Comscore Tracker

Ajari Lebih Peduli, 5 Film Jepang Bertema Bullying Ini Wajib Ditonton

Menceritakan dampak buruk bullying #IDNTimesFood

Bullying bukanlah hal yang baru namun cenderung sering disepelekan oleh banyak orang. Pelaku bullying melakukan kekerasan dengan alasan bercanda tanpa memahami perasaan dan dampak yang didapatkan oleh korban. 

Tingginya kasus bullying di Negeri Sakura mengundang banyak perhatian. Beberapa film Jepang bahkan juga mengangkat topik bullying agar masyarakat lebih peduli terhadap isu tersebut.

Nah, dari sekian banyak film dengan tema bullying, berikut adalah lima film bertema bullying terbaik yang wajib untuk ditonton. 

1. Demon Covered in Scars

https://www.youtube.com/embed/9A52HZYGhIE

Demon Covered in Scars atau Kidzudarake no Akuma adalah salah satu film Jepang dengan tema bullying yang rilis pada tahun 2017. Film ini menceritakan tentang Mai Kasai (Rika Adachi) dan teman-temannya yang kerap merundung salah satu anak bernama Shino Odagiri (Manami Enosawa). Setelah menginjak masa SMA, Mai kemudian pindah ke daerah pedesaan dan pindah ke sekolah yang baru. Mengejutkannya, Mai kembali bertemu dan sekelas dengan Shino yang pernah ia rundung.

Shino yang perasaannya masih terluka akibat perundungan di masa lalu, kemudian mengungkapkan perbuatan Mai pada dirinya dulu kepada semua orang di kelas. Akibatnya, Mai menjadi target perundungan oleh semua orang di kelas.

2. Liverleaf

https://www.youtube.com/embed/uxHcU-vz1to

Liverleaf adalah film yang dibuat berdasarkan manga berjudul Misumisou karya Rensuke Oshikiri. Film yang rilis pada tahun 2018 ini menjadikan bullying sebagai topik utama dan memadukannya dengan genre horror. Film ini menceritakan tentang Haruka Nozaki (Anna Yamada) yang kerap mengalami perundungan di sekolah. Meski dirundung, Nozaki tidak menceritakannya ke siapapun dan menerima keadaan. Suatu hari, perundungan ini menjadi semakin tidak terkendali.

Para perundung bahkan membakar rumah Nozaki dan menyebabkan orang tuanya meninggal dan adiknya dalam kondisi kritis. Merasa sakit hati dan tidak bisa membendung kemarahannya, Nozaki akhirnya mulai mengincar para perundung satu per satu dan membunuh mereka.

Baca Juga: 5 Film Jepang yang Wajib Ditonton Penyayang Anjing, Kisahnya Haru!

3. My Blood & Bones in a Flowing Galaxy

https://www.youtube.com/embed/Ujsil-p9-lo

Film yang juga berjudul Kudakechiru Tokoro o Misete Ageru ini baru saja dirilis bulan April 2021. Film ini menceritakan tentang seorang siswa SMA bernama Kizoyumi Hamada (Nakagawa Taishi) yang memergoki adik kelasnya, Kuramoto Hari (Anna Ishi) dirundung secara terang terangan.

Memiliki rasa keadilan yang tinggi, Hamada pun mulai mendekati Hari dan berusaha melindunginya. Hari pun akhirnya mulai terbuka dengan Hamada dan menceritakan banyak hal, begitu juga mengenai permasalahan di rumahnya meskipun hanya sedikit. Hamada pun mulai curiga ada yang salah dari keluarga Hari dan mulai mencari tahu kebenarannya.

4. Confessions

https://www.youtube.com/embed/F73eXXiMwB4

Dirilis pada tahun 2010, Confessions adalah salah satu film Jepang yang mengangkat isu bullying dan balas dendam sebagai topik utama. Film ini berawal mula dari kematian seorang anak bernama Manami (Mana Ashida) yang ditemukan tenggelam di kolam renang sekolah. Kematiannya dianggap sebagai kecelakaan, namun sang ibu yang juga adalah salah satu guru, Yoko Moriguchi (Takako Matsu) percaya jika anaknya telah dibunuh oleh 2 anak didiknya. Setelah membeberkan bukti serta insial sang pembunuh, Moriguchi kemudian mengundurkan diri dari sekolah. 

Sepeninggal sang guru, 2 orang siswa yang telah membunuh Manami mulai mengalami 'neraka' masing-masing. Salah satunya menjadi gila karena penyesalan, dan yang satunya lagi dirundung oleh semua siswa di kelas.

5. All About Lily Chou Chou

https://www.youtube.com/embed/Kwlh-z2R8QE

Dirilis pada tahun 2001, All About Lily Chou Chou merupakan salah satu film Jepang bertema bullying yang sayang untuk dilewatkan. Film ini menceritakan tentang 2 anak remaja bernama Yuichi Hasumi (Hayato Ichihara) dan Shusuke Hoshino (Shugo Oshinari) yang berteman akrab.

Suatu hari, Hoshino mengalami kecelakaan ketika berwisata di Okinawa. Kejadian itu kemudian mengubah karakter Hoshino yang awalnya adalah anak yang baik menjadi seorang pem-bully. Hasumi yang awalnya berteman dekat pun berakhir menjadi target bully Hoshino. Meskipun kehidupannya di sekolah bagaikan neraka, satu-satunya hal yang membuatnya bahagia adalah mendengarkan musik dari penyanyi rock bernama Lily Chou Chou.

Kelima film di atas mengandung tema bullying dan menggambarkan pada kita tentang dampak bullying yang tak bisa disepelekan. Kamu tertarik nonton yang mana?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film Horor Jepang yang Dijamin Bikin Kamu Susah Tidur

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Just go with the flow

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya