Comscore Tracker

5 Film Terkenal yang Menyoroti Kehidupan di Hutan Amazon

Seru buat ditonton

Kebakaran yang terjadi Hutan Amazon akhir-akhir ini menjadi sorotan dunia. Orang-orang ramai mengkritik kebijakan para petinggi Brazil hingga membuat hutan ini terbakar. Hutan Amazon terkenal sebagai hutan hujan paling luas di daerah tropis. Hutan ini membentang dari barat laut Brazil hingga Kolombia dan Peru. 

Kepopuleran Hutan Amazon pun membuatnya sering menjadi latar tempat beberapa film ternama. Film-film ini, meski fiksi, berusaha menggambarkan suasana di Hutan Amazon. Berikut 5 film yang mengambil latar belakang di Hutan Amazon:

1. Anaconda (1997)

5 Film Terkenal yang Menyoroti Kehidupan di Hutan Amazonimdb.com

Film ini sangat terkenal pada dekade 1990an karena nama besar pemeran utamanya, Jennifer Lopez. Anaconda bercerita mengenai kru film dokumenter yang mencoba menelusuri jejak sebuah suku di Hutan Amazon. Bukannya mendapat titik terang tentang suku tersebut, mereka justru dikejutkan dengan teror ular anakonda.

Bagi pecinta horor ringan, Anaconda wajib masuk ke dalam daftar tontonan. Cara menakut-nakuti penonton di film ini memang klise, tetapi tetap efektif membuat kita terperanjat.

2. The Lost City of Z

5 Film Terkenal yang Menyoroti Kehidupan di Hutan Amazonimdb.com

The Lost City of Z merupakan film yang diangkat dari kisah nyata seorang petualang asal Inggria bernama Percy Fawcett. Fawcett rela menjelajahi Hutan Amazon bukti-bukti keberadaan suku yang sudah lama dianggap hilang. Penelitian Fawcett sempat menjadi bahan olok-olok peneliti lain meski ia akhirnya tetap berangkat ke Amazon untuk membuktikan penemuannya.

Lewat The Lost City of Z, penonton bisa melihat karakter petualang Fawcett yang disajikan dengan begitu menarik. Alurnya memang lambat, tetapi keputusan sang sutradara untuk mengangkat kisah Fawcett seakurat mungkin patut diacungi jempol.

3. Medicine Man (1992)

5 Film Terkenal yang Menyoroti Kehidupan di Hutan Amazonimdb.com

Medicine Man menguak cerita klise tentang seorang peneliti yang rela pergi ke Hutan Amazon dan tinggal lama di dalam sana. Hal tersebut ia lakukan demi bisa menemukan obat penyembuh kanker. Begitu ia menemukannya, masalah datang setelah penebang ilegal berusaha menghancurkan Hutan Amazon.

Aktor yang sempat berperan sebagai James Bond, Sean Connery, memerankan seorang peneliti bernama Richard Campbell. Ia beradu akting dengan Lorraine Bracco yang awalnya ditugaskan perusahaan farmasi untuk mengecek penelitian Richard tetapi akhirnya justru mulai jatuh cinta dengan sang peneliti.

Baca Juga: Dampaknya Besar untuk Bumi Kita, Kenapa Hutan Hujan Amazon Terbakar?

4. Amazonia (2013)

5 Film Terkenal yang Menyoroti Kehidupan di Hutan Amazonimdb.com

Amazonia bercerita tentang seekor monyet bernama Sai yang dibesarkan dalam sebuah tahanan. Sai terdampar di Hutan Amazon saat pesawat yang membawanya mengalami kecelakaan. Ia selamat dan lalu menelusuri alam liar Hutan Amazon.

Film hasil kerja sama Brasil dan Prancis ini memadukan kisah fiksi dengan cerita edukasi soal ekosisten Hutan Amazon. Penonton dibawa mengikuti petulangan Sai, sekaligus diajarkan mengenai pentingnya menjaga ekosistem hutan.

5. The Emerald Forest (1985)

5 Film Terkenal yang Menyoroti Kehidupan di Hutan Amazonimdb.com

The Emerald Forest menceritakan tentang perjuangan seorang ayah mencari anaknya yang hilang selama 10 tahun. Sang anak sempat hilang karena diculik oleh suku asli Hutan Amazon. Perjuangan sang ayah berhasil meski harus dibayar mahal karena hubungannya dengan sang anak tidak sama lagi. Terpisah selama 10 tahun, sang anak ternyata memilih jalan hidup seperti suku yang membesarkannya dan sempat menolak saat diajak kembali ke sang ayah.

Film ini mendapat pujian karena mampu menggambarkan kompleksnya kehidupan di sekitar Hutan Amazon. The Emerald Forest memang dirilis pada 1985, tetapi masalah dalam film ini masih relevan hingga sekarang.

Kemegahan dan kemisteriusan Hutan Amazon ternyata menghasilkan beragam ide menarik yang melahirkan film-film berkualitas tinggi. Semoga kebakaran Hutan Amazon saat ini juga segera berhenti dan hutan ini bisa kembali seperti sedia kala.

Baca Juga: 5 Artis Tanah Air yang Membintangi Film Hollywood, Keren!

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya