Comscore Tracker

Dilan Masih Memimpin, Inilah 10 Film Indonesia Paling Laris di 2019

Kamu sudah nonton semuanya?

Perkembangan film Indonesia yang semakin pesat didukung oleh jumlah penonton film lokal yang makin meningkat. Selain kualitas dan genre makin maju, banyak penonton mulai aware dan mengapresiasi film karya anak bangsa yang tayang di bioskop ini.

Sebentar lagi ganti tahun, dilansir filmindonesia.or.id, berikut ini adalah 10 daftar film Indonesia dengan penonton terbanyak di 2019. Coba deh kamu cek daftarnya, film kesukaan kamu masuk gak?

10. Preman Pensiun mendapat 1,14 juta penonton

https://www.youtube.com/embed/WnB7YMFsKFI

Film komedi Preman Pensiun gak disangka-sangka bakal masuk sepuluh besar film terlaris. Akan tetapi, film ini nyatanya berhasil mengalahkan berbagai film komedi lainnya yang rilis tahun ini, seperti Orang Kaya Baru dan Ghost Writer. Siapa nih dari kamu yang termasuk dalam 1,14 juta penonton ini?

9. Bumi Manusia mendapat 1,31 juta penonton

https://www.youtube.com/embed/2BYJaVz_wpM

Diperankan oleh Iqbaal Ramadhan, film yang diangkat dari buku karya penulis legendaris Pramoedya Ananta Toer ini berhasil menduduki peringkat kesembilan. Di film ini juga, Mawar Eva de Jongh semakin dikenal dan diakui kemampuan aktingnya.

8. Gundala: Negeri Ini Butuh Patriot mendapat 1,69 juta penonton

https://www.youtube.com/embed/8rauD1vxMCw

Dikenal sebagai sutradara jenius, Joko Anwar mengeluarkan film yang sukses bikin kaget tahun ini. Film superhero pertama di Indonesia ini berhasil menarik awareness para penonton, bahwa Indonesia juga bisa menghasilkan film aksi yang menarik. Salut untuk mereka yang berhasil dapatkan lebih dari 1,69 juta penonton selama penayangannya.

7. Keluarga Cemara mendapat 1,7 juta penonton

https://www.youtube.com/embed/sGaeDzD_3o0

Keluarga Cemara berhasil menjadi peringkat ketujuh film Indonesia yang paling banyak ditonton tahun ini. Saat penayangannya, film yang diperankan oleh Ringgo Agus Rahman ini mendapat banyak sekali pujian dari kritikus film lokal. Gak heran, mereka mengantongi lebih dari 1,7 juta penonton selama penayangannya.

6. Kuntilanak 2 mendapat 1,72 juta penonton

https://www.youtube.com/embed/DMrzdE66l2M

Gak kalah sukses dari film pertamanya, sekuel film Kuntilanak ini rupanya berhasil menduduki peringkat keenam. Kuntilanak 2 mendapatkan perolehan penonton yang beda tipis dengan film horor karya Joko Anwar, Perempuan Tanah Jahanam.

Baca Juga: Film Dua Garis Biru, Terinspirasi Pengalaman Pribadi Sang Sutradara

5. Perempuan Tanah Jahanam mendapat 1,79 juta penonton

https://www.youtube.com/embed/XY7falovJiI

Mengandung unsur gore, film horor-thriller karya Joko Anwar ini berhasil masuk peringkat kelima. Diperankan oleh Tara Basro, Ario Bayu, Christine Hakim, dan Asmara Abigail, film ini juga mendapat banyak pujian dan rating tinggi dari kritikus lokal.

4. My Stupid Boss 2 mendapat 1,87 juta penonton

https://www.youtube.com/embed/aM-HV2GI2qw

Kisah bos pelit dan licik yang dikemas dalam unsur komedi yang kental rupanya berhasil menarik perhatian penonton. Meski belum berhasil menyaingi angka jumlah penonton film pertamanya, My Stupid Boss 2 tetap berhasil menduduki peringkat keempat film yang paling laris tahun ini. Salut!

3. Danur 3: Sunyaruri mendapat 2,41 juta penonton

https://www.youtube.com/embed/9EsGdyVx6HM

Diperankan oleh Prilly Latuconsina, Danur rupanya masih menjadi film horor paling disukai. Dengan lebih dari 2,4 juta penonton, film ini berhasil menduduki peringkat ketiga dari tangga box office movie Indonesia.

2. Dua Garis Biru mendapat 2,53 juta penonton

https://www.youtube.com/embed/b0NS7FP1loU

Debut sebagai sutradara, Gina S Noer langsung berhasil curi perhatian banyak orang lewat Dua Garis Biru. Film yang mengangkat kritik sosial soal seks edukasi ini berhasil menduduki tangga nomor 2 film terbanyak yang ditonton tahun ini. Bukan hanya itu, Dua Garis Biru berhasil meraih banyak piala dari ajang penghargaan bergengsi perfilman Indonesia.

1. Dilan 1991 mendapat 5,25 penonton

https://www.youtube.com/embed/nwhB2Hb7g5c

Meski belum berhasil menyaingi angka penonton film pertamanya, Dilan 1990, yang mendapat 6,3 juta penonton, sekuelnya ini tetap menjadi film nomor satu dengan jumlah penonton paling banyak tahun ini. Diangkat dari trilogi karya Pidi Baiq, film ini akan menyelesaikan seri ketiganya di layar lebar pada tahun depan. Tetap jadi idaman, kisah cinta Dilan dan Milea rupanya yang paling membekas di ingatan penonton.

Itu dia tadi daftar film Indonesia yang paling banyak ditonton tahun ini. Dilan masih memimpin, film apa nih yang paling bagus menurutmu tahun ini?

Dilan Masih Memimpin, Inilah 10 Film Indonesia Paling Laris di 2019IDN Times/Mardya Shakti

Baca Juga: [Movie Review] One Day, Film Drama Romantis Thailand yang Wajib Kamu Tonton

Topic:

  • Edwin Fajerial
  • Erina Wardoyo

Just For You