Comscore Tracker

Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Kekonyolan Babak Pertama

Film yang membawa penonton Indonesia kembali tertawa lepas

Srimulat: Hil yang Mustahal - Babak Pertama merupakan film komedi Indonesia produksi dari MNC Pictures dan IDN Picture yang disutradarai oleh Fajar Nugros. Telah tayang perdana sejak tanggal 19 Mei 2022 lalu, film yang dibintangi oleh Bio One, Elang El Gibran, Dimas Anggara, Ibnu Jamil, Rifnu Wikana, Erick Estrada, dan Zulfa Maharani ini telah berhasil membawa para penonton Indonesia kembali tertawa lepas sepanjang menonton filmnya.

Penasaran sama cerita film satu ini? Simak ulasan film Srimulat: Hil yang Mustahal - Babak Pertama berikut sampai akhir, ya!

1. Film biopik tentang Srimulat grup lawak pertama di Indonesia

Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Kekonyolan Babak PertamaFilm Srimulat Hil Yang Mustahal (Dok. IDN Pictures dan MNC Pictures)

Srimulat: Hil yang Mustahal ini merupakan sebuah film biografi yang mengangkat kisah nyata dari grup Srimulat, yakni suatu kelompok lawak legendaris terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Teguh Slamet Rahardjo pada tahun 1950 di Surakarta. Dikenal sebagai grup lawak pertama yang berhasil tampil di stasiun televisi Indonesia dan sangat populer di era 80-90an.

Dalam film ini, menampilkan beberapa karakter dari tokoh Srimulat yang cukup terkenal antara lain, Gepeng (Bio One), Basuki (Elang El Gibran), Timbul (Dimas Anggara), Tarsan (Ibnu Jamil), Asmuni (Rifnu Wikana), Tessy (Erick Estrada), Nunung (Zulfa Maharani), Djudjuk (Erika Carlina), dan Paul (Morgan Oey).

2. Cerita sederhana yang menghibur dan menyenangkan

Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Kekonyolan Babak PertamaFilm Srimulat Hil Yang Mustahal (Dok. IDN Pictures dan MNC Pictures)

Cerita dalam film Srimulat: Hil yang Mustahal ini lebih berfokus pada awal perjalanan karir Srimulat yang pertama kalinya memperoleh kesempatan pergi ke Jakarta, untuk melakukan pertunjukan lawak di depan presiden dan tampil perdana di stasiun televisi Indonesia.

Dalam persiapan sebelum melakukan pertunjukan, diceritakanan pula perjalanan para anggota Srimulat yang mencoba untuk mencari dan menemukan hal menarik yang ingin mereka miliki dan kembangkan menjadi karakter mereka masing-masing yang begitu khas.

Diiringi pula dengan kisah cinta yang begitu manis dan lucu antara Gepeng yang jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Royani, anak dari Babeh Makmur, pemilik kontrakan yang ditinggali anggota Srimulat saat berada di Jakarta. Royani pula yang kemudian membantu para anggota Srimulat untuk mempelajari bahasa Indonesia agar lebih mahir.

Baca Juga: Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Mesin Waktu Grup Lawak Legendaris

3. Candaan lawas yang masih membekas dan bikin nostalgia

Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Kekonyolan Babak PertamaFilm Srimulat Hil Yang Mustahal (Dok. IDN Pictures dan MNC Pictures)

Setiap adegan dalam film Srimulat: Hil yang Mustahal tidak pernah lepas dari berbagai lontaran candaan dan tingkah polah para karakternya yang lucu dan heboh. Tak jarang pula candaan atau humor lawas yang khas dan cukup populer di era 80-90an ditampilkan dengan epic yang berhasil membuat para penonton tertawa lepas, terutama bagi generasi yang sudah sejak lama mengenal Srimulat dapat merasakan nostalgianya.

4. Penampilan dan chemistry para pemain yang memukau

Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Kekonyolan Babak PertamaFilm Srimulat Hil Yang Mustahal (Dok. IDN Pictures dan MNC Pictures)

Tidak bisa diragukan lagi, salah satu hal yang berhasil membuat film Srimulat: Hil yang Mustahal ini begitu hidup adalah penampilan, akting, dan chemistry antar pemainnya yang amat baik, memukau, dan berhasil mencuri perhatian para penonton.

Dapat dilihat dari makeup penampilan para aktor dan aktris yang disulap dengan sedemikan rupa sehingga mampu semirip mungkin dengan penampilan asli para tokoh dari Srimulat. Kemudian, akting dari para pemain yang amat totalitas dalam memerankan karakter tokoh Srimulat, mulai dari mimik wajah, gaya bahasa, sampai tingkah lakunya. Chemistry antar pemain juga dibangun dengan sangat baik dan mampu menumbuhkan kesan kekeluargaan yang begitu hangat dan menyenangkan.

5. Tidak hanya bikin ketawa tapi juga punya pesan moral yang baik

Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Kekonyolan Babak PertamaFilm Srimulat Hil Yang Mustahal (Dok. IDN Pictures dan MNC Pictures)

Walaupun, bisa dibilang hampir keseluruhan narasi dalam film Srimulat: Hil yang Mustahal berisikan humor yang selalu bikin ketawa lepas, namun cukup banyak pula pesan moral terkait pelajaran hidup yang disampaikan di dalamnya.

Mulai dari pesan untuk berani mengekspresikan minat dan bakat yang kita miliki, berusaha untuk selalu rendah hati, jangan pernah meremehkan orang lain, tidak sombong atas diri sendiri, serta jangan merasa cepat puas dengan pencapaian kita saat ini.

6. Penggunaan dialog dengan bahasa Jawa yang luwes

Film Srimulat: Hil yang Mustahal, Kekonyolan Babak PertamaFilm Srimulat Hil Yang Mustahal (Dok. IDN Pictures dan MNC Pictures)

Sebagaimana kita ketahui bahwa Srimulat merupakan grup lawak yang berasal dari Jawa, tentunya dialog yang disampaikan oleh para pemainnya sepanjang film ini menggunakan bahasa Jawa. Padahal, sebagian besar aktor dan aktrisnya bukan berasal dari Jawa atau bahkan jarang menggunakan bahasa Jawa dalam kesehariannnya.

Namun, perlu diakui penampilan mereka dalam menggunakan bahasa Jawa patut diacungi jempol karena terdengar begitu luwes dan tidak canggung sama sekali. Bagi penonton yang berasal dari Jawa atau yang fasih menggunakan bahasa Jawa dapat mendengar percakapan mereka dengan baik dan langsung mudah dimengerti tanpa melihat terjemahan bahasa Indonesianya.

Kesimpulannya, film ini merupakan dramatisasi dari kisah nyata Srimulat yang disampaikan dengan cukup baik. Memiliki cerita yang ringan dengan konflik sederhana dan dipenuhi dengan komedi segar. Film ini berhasil menghibur para penonton dan memberikan kesan hangat juga menyenangkan.

Nah, buat kalian yang belum nonton film Srimulat: Hil yang Mustahal dan bagi yang sedang butuh refreshing atau hiburan di tengah padatnya aktivitas sehari-hari yang cukup melelahkan, film ini wajib banget kalian tonton.

Baca Juga: Bikin Kagum! Ini Transformasi Pemain Srimulat: Hil yang Mustahal

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya