lagu Backburner merupakan salah satu track dalam album terbaru NIKI yang dirilis pada tahun 2022 dengan judul Nicole. Lagu ini menggambarkan kisah seseorang yang tidak pernah menjadi prioritas bagi kekasihnya. Meskipun sering kali disakiti, ia tetap memilih untuk bertahan dalam hubungan tersebut.

Backburner merujuk pada seseorang yang menjadi pilihan cadangan dalam hubungan orang lain yang tengah berada dalam suatu hubungan. Ketika hubungan utama tidak berjalan dengan baik, individu tersebut sering kali bisa dengan cepat menemukan pasangan baru setelah mengakhiri hubungan yang sedang dijalani.

Hal tersebut tercermin dalam lirik yang terdapat di akhir lagu, yakni "Oh, and I know that it’s sad I settle for the backburner."

5. Matilda - Harry Styles

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga AdeleHarry Styles (instagram.com/harrystyles)

Lagu Matilda yang dinyanyikan Harry Styles adalah lagu yang menceritakan sebuah kisah sedih tentang perasaan sakit hati yang mungkin dirasakan karena keluarga dan trauma masa kecil. Seperti tercermin dalam penggalan lirik di bawah ini,

You don’t have to be sorry for leavin’ and growin’ up, mmhm
Matilda, you talk of the pain like it’s all alright
But I know that you feel like a piece of you’s dead inside

Baca Juga: 80 Rekomendasi Lagu Galau TikTok dari Berbagai Negara

6. August - Taylor Swift

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga AdeleTaylor Swift: The Eras Tour (dok. Taylor Swift Productions/Taylor Swift: The Eras Tour)

Lagu August oleh Taylor Swift adalah salah satu lagu dari album Folklore yang dirilis pada tahun 2020 dan masih tetap populer di kalangan penggemarnya hingga sekarang. Lagu ini menceritakan tentang kisah cinta rahasia antara sepasang kekasih yang menjalani hubungan di luar pengetahuan publik atau yang biasa disebut sebagai hubungan yang tersembunyi.

Kisah tersebut tercermin melalui penggalan lirik di bawah ini.

But I can see us lost in the memory
August slipped away into a moment in time
'Cause it was never mine
And I can see us twisted in bedsheets
August sipped away like a bottle of wine
'Cause you were never mine

7. Ghost - Justin Bieber

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga AdeleJustin Bieber (Instagram.com/justinbieber)

Lirik lagu Ghost oleh Justin Bieber menggambarkan perasaan kehilangan dan rindu yang mendalam terhadap seseorang yang telah pergi atau mengakhiri hubungan. Lagu ini menciptakan gambaran tentang seseorang yang merasa hampa dan kesepian setelah kehilangan orang yang mereka cintai.

Since the love that you left is all that I get
I want you to know that if I can't be close to you
I settle for the ghost of you
I miss you more than life (more than life)

Penggalan lirik di atas mengungkapkan bahwa jika seseorang tidak dapat berada dekat dengan orang yang mereka cintai, mereka harus puas dengan bayangan atau kenangan tentang mereka. Meskipun kenangan itu bisa menjadi bentuk ekstasi, mereka tetap merindukan kehadiran fisik pasangan tersebut.

8. We Were Never Really Friends - Bruno Major

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga AdeleBruno Major saat membuka penampilannya di Mola Chill Fridays (Dok. Mola)

Lagu We Were Never Really Friends oleh Bruno Major mengisahkan sebuah hubungan yang awalnya mungkin dianggap sebagai persahabatan, tetapi akhirnya berubah menjadi sesuatu yang lebih kompleks dan ambigu.

You gave me an ultimatum, you said verbatim
'If you want me, take it all, or you'll never see my face again,
Guess I'll never see your face again,
cause we were never really friends.

Penggalan lirik di atas menyiratkan bahwa salah satu pihak memberikan ultimatum, menuntut komitmen total, sementara yang lain mungkin tidak siap atau tidak mau memberikan itu. Pada akhirnya, konflik ini mengarah pada keputusan untuk mengakhiri hubungan.

9. About You - The 1975

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga Adelethe 1975. (instagram.com/the1975)

Lirik lagu About You oleh The 1975 menggambarkan perasaan seseorang yang tak pernah melupakan seseorang yang pernah dicintai di masa lalu. Lagu ini merujuk pada kenangan dan perasaan terhadap orang yang telah meninggalkan kesan yang mendalam dalam hidupnya.

There was something 'bout you that now I can't remember
It's the same damn thing that made my heart surrender
And I miss you on a train, I miss you in the morning
I never know what to think about

Melalui penggalan lirik tersebut, tandanya ada sesuatu tentang orang tersebut yang sulit untuk dilupakan, sesuatu yang membuat hati penulis lagu menyerah. Mereka merindukan orang tersebut bahkan saat melihat pemandangan atau dalam momen-momen sehari-hari.

10. Alonica - LANY

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga AdeleLANY dengan format stripped (Dok. Mola)

Alonica adalah lagu yang dirilis oleh LANY pada tanggal 7 Juli 2023. Produser lagu ini adalah Mike Crossey dan lagu ini merupakan trek ke-12 dalam album I Really Really Hope So.

Lagu ini mengisahkan pengalaman seseorang saat berada di suatu tempat yang memberikan kenyamanan dan membantu mereka menemukan diri mereka sendiri. Tempat ini menghilangkan rasa sepi dan membuat mereka merasa penuh, mengubah kehidupan mereka menjadi lebih baik.

11. Easy On Me - Adele

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga AdeleAdele (instagram.com/adele)

Lagu Easy on Me menggambarkan pengalaman Adele untuk menjaga hubungannya dengan Simon Konecki yang pada akhirnya tidak dapat diselamatkan dan pada tahun 2019 keduanya bercerai.

Lagu ini bermakna tentang perjuangan cinta seseorang yang merasa kurang dihargai oleh pasangannya, dan harapannya adalah agar pasangannya bisa memahami perasaannya. Selain itu, lagu ini juga menggambarkan pengalaman perceraian, serta pesan kepada anak mereka yang juga terdampak oleh perpisahan kedua orang tuanya.

12. Someone To Stay - Voncover Sleep Clinic

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga Adeleilustrasi galau (unsplash.com/Jeremy Bishop)

Someone To Stay adalah salah satu lagu yang telah mendapatkan banyak perhatian. Lagu ini menceritakan tentang seseorang yang merasa memerlukan dukungan dari orang lain saat mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya.

Mereka berharap bahwa kehadiran seseorang yang peduli dapat memberikan kekuatan dan dukungan yang diperlukan untuk mengatasi berbagai tantangan dalam kehidupan. Hal tersebut tercermin melalui penggalan lirik berikut ini.

We all need someone to stay
Hear you falling and lonely, cry out
Will you fix me up? Will you show me hope?
The end of the day, I'm helpless
Can you keep me close? Can you love me most?

13. Mother - Meghan Trainor

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga AdeleMeghan Trainor (instagram.com/meghan_trainor)

Meghan Trainor, penyanyi yang lahir di Nantucket, Massachusetts, Amerika Serikat, pada 22 Desember 1993, sempat membagikan cerita di balik penciptaan lagu Mother. Ia mengungkap bahwa lagu ini ditujukan kepada para pria yang meremehkan dan merendahkan perempuan.

Lirik lagunya mencerminkan pesan bahwa perempuan ingin dihormati dan didengarkan, tanpa perlu dijelaskan atau dinilai oleh pria. Meghan Trainor mengemukakan bahwa mereka adalah individu yang berhak atas pandangan dan suara mereka sendiri, dan pria tidak memiliki hak untuk memberikan izin atau menilai apakah mereka boleh berbicara.

14. Say Yes To Heaven - Lana Del Rey

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga AdeleLana Del Rey (dok. NME)

Lagu Say Yes to Heaven oleh Lana Del Rey menggambarkan seseorang yang menginginkan orang yang mereka cintai untuk merasa peduli terhadap mereka. Mereka berjanji akan selalu menjaga dan mendukung orang tersebut, bahkan jika suatu saat orang tersebut memutuskan untuk pergi.

Lagu ini tidak mencerminkan perasaan sakit hati atau dendam, melainkan lebih kepada perasaan ketenangan, kepercayaan diri, dan keterbukaan secara positif dalam hubungan. Penyanyi ingin menciptakan ikatan yang kuat dan mendalam dengan orang yang mereka cintai, di mana keduanya merasa dihargai dan diterima apa adanya.

15. How To Cry - Sam Smith

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga AdeleSam Smith dalam konferensi pers virtual album Love Goes (12/10/2020) (Dok. Universal Music)

Lirik lagu How to Cry oleh Sam Smith menggambarkan perasaan seseorang yang merasa terluka dan kecewa dalam hubungannya. Lirik-lirik ini menciptakan gambaran tentang seorang pasangan yang sulit untuk diidentifikasi ketika mereka sedang sedih atau marah, dan yang tidak pernah menunjukkan kerentanannya.

Meskipun penulis lagu dulunya percaya bahwa pasangan mereka bisa berubah, tampaknya pasangan tersebut tetap sama, dan penulis merasa seperti tidak terlihat atau tidak dihargai.

16. Pluto Projector - Rex Orange County

16 Rekomendasi Lagu Galau Barat Paling Populer, dari Niki hingga Adeleinstagram.com/rexorangecounty

Lagu Pluto Projector memiliki makna tentang seseorang yang berusaha untuk lebih memahami pemikiran dan dirinya sendiri. Dia meragukan pilihan-pilihannya, merasa belum matang, dan menghadapi krisis identitas, terutama mengingat usianya yang baru 21 tahun.

What if all this counts for nothing, everything I thought I'd be

Penggalan lirik tersebut mencerminkan ketidakpastian tentang apakah semua yang telah dia rencanakan akan berarti sesuatu atau tidak, dan ketika dia akhirnya menyadari, mungkin sudah terlalu jauh untuk dilihat.

Itulah tadi kumpulan rekomendasi lagu galau barat. Ada lagu favorit kamu gak?

Penulis: Natasya Yolanda

Baca Juga: Lirik Lagu Baddie - IVE dan Terjemahannya, Trending di YouTube

Topik:

  • Sierra Citra
  • Yunisda D

Berita Terkini Lainnya