Comscore Tracker

8 Anggota Keluarga Salman Khan yang Berpengaruh di Industri Bollywood

#Bollywood Karier perfilman terbentuk sejak tahun 1959

Sebagian besar industri perfilman India dikuasai oleh jaringan keluarga (klan). Salah satu industri film India yang terkemuka adalah Keluarga Salim Khan. Dari keluarga tersebut, ada yang bekerja sebagai produser, penulis naskah, hingga aktor. Salman Khan adalah anggota klan Salim Khan sekaligus aktor yang paling familiar dikenal oleh publik.

Selain Salman Khan, ada anggota keluarga lain dari klan Salim Khan yang berpengaruh terhadap perfilman India. Inilah daftarnya.

1. Salim Khan

8 Anggota Keluarga Salman Khan yang Berpengaruh di Industri Bollywoodtimesofindia.com

Salim Khan adalah aktor, produser sekaligus penulis skenario kenamaan India. Bersama dengan Javed Akhtar, duo Salim-Javed dikenal sebagai penulis skenario India terbaik sepanjang masa. Mereka berdua adalah pioner blockbuster dalam industri Bollywood.

Ayah dari Salman Khan dan adik-adiknya ini dikenal sebagai orang paling berjasa dalam meroketkan karir aktor Amitabh Bachchan. Melalui buah pikirannya, Salim Khan yang merupakan pendiri klan industri keluarganya, dianugerahi Lifetime Achievement Awards oleh Apsara Film and Television Producers Guild Award tahun 2014.

2. Salman Khan

8 Anggota Keluarga Salman Khan yang Berpengaruh di Industri Bollywoodtimesofindia.com

Aktor satu ini pasti tak asing bagimu. Kariernya di industri perfilman sudah dibangun lebih dari 30 tahun lamanya. Sejumlah penghargaan bergengsi seperti Filmfare Awards dan National Film Awards berhasil diboyongnya. Maka tak salah bila aktor yang pernah dikabarkan dekat dengan Preity Zinta ini menjadi aktor dengan bayaran termahal di India.

3. Arbaaz Khan

8 Anggota Keluarga Salman Khan yang Berpengaruh di Industri Bollywoodtimesofindia.com

Arbaaz Khan adalah adik kandung Salman Khan yang berusia selisih dua tahun. Dalam industri Bollywood, Arbaaz berperan sebagai aktor, sutradara dan produser. Arbaaz kini memiliki rumah produksi sendiri bernama Arbaaz Khan Productions. Rumah produksi itu merilis film berjudul Dabangg pada tahun 2010 dengan aktor utama Arbaaz dan sang kakak, Salman Khan.

Baca Juga: Laris tapi Kontroversial, Inilah 9 Potret Sepak Terjang Salman Khan

4. Sohail Khan

8 Anggota Keluarga Salman Khan yang Berpengaruh di Industri Bollywoodtimesofindia.com

Sama dengan Arbaaz, sang adik Sohail Khan juga memiliki rumah produksi sendiri. Dulunya, ia mendirikan G.S. Entertainment yang kemudian mengorbitkan film hits Pyaae Kiya To Dana Kya pada tahun 1998. Film tersebut dibintangi oleh kedua kakaknya, Salman dan Arbaaz Khan.

Dalam film tersebut, Sohail berperan sebagai produser, penulis naskah, dan sutradara. Berkat kerja kerasnya, film itu dinominasikan sebagai Film Terbaik versi Filmfare Awards.

5. Helen Richardson Khan

8 Anggota Keluarga Salman Khan yang Berpengaruh di Industri Bollywoodstarsunfolded.com

Istri dari Salim Khan ini merupakan aktris dan penari lho. Lahir di Burma, perempuan berusia 79 tahun ini telah membintangi ratusan judul film di antaranya Hum Dil De Chuke Sanam (1999), dan Mohabbatein (2000).

Wah, produktif banget, ya!

6. Malaika Arora

8 Anggota Keluarga Salman Khan yang Berpengaruh di Industri Bollywoodhungryforever.com

Masih ingat dengan video lipsync Chaiyya Chaiyya yang kembali terkenal oleh Norman Kamaru? Nah, Malaika Arora adalah penari dalam video klip lagu tersebut. Bersama sang mantan suami Arbaaz, Malaika turut menjadi produser dalam film Dabaang yang akhirnya memperoleh penghargaan National Film Award for Best Popular Film Providing Wholesome Entertainment.

Selain Dabaang, keduanya juga memproduksi Dabaang 2, dan Dolly Ki Doli.

7. Alvira Khan Agnihotri

8 Anggota Keluarga Salman Khan yang Berpengaruh di Industri Bollywoodstarsunfolded.com

Adik perempuan Salman Khan ini juga turut mewarnai perfilman Bollywood lho. Kegemaran Alvira dalam bidang fesyen ditunjukkan melalui kontribusinya sebagai desainer dalam film Sultan.

Dalam film yang dibintangi oleh Salman itu, ko-produser Bodyguard mendesain busana yang dipakai oleh kakaknya sendiri. Alhasil, kepiawaiannya itu mendapatkan penghargaan Stardust Award for Best Costume Design.

8. Atul Agnihotri

8 Anggota Keluarga Salman Khan yang Berpengaruh di Industri Bollywooddeccanchronicle.com

Meski terlahir dari klan Punjabi, aktor sekaligus produser Atut Agnihotri juga bagian dari keluarga Salim Khan. Atut menikahi Alvira pada tahun 1996 lalu. Kiprahnya sebagai aktor dibuktikan melalui film yang di antaranya berjudul Krantiveer, dan Hum Tumhare Hain Sanam.

Sedangkan, sebagai produser, ia telah memproduksi film Hello (2008), Bodyguard (2011), O Teri (2014), dan Bharat (2019).

Itulah delapan anggota keluarga Salman Khan yang berpengaruh dalam industri perfilman Bollywood. Gimana menurutmu?

Defrina Sukma Photo Verified Writer Defrina Sukma

masih malu-malu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You