Comscore Tracker

Review Film Five Feet Apart, Cinta yang Terpisahkan Penyakit Mematikan

#ReviewFilm Sedihnya bikin nangis tersedu-sedu

Pencinta film drama memang harus nonton film ini. Walau dari trailer dan poster kamu sudah bisa menebak bagaimana garis besar cerita, tapi Five Feet Apart bakal memberimu insight baru tentang pahit manis sebuah hubungan. Disutradari oleh Justin Baldoni, film ini diperankan oleh Cole Sprouse dan Haley Lu Richardson.

IDN Times telah merangkum dalam review di bawah ini. Tanpa spoiler, baca aja biar kamu tahu apakah film ini cukup menarik atau tidak.

1. Stella Grant, gadis dengan cystic fibrosis seumur hidupnya

Review Film Five Feet Apart, Cinta yang Terpisahkan Penyakit Mematikanimdb.com

Stella (Haley Lu Richardson) merupakan remaja yang sudah sejak kecil menderita penyakit Cystic Fibrosis. Penyakit tersebut mengakibatkan paru-parunya memproduksi lendir lebih banyak dari yang seharusnya. Karena ini Stella harus hidup bertahun-tahun terisolasi dari dunia luar.

Dia tinggal di rumah sakit untuk melakukan pengobatan dan menunggu donor paru-paru untuknya. Untuk mengisi kebosanannya, Stella memiliki channel YouTube aktif yang selalu diisinya tentang penyakit yang dia derita.

2. Pasien baru yang menarik perhatian Stella

Review Film Five Feet Apart, Cinta yang Terpisahkan Penyakit Mematikanimdb.com

Sudah tinggal lama di rumah sakit, Stella kedatangan pasien baru yang tinggal tidak jauh dari kamarnya. Namanya Will (Cole Sprouse) yang menderita penyakit yang sama dengannya. Will adalah anak baru yang berkepribadian santai dan tidak patuh, dia bahkan berulang kali melanggar prosedur pengobatan yang harus ditempuhnya.

3. Stella dengan gangguan kecemasannya dan Will dengan sikap sembrononya

Review Film Five Feet Apart, Cinta yang Terpisahkan Penyakit Mematikanimdb.com

Stella dan Will adalah dua pasien yang punya sifat bertolak belakang. Stella memiliki gangguan kecemasan akut sehingga dia harus selalu memastikan semua hal berjalan urut dan lancar. Sebaliknya, Will sangat sembrono dan tidak memedulikan apa itu prosedur pengobatan. Mengetahui sikap Will yang seperti itu, Stella terganggu ketenangannya dan bertekad membuat Will berubah.

Baca Juga: Review Film Captain Marvel: Lambat Panas Namun Menghentak di Akhir

4. Hubungan yang menyebalkan berubah jadi cinta

Review Film Five Feet Apart, Cinta yang Terpisahkan Penyakit Mematikanimdb.com

Yang awalnya sebal dan membenci satu sama lain, Stella dan Will akhirnya terjebak cinta lokasi. Mereka akhirnya sadar bahwa mereka memiliki perasaan khusus untuk satu sama lain. Namun, masalah kembali muncul ketika kenyataan mengharuskan mereka tidak bisa bersentuhan dan harus berjarak sepanjang 5 langkah atau kalau tidak satu sama lain akan saling menularkan virus yang membahayakan nyawa.

5. Sudah bertahun-tahun tinggal di rumah sakit, kapan Stella pulang?

Review Film Five Feet Apart, Cinta yang Terpisahkan Penyakit Mematikanimdb.com

Hubungan yang terang-terangan dilarang dengan alasan kesehatan, Stella dan Will akhirnya menjalin hubungan diam-diam. Menyadari bahwa hubungan mereka sangat berbahaya karena bisa saling terjangkit virus, Stella dan Will memilih untuk pasrah dengan keadaan dan menikmati hidup selagi bisa. Semangat Stella untuk hidup bertambah karena Will di sampingnya, begitu juga sebaliknya.

https://www.youtube.com/embed/XtgCqMZofqM

Bukan film barat romantis yang penuh dengan adegan ciuman atau skinship seperti romance barat pada umumnya, Five Feet Apart justru menampilkan kesan ‘seksi’ tanpa dua pemerannya perlu bersentuhan. Adegan di mana Stella menyentuhkan stick billiard ke tubuhnya sebagai ganti tangan Will merupakan ide cerdas dan justru makin terasa sensualitasnya. Merupakan film romantis yang manis, tapi tidak cheesy dan bisa dinikmati.

Beberapa peran pendukung lain seperti Berb dan Poe merupakan pendamping yang melengkapi keutuhan cerita. Dalam artian, peran mereka bukan diadakan untuk mengisi kekosongan melainkan memperindah yang sudah lengkap. Pemeran utamanya, Cole dan Haley yang memang sudah biasa main film drama tak perlu ditanya lagi, mereka sudah begitu menguasai peran.

Sekilas, ada rasa yang sama seperti saat nonton The Fault In Our Stars milik Josh Boone dan saat nonton film ini. Tapi, yang membedakan adalah Five Feet Apart konsisten dengan mengenalkan penonton terhadap Cystic Fibrosis itu sendiri dibanding fokus pada romansanya saja. Selain itu karena Five Feet Apart tidak melibatkan banyak pemeran di dalamnya seperti layaknya TFIOS, sehingga film ini jadi jauh lebih mengerucut dan intim.

IDN Times memberikan skor 3.9/5 untuk film Five Feet Apart.

Baca Juga: Review Film Yowis Ben 2: Ada Siti Badriah & Ridwan Kamil Lho

Topic:

  • Erina Wardoyo

Just For You