Comscore Tracker

Review Film Satu Suro: Hari Raya Makluk Gaib yang Menuntut Tumbal

#ReviewFilm Citra Kirana merambah ke film nih

Buat kamu yang suka banget dengan film bergenre horor, bisa mengasah keberanianmu dengan nonton film Satu Suro yang sedang tayang di bioskop. Diperankan oleh Citra Kirana dan Nino Fernandez, film karya Anggi Umbara ini berdurasi 94 menit. Sebelum nonton, pastikan kamu lihat trailer atau baca reviewnya dulu, ya.

Berikut adalah review yang sudah IDN Times rangkum. Gak aka nada spoiler, kamu aman kok kalau mau baca!

1. Adinda hamil besar dan pindah ke desa dengan suaminya

Review Film Satu Suro: Hari Raya Makluk Gaib yang Menuntut Tumbal

Dengan maksud mencari ketenangan, Adinda (Citra Kirana) dan Bayu (Nino Fernandez) yang merupakan seorang penulis memutuskan untuk menjauh dari kebisingan kota. Mereka pindah di rumah kayu om mereka di pinggiran kota dekat danau. Di situ, Adinda yang sedang hamil besar jadi bisa istirahat total dalam mempersiapkan persalinannya. Apalagi, di dekat sana juga ada rumah sakit yang bisa jadi tempat bersalin Adinda nantinya.

2. Adinda merasa ada yang aneh dengan rumah kayu tersebut

Review Film Satu Suro: Hari Raya Makluk Gaib yang Menuntut Tumbal

Bukannya istirahat seperti keinginan awal, Adinda malah jadi berpikir keras tentang apa yang ada di rumah tersebut. Dia tidak nyaman dengan gangguan-gangguan yang diterima setelah Bayu pergi bekerja. Dia bahkan sering mimpi buruk dan merasakan kehadiran makluk gaib di sekitarnya. Itu membuatnya sangat tidak tenang dan ingin pindah segera dari rumah yang baru ditempatinya itu.

Baca Juga: Review Film The Way I Love You, Dilema Antara Cinta dan Persahabatan

3. Kelahiran anak pertama Adinda dan Bayu

Review Film Satu Suro: Hari Raya Makluk Gaib yang Menuntut Tumbal

Suatu malam, Adinda merasa kontraksi yang begitu hebat dan merasa anak pertamanya akan segera lahir. Diantar Bayu, mereka pergi ke rumah sakit untuk melahirkan. Namun keanehan yang dirasakan di rumah kayu ikut menghantui mereka sampai ke rumah sakit, sehingga ada banyak kesulitan bagi Dinda untuk bisa melahirkan dengan tenang.

4. Nyawa Bayu, Adinda dan bayi mereka terancam

Review Film Satu Suro: Hari Raya Makluk Gaib yang Menuntut Tumbal

Di rumah sakit itulah, Adinda yang harusnya melahirkan anak pertamanya pada malam satu suro mempertaruhkan nyawanya. Ada banyak sekali gangguan dan kejadian aneh yang dia rasakan. Bayu juga merasa diganggu sehingga dirinya yakin harus mengeluarkan sang istri dari situ. Ketiga nyawa mereka terancam, bisakah mereka semua selamat?

https://www.youtube.com/embed/F-OKzwNQlpg

Secara keseluruhan, Satu Suro bisa dibilang film horor yang berisik. Kamu yang gak terlalu suka dengan suara bising, film ini bukan film yang akan membuatmu nyaman. Belum lagi Anggi Umbara lagi-lagi mengulang pola yang sama dalam setiap film horor garapannya yakni efek suara orang kerasukan yang jatuhnya malah lucu sekali. Skoring yang tidak natural menjadi alasan Satu Suro malah tidak terasa kengeriannya.

Sinematografi yang tidak stabil harusnya perlu diperhitungkan. Dari setengah film sampai akhir, penonton akan pusing kalau melihat film yang lebih mirip vlog seperti itu. Beberapa make up hantunya juga tidak konsisten mengingat mereka semua mati karena terbakar. Sangat disayangkan, film ini belum bisa memberikan kesan horor itu sendiri melalui jalan ceritanya yang dipenuhi plot hole dan bisa dibantah.

Jalan cerita yang mudah ditebak memang agak menyebalkan mengingat genre film ini adalah horor. Namun, ada yang perlu diapresiasi yakni akting para pemeran utamanya yakni Citra Kirana dan Nino Fernandez yang natural.

Belum ada gebrakan yang terlalu terasa dari film horor Indonesia yang semakin ke sini semakin begitu-begitu saja. Mulai dari Sesat, Tumbal, Perjanjian dengan Iblis, Kafir, Arwah Tumbal Nyai dan banyak judul film horor yang sudah tayang sebelumnya, cerita yang diusung selalu saja tentang perjanjian dengan setan dan tumbal-menumbal, klise dan bisa ditebak.

Buat kamu yang suka nonton film horror, bisa jadi film ini akan membuatmu ngantuk atau malah malas melanjutkan sampai akhir. Tapi buat kamu yang ingin mencoba, bisa menonton Satu Suro langsung di bioskop. Satu Suro bikin kaget, sih, tapi gak nyeremin. Untuk itu, IDN Times memberikan skor 1/5 untuk film Anggi Umbara ini.

Baca Juga: Review Film Ave Maryam: Pergulatan Batin Antara Nafsu, Cinta, dan Dosa

Topic:

  • Erina Wardoyo

JADWAL SALAT & IMSAK

19
MEI
2019
14 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 19 May 2019 13:00:10

Progress: 729.802 dari 813.350 TPS (89.72792%)

Just For You