Comscore Tracker

9 Film Terlaris Karya Sutradara Christopher Nolan, Wajib Nonton!

#MovieOn Coba tebak, apa film terlaris karya Nolan?

Tak berhasil menyabet predikat film terbaik tak lantas membuat reputasi sutradara ternama Christopher Nolan jatuh. Pasalnya, film-film karya sutradara berusia 47 tahun itu selalu laris manis di industri perfilman.

Sampai saat ini, terhitung sudah ada 14 judul film pendek dan panjang karya sutradara kelahiran Inggris ini. Delapan di antaranya merupakan film terlarisnya.

Apa saja film-film terlarisnya? Yuk, simak artikelnya.

1. Memento (2002)

9 Film Terlaris Karya Sutradara Christopher Nolan, Wajib Nonton!sbs.com.au

Bercerita tentang Leonard Shelby (Guy Pearce) yang berusaha mencari pembunuh istrinya (Carrie-Anne Moss), film ini menghabiskan anggaran sekitar sembilan juta dolar Amerika Serikat (AS). Dari film ini, tim produksi berhasil meraup pendapatan kotor sebanyak 39,7 juta dolar AS.

2. The Prestige (2006)

9 Film Terlaris Karya Sutradara Christopher Nolan, Wajib Nonton!amazon.com

Film yang didistribusikan Touchstone Pictures dan Warnes Bross ini mendapuk Hugh Jackman, Christian Bale, dan Scarlett Johanson sebagai pemeran utama. Film ini membutuhkan anggaran sebesar 40 juta dolar AS dan mengeruk pendapatan kotor 109 juta dolar AS.

3. Insomnia (2002)

9 Film Terlaris Karya Sutradara Christopher Nolan, Wajib Nonton!rogerebert.com

Film yang dibintangi aktor kawakan Al Pacino berhasil mengantarkan film ini menjadi karya terlaris Nolan ketujuh. Untuk membuat film berdurasi 118 menit, dibutuhkan anggaran 46 juta dolar AS. Namun, pendapatan kotor yang diraih hampir tiga kali lipatnya 113,7 juta dolar AS.

4. Batman Begins (2005)

9 Film Terlaris Karya Sutradara Christopher Nolan, Wajib Nonton!variety.com

Film yang dibintangi Christian Bale, Liam Neeson, Katie Holmes, dan Michael Cane ini berhasil meraup pendapatan kotor terbanyak keenam dari daftar ini. Film berdurasi 130 menit ini membutuhkan anggaran sebesar 135 juta dolar AS dan meraih pendapatan kotor 371,8 juta dolar AS dari seluruh dunia.

5. Dunkirk (2017)

9 Film Terlaris Karya Sutradara Christopher Nolan, Wajib Nonton!thedailybeast.com

Film yang meraih delapan nominasi di ajang Oscar 2018 ini rupanya 'hanya' meraup pendapatan kotor sebesar 525 juta dolar AS. Untuk proses produksi keseluruhan, tim produksi mengeluarkan anggaran 100 juta dolar AS.

6. Interstellar (2014)

9 Film Terlaris Karya Sutradara Christopher Nolan, Wajib Nonton!polygon.com

Film fiksi petualangan yang dibintangi Matthew McConaughey dan Anne Hathaway mendapatkan banyak ulasan positif dari para kritikus. Dalam proses pengerjaan film ini, tim produksi membutuhkan dana 165 juta dolar AS, tapi pendapatan kotor yang berhasil diraih mencapai 675 juta dolar AS.

7. Inception (2010)

9 Film Terlaris Karya Sutradara Christopher Nolan, Wajib Nonton!amazon.com

Film yang bercerita tentang mimpi dalam mimpi berhasil meraih pendapatan kotor sebesar 828 juta dolar AS. Diperankan oleh Leonardo DiCaprio, Joseph-Gordon Levitt, dan Ellen Page, penggarapan Inception membutuhkan anggaran sebesar 160 juta dolar AS.

8. Batman The Dark Knight (2008)

9 Film Terlaris Karya Sutradara Christopher Nolan, Wajib Nonton!independent.co.uk

Film sekuel kedua Batman ini termasuk salah satu buah tangan Nolan yang paling laris. Bagaimana tidak, film yang menggambarkan pertaruangan antara Batman dengan Joker ini meraup pendapatan kotor hampir enam kali lipat dari biaya produksinya. Yakni, 1,005 miliar dolar AS.

9. Batman The Dark Knight Rises (2012)

9 Film Terlaris Karya Sutradara Christopher Nolan, Wajib Nonton!telegraph.co.uk

Nah, akhirnya sampai nih di film terlaris Nolan. Masih dari sekuel Batman, film yang dirilis tahun 2012 lalu meraih pendapatan kotor sebanyak 1,081 miliar dolar AS. Padahal, biaya produksinya 'hanya'230 juta dolar AS.

Dari sembilan film terlaris Nolan, mana yang sudah kamu tonton?

Defrina Sukma Photo Verified Writer Defrina Sukma

masih malu-malu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya