Comscore Tracker

6 Film Jepang untuk Kamu yang Suka Baperan, Bikin Nangis Bombay!

Sudah lihat "I Wanna Eat Your Pancreas"?

Tak hanya punya banyak anime seru dari berbagai genre, nyatanya film produksi Jepang juga punya kualitas cerita yang bagus dan banyak digemari oleh kalangan pecinta film.

Kalau ditanya soal genre, romance dan drama jadi genre yang laris ditonton nih dalam film Jepang. Gak tanggung-tanggung, beberapa film asal negeri Sakura ini juga pastinya akan membuat kamu larut dalam emosi dan baper setelah menontonnya. Yuk kita intip dibawah!

1. I Wanna Eat Your Pancreas

https://www.youtube.com/embed/Z3h490I2UnE

Dibintangi oleh Takumi Kitamura dan Minami Hamabe, I Wanna Eat Your Pancreas menceritakan tentang Haruki Shiga(diperankan Takumi Kitamura), yang tak sengaja membaca buku harian teman sekelasnya, Yamauchi Sakura(diperankan Minami Hamabe). Ditulis dalam buku hariannya, Sakura memiliki penyakit pada pankreas dan dapat meninggal sewaktu-waktu. Meski Haruki menanggapi hal tersebut dengan wajah datar, Sakura ingin waktunya yang tersisa dapat ia habiskan dengan Haruki. Punya alur cerita yang apik ditambah dengan plot twist yang tidak terduga, film ini pasti akan bikin kamu menitikkan air mata nih ketika menonton.

2. You Shine in the Moonlit Night

https://www.youtube.com/embed/sBX3LJjS1Go

Kalau kamu belum puas menonton I Wanna Eat Your Pancreas, maka kamu juga bisa menonton film You Shine in the Moonlit Night. Kembali dibintangi oleh Takumi Kitamura, film ini juga mengisahkan tentang tokoh utama wanitanya yang sekarat karena sakit. Bermula dari Takuya Okada (diperankan oleh Takumi Kitamura) yang didesak mengunjungi teman sekelasnya, Mamizu Watarase (diperankan Mei Nagano).

Mamizu diketahui memiliki penyakit berpendar, di mana tubuh penderitanya akan semakin bersinar ketika ajal menjemputnya. Setelah pertemuan mereka, keduanya jadi makin dekat dan karena permintaan Mamizu, Takuya berusaha memenuhi permintaan Mamizu serta menggantikannya melakukan hal yang ia inginkan sebelum meninggal. Wah, film ini juga gak kalah bikin baper nih, siapin tissue ya!

3. The 8 Year Engagement

https://www.youtube.com/embed/1EHMoqkVWbg

Di adaptasi dari kisah nyata, film the 8 Year Engagement jadi film yang cocok banget kamu tonton selanjutnya. Tak hanya alur cerita yang menarik, film ini juga akan mengubah perspektif kamu tentang cinta sejati. Menceritakan tentang sepasang kekasih, Hisashi dan Mai yang akan melangsungkan pernikahan mereka. Namun, Mai tiba-tiba sakit dan akhirnya jatuh koma. Meski Mai terbaring di rumah sakit, Hisashi senantiasa menemaninya dan tidak pernah menyerah akan hubungan mereka. Setelah bertahun-tahun, Mai akhirnya pulih, namun tidak dapat mengingat kenangan nya dengan Hisashi. 

Baca Juga: 5 Film Animasi Jepang dengan Rating Tertinggi Menurut Rotten Tomatoes

4. Tomorrow I Will Date With Yesterday's You

https://www.youtube.com/embed/TLAX78nHQH4

Film genre romance selanjutnya adalah Tomorrow I Will Date With Yesterday's You. Film ini mengisahkan tentang mahasiswa jurusan seni bernama Takatoshi Minamiyama (diperankan oleh Shota Fukushi) yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Emi Fukuju (diperankan Nana Komatsu), gadis yang tak sengaja ia temui di kereta. Takatoshi kemudian memberanikan diri untuk berkenalan dan mengajaknya berkencan. Namun, Emi yang misterius dan selalu menangis ketika bersama Takatoshi rupanya memendam rahasia yang tak terduga.

5. You Lie in April

https://www.youtube.com/embed/FLS4TdJPFVQ

Masih ingat dengan animenya? Yap, setelah kesuksesannya, anime You Lie in April kemudian dibuat dalam versi film live action yang kemudian dibintangi oleh Yamazaki Kento dan Suzu Hirose. Ceritanya masih berpusat pada Arima Kousei (diperankan Yamazaki Kento), seorang pianis muda genius yang mengalami trauma setelah ibunya meninggal.

Karena trauma tersebut, selama bertahun-tahun Arima tidak dapat mendengar suara dentingan piano. Suatu hari, Arima bertemu Miyazono Kaori (diperankan oleh Suzu Hirose), seorang violinist berkepribadian ceria yang penuh semangat. Masuknya Kaori dalam hidup Arima seakan memberinya warna baru dan menuntun Arima untuk kembali bermusik. Arima pun perlahan jatuh cinta pada Kaori, meskipun ia tidak tahu rahasia yang disembunyikan oleh Kaori darinya.

6. One Litre of Tears

https://www.youtube.com/embed/oX4RV7WqlD0

Tak hanya sedih, rupanya film 1 Litre of Tears ini juga dibuat berdasarkan kisah nyata lho. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis umur 15 tahun bernama Kito Aya (diperankan oleh Erika Sawajiri) yang mengidap penyakit spinocerebellar ataxia. Penyakit ini membuat penderitanya mulai kehilangan fungsi tubuh secara bertahap, mulai dari kehilangan keseimbangan, kelumpuhan, kesulitan berbicara dan menelan. Meski memiliki penyakit yang tidak dapat disembuhkan, Aya terus bertahan sampai akhirnya meninggal di usia 25 tahun.

Nah itu dia beberapa film sedih yang harus kamu tonton. Dari daftar di atas, film yang mana nih yang bisa bikin kamu nangis bombay?

Baca Juga: Hadirkan 13 Film Jepang Terbaik, 5 Fakta Japanese Film Festival 2019

Trisnaynt Photo Verified Writer Trisnaynt

Balinese

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya