Comscore Tracker

Bikin Merinding, 5 Film Jepang Bertema Death Game yang Wajib Ditonton

Hidup dan mati ditentukan oleh permainan #IDNTimesHype

Film-film Jepang memang selalu penuh dengan tema dan alur cerita yang seru dan menarik untuk ditonton. Khusus untuk genre horor maupun thriller, film yang mengambil tema death game juga sangat populer di kalangan penggemar film Jepang.

Tema death game sendiri biasanya membuat cerita dalam film berfokus pada para karakter yang harus bertahan hidup sambil memainkan game kematian.

Meskipun terkesan mustahil bagaimana permainan bisa membawa seseorang menghadapi kematian, nyatanya film-film bertemakan death game ini gak kalah menarik dari film Jepang lainnya, lho.

Apabila kamu ingin menguji adrenalin dengan menonton film bertema death game, maka 5 film ini harus banget kamu tonton.

1. As the God Will

https://www.youtube.com/embed/OEh1fT1IH14

As the God Will adalah film adaptasi manga karya Muneyuki Kaneshiro dan Akeji Fujimura yang dirilis pada tahun 2014. Film ini menceritakan tentang Shun Takahata (Sota Fukushi) merasa bosan dengan hidupnya. Ia dan teman teman sekelasnya kemudian tiba-tiba dipaksa untuk bermain game dengan taruhan nyawa.

Dalam setiap permainan, orang yang menang akan bertahan dan lanjut ke game selanjutnya, sedangkan yang kalah akan meninggal. Game yang dimainkan pun adalah sejumlah permainan tradisional Jepang, seperti daruma san ga koronda, manekineko, hingga kagome kagome.

2. Judge

https://www.youtube.com/embed/Il-zQ4OGSuo

Judge merupakan film bergenre suspense-thriller yang rilis tahun 2013. Diadaptasi dari manga berjudul serupa karya Yoshiki Tonogai, film ini terbilang unik karena penonton akan diajak untuk menonton melalui sudut pandang kamera CCTV yang dipasang di dalam ruangan.

Film ini menceritakan tentang 7 orang yang mewakili 7 dosa besar dikumpulkan dalam suatu ruangan. Mereka kemudian dipaksa untuk untuk melakukan voting untuk menentukan siapa yang paling berdosa diantara mereka. Apabila salah satu orang mendapatkan voting terbanyak, maka ia akan langsung dibunuh oleh sang master game. 

Baca Juga: 9 Rekomendasi Film Jepang Adaptasi Novel yang Wajib Ditonton

3. The Werewolf Game

https://www.youtube.com/embed/EE0vNAPMKl8

Film Jepang yang satu ini menggunakan werewolf game sebagai pusat cerita. Para pemain akan dibawa ke sebuah gedung terbengkalai dan memainkan werewolf game demi bertahan hidup.

Peraturannya pun masih sama dengan werewolf game pada umumnya, dimana para pemain akan dibagi menjadi tim penduduk desa dan tim werewolf. Apabila ada yang melanggar peraturan maupun mencoba kabur dari permainan, pemain tersebut akan dibunuh di tempat. 

Sejauh ini, The Werewolf Game sudah memiliki 8 film dengan cerita dan sudut pandang yang berbeda, mulai dari The Werewolf Game: The Villagers Side (2013), The Werewolf Game: Lovers (2017), hingga yang terbaru adalah The Werewolf Game: Death Game's Operator (2020).

4. Cinderella Game

https://www.youtube.com/embed/3gBcLoIAv5c

Berbeda dari film bertema death game lainnya yang cenderung menargetkan anak-anak sekolah sebagai pemain, Cinderella Game karya Junpei Arai justru menggunakan karakter idol sebagai para pemain dalam permainan maut.

Film yang rilis pada tahun 2016 ini menceritakan tentang Sana Haitani (Kasumi Yamaya) yang berusaha keras mengejar mimpinya sebagai idol papan atas. Sayangnya, grupnya justru dibubarkan sebelum ia sukses menggapai mimpi.

Ia kemudian diculik dan terbangun di sebuah pulau bersama para idol lainnya. Di sana, mereka dipaksa bermain kartu melawan sesama idol. Pemenang akan menjadi top idol, sementara yang kalah harus mati.

5. Tag

https://www.youtube.com/embed/t59MDKNHXns

Tag atau lebih dikenal dengan judul Riaru Onigokko adalah film karya Yusuke Yamada yang rilis pada tahun 2015. Film ini menceritakan tentang situasi, dimana seluruh siswa perempuan menjadi target pembunuhan termasuk Mitsuko (Reina Triendl). Mereka pun dipaksa melakukan permainan kejar-kejaran atau tag game demi bertahan hidup.

Tag adalah salah satu film Jepang yang menggunakan tag game sebagai tema utama. Sebelumnya tag game juga menginspirasi pembuatan Film The Chasing World yang rilis tahun 2006 lalu. 

Sejauh ini, The Chasing World telah memiliki 5 film. Dua film pertama diadaptasi dari novel aslinya, sedangkan 3 film setelahnya mengambil cerita yang berbeda.

Kelima film Jepang bertema death game di atas memang sayang untuk dilewatkan para pecinta film horor thriller. Dari daftar di atas, film yang mana yang sudah pernah kamu tonton?

Baca Juga: Ajari Lebih Peduli, 5 Film Jepang Bertema Bullying Ini Wajib Ditonton

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Just go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya