Comscore Tracker

Review Film Keluarga Cemara, Bukti Drama Indonesia Itu Gak Membosankan

#ReviewFilm Salah satu film terbaik awal tahun ini

Sampai di awal tahun 2019, layar lebar Tanah Air kembali menyajikan tontonan menarik yang layak ditonton. Tanggal 3 Januari, tayang Keluarga Cemara yang diperankan oleh Ringgo Agus Rahman dan Nirina Zubir. Dari judulnya saja, kamu pasti bisa langsung tahu bahwa film ini bertema besar kehidupan keluarga pada umumnya.

Namun, jangan takut dikecewakan oleh film satu ini, karena dijamin uang Rp30 ribu yang kamu keluarkan untuk nonton gak akan sia-sia. Nah, berikut adalah review film Keluarga Cemara versi IDN Times. Gak ada nada spoiler kok, tenang saja!

1. Abah, Emak, Euis dan Ara

Review Film Keluarga Cemara, Bukti Drama Indonesia Itu Gak MembosankanInstagram.com/filmkeluargacemara

Bercerita tentang sebuah keluarga dengan dua anak perempuan. Abah (Ringgo Agus Rahman), Emak (Nirina Zubir), Euis dan Ara merupakan keluarga bahagia yang sangat rukun. Abah yang sibuk dengan pekerjaan dan karyawan-karyawannya, Emak yang pintar memasak, Euis si anak SMP yang hobi dan jago banget ngedance dan Ara, bocah 7 tahun yang suka banget menggambar.

2. Abah dan keluarga diusir dari rumah

Review Film Keluarga Cemara, Bukti Drama Indonesia Itu Gak MembosankanInstagram.com/filmkeluargacemara

Abah ditipu oleh kakak iparnya sendiri sehingga mereka harus pergi dari rumah yang sudah mereka tinggali sejak belasan tahun lalu. Karena utang perusahaan yang tidak bisa dibayar, Abah dan keluarga harus menanggung akibatnya.

Baca Juga: Review Film Asal Kau Bahagia, dari Kisah Cinta hingga Komedi

3. Rumah warisan

Review Film Keluarga Cemara, Bukti Drama Indonesia Itu Gak MembosankanInstagram.com/filmkeluargacemara

Abah dan keluarga akhirnya pindah ke sebuah desa terpencil di Jawa Barat. Di situ, mau tidak mau mereka harus tinggal sementara di rumah warisan ayah Abah yang telah tiada. Jauh dari kebisingan kota, Abah dan keluarga memulai hidup apa adanya dan serba terbatas.

4. Tempat tinggal baru, kehidupan baru

Review Film Keluarga Cemara, Bukti Drama Indonesia Itu Gak MembosankanInstagram.com/filmkeluargacemara

Rumah yang asri dengan penduduk yang tidak terlalu banyak. Abah dan keluarga memulai kehidupan baru karena terancam gagal di pengadilan atas kasus penipuan yang dialaminya. Apakah Abah akan tinggal dalam kemiskinan selamanya? Tonton langsung di bioskop!

https://www.youtube.com/embed/sGaeDzD_3o0

Yang paling penting dari film drama adalah pengemasan cerita agar tidak membuat penonton jenuh serta nilai moral yang tersimpan di baliknya. Keluarga Cemara berhasil menyajikan keduanya dengan sederhana tapi menyentuh. Apalagi tokoh Abah dan Emak yang diperankan begitu rapi dan natural oleh Ringgo dan Nirina, bikin film ini sukses memberikan penggambaran bagaimana sosok keluarga yang seutuhnya.

Alur cerita yang tidak terlalu cepat maupun dilambat-lambatkan membuat yang menonton serasa berjalan kaki di kebun teh pada pagi hari, adem dan bahagia. Bukan sebuah film drama yang mengaduk perasaan, bukan juga yang meluruhkan air mata, tapi sanggup bikin senyum-senyum dan senang sendiri sehabis nonton. Dialog antar pemain, penokohan, konflik, bumbu komedi, sampai musik yang dipilih untuk mempercantik film sangat sederhana dan menyenangkan hati.

Keluarga Cemara membuktikan bahwa solusi dari sebuah kebangkrutan bukanlah mendapatkan kembali hartanya, melainkan kebesaran hati untuk menerima keadaan.

Salut untuk film karya Yandy Laurens ini. Dari IDN Times, kami memberikan skor 4/5 untuk film Keluarga Cemara. Yuk dukung film Indonesia dengan menontonnya langsung di bioskop, ya!

Baca Juga: Review Film Milly & Mamet: Konflik Keluarga Muda dalam Kemasan Komedi

Topic:

  • Erina Wardoyo

Just For You