Comscore Tracker

Daebak! Indonesia Masuk 5 Besar Users Teraktif 'Nge-tweet' soal KPop

Fans KPop di Indonesia emang daebak! #WaktunyaKorea

Kamu pasti sering lihat daftar trending topic di Twitter selalu didominasi KPop, bukan? Hampir setiap hari, topik terkait dunia hiburan Korea selalu jadi obrolan seru di kalangan warga Twitter, termasuk di Indonesia.

Global Head of Kpop Partnerships Twitter, Kim Yeon Jeong, mengatakan, sebagai platform yang sangat terbuka untuk publik, Twitter memungkinkan penggemar KPop global terhubung satu sama lain tanpa batasan negara dan bahasa. Twitter juga jadi platform yang ramah untuk bercakap-cakap sehingga fans suka membagikan ide atau membicarakan apa yang terjadi sekarang, secara langsung, bersama-sama.

"Twitter bisa jadi jembatan antara artis KPop dan penggemarnya," seru Kim Yeon Jeong kepada IDN Times, Kamis (17/9/2020).

Selama 10 tahun terakhir, perkembangan KPop di Twitter ini pesat banget. Indonesia bahkan masuk ke dalam salah satu dari lima negara teratas dengan jumlah audiens unik dan volume tweet terbanyak yang ngomongin soal KPop di Twitter. Wah, KPopers Indonesia daebak banget!

Penasaran gak sih pencapaian para KPopers, terutama fans Indonesia, di Twitter selama 10 tahun ini? Yuk, simak obrolan seru eksklusif IDN Times dengan Kim Yeon Jeong. Cek juga daftar data percakapan tentang KPop di 20 negara sepanjang 1 Juli 2019 - 30 Juni 2020, hasil kolaborasi Twitter dengan KPop Radar berikut ini.

1. Indonesia negara keempat teratas dengan audiens unik di Twitter

Daebak! Indonesia Masuk 5 Besar Users Teraktif 'Nge-tweet' soal KPop#KpopTwitter World Map 2020 (Dok. Twitter)

Hampir setiap hari mendominasi daftar trending topic di Twitter, gak heran kalau fans KPop Tanah Air membawa Indonesia ke posisi keempat negara dengan audiens unik atau pengguna aktif yang nge-tweet tentang KPop. Meski posisinya di belakang Amerika Serikat, Jepang, dan Korea, Kim Yeon Jeong menyebut, sebenarnya jumlah pasti keempat negara teratas ini sangat mirip.

"Jadi jangan lihat dari urutannya. Meski ada di posisi keempat, tapi sebenarnya Indonesia sangat mirip dengan AS," katanya.

2. Indonesia urutan ketiga negara dengan volume tweet terbanyak tentang KPop

Daebak! Indonesia Masuk 5 Besar Users Teraktif 'Nge-tweet' soal KPop#KpopTwitter World Map 2020 (Dok. Twitter)

Berdasarkan tweet volume, Indonesia bahkan menempati posisi ketiga dalam jumlah tweet terbanyak soal KPop. Indonesia berada di belakang Thailand dan Korea Selatan dan unggul dari Filipina dan Amerika Serikat.

"Artinya, fans Indonesia sangat aktif di Twitter, seperti cuitan, retweet, like, dan membalas komentar. Berdasarkan audiens unik dan tweet volume ini, Indonesia merupakan negara yang sangat kuat," ujar Kim Yeon Jeong lagi.

3. Ini 10 artis KPop yang paling banyak dibicarakan di Indonesia

Daebak! Indonesia Masuk 5 Besar Users Teraktif 'Nge-tweet' soal KPop#KpopTwitter World Map 2020 (Dok. Twitter)

Setiap negara punya preferensi yang berbeda-beda terkait artis KPop yang sering diperbincangkan. Di Indonesia sendiri, BTS, EXO, GOT7, BLACKPINK, dan NCT 127 adalah 5 artis KPop yang paling banyak dibicarakan di Twitter sepanjang 12 bulan ke belakang. MONSTA X, Seventeen, NCT Dream, TWICE, dan Stray Kids menyusul di posisi ke-6 sampai 10. Army sampai Stay memang luar biasa!

4. 10 lagu KPop yang paling banyak dibicarakan di Indonesia

Daebak! Indonesia Masuk 5 Besar Users Teraktif 'Nge-tweet' soal KPop#KpopTwitter World Map 2020 (Dok. Twitter)

Masih dalam rentang waktu yang sama, rupanya lagu yang paling banyak di-mention KPopers Indonesia adalah Obesession dari EXO, ON, Boy with Luv, Black Swan, dan Shadow dari BTS. Di posisi selanjutnya ada Jopping dari SuperM, DNA dari BTS, Not by the Moon dari GOT7, How You Like That dari BLACKPINK, dan Feel Special dari TWICE.

5. Rookie terhits, 10 artis KPop paling banyak dibicarakan di Indonesia

Daebak! Indonesia Masuk 5 Besar Users Teraktif 'Nge-tweet' soal KPop#KpopTwitter World Map 2020 (Dok. Twitter)

Siapa sih idol KPop calon penerus BTS yang bakal ngehits di masa depan? Ternyata Stray Kids, ATEEZ, TXT, IZ*ONE, dan SuperM jadi 5 grup teratas yang paling banyak dibicarakan di kalangan fans KPop Indonesia, lho! Disusul juga oleh AB6IX, WayV, CIX, LOONA, dan ITZY di posisi 6 hingga 10 teratas.

"Data ini berdasarkan tweet volume mereka, yang mana juga berkaitan dengan bagaimana mereka aktif di Twitter dan berinteraksi dengan fans. Stray Kids misalnya, ketika mereka debut, bahkan sebelum debut, mereka datang ke Twitter Blueroom live session, 3 kali dalam 6 bulan untuk berinteraksi dengan fans secara langsung dan natural. Itu strategi mereka untuk berinteraksi di Twitter. Jadi kenapa Stray Kids di atas, juga terkait dengan bagaimana mereka aktif dan interaktif dengan fans tanpa pembatas," ujar Kim Yeon Jeong.

Baca Juga: 10 Potret Polos Stray Kids Tanpa Eye Shadow, Glowing dan Flawless Abis

6. Merajai Twitter, 10 akun grup KPop dengan followers terbanyak

Daebak! Indonesia Masuk 5 Besar Users Teraktif 'Nge-tweet' soal KPopdok. Big Hit Entertainment

#KPopTwitter 2020 World Map juga merilis data akun grup KPop dengan pengikut terbanyak secara global hingga 1 September 2020. Ada BTS dengan 28,5 juta followers, EXO 8,9 juta, GOT7 8,5 juta, TWICE 6 juta, Seventeen 5,6 juta, TXT 5,4 juta, BLACKPINK 4,9 juta, NCT 4,2 juta, Monsta X 3,9 juta, dan Girls' Generation 3,5 juta.

7. The real king! 10 akun artis KPop (individu) dengan followers terbanyak

Daebak! Indonesia Masuk 5 Besar Users Teraktif 'Nge-tweet' soal KPopInstagram.com/xxxibgdrgn

Sementara itu, akun artis KPop individu paling banyak diikuti hingga 1 September 2020 adalah G-Dragon BIGBANG 8,7 juta, Siwon Super Junior 7,1 juta, Nichkhun 2PM 7 juta, BamBam GOT7 6,4 juta, Mark GOT7 5,7 juta, Sandara Park 2NE1 5,4 juta, Donghae Super Junior 5,2 juta, Yesung Super Junior 5,2 juta, Baekhyun EXO 4,5 juta, dan Leeteuk Super Junior 4,3 juta followers.

8. Fans KPop sangat loyal dan melek isu sosial

Daebak! Indonesia Masuk 5 Besar Users Teraktif 'Nge-tweet' soal KPopkoreaboo.com

Fans KPop memang dikenal sangat loyal. Selama 10 tahun belakangan ini, loyalitas dan militansi KPopers tak pernah berubah. Bedanya, dalam beberapa tahun belakang, fans KPop lebih digital dan peduli dengan isu-isu sosial. Misalnya, seperti menaikkan hashtag tertentu hingga trending, merayakan momen bersama, hingga mengumpulkan donasi untuk gerakan sosial.

"Fans KPop sebenarnya berasal dari Korea tapi meluas ke negara-negara lain dan setiap negara punya perilaku masing-masing. Tapi pada dasarnya sama, budaya dan sejarah KPop adalah bergerak bersama-sama," ujar Kim Yeon Jeong.

9. DAY6 layak diantisipasi untuk jadi grup yang makin populer

Daebak! Indonesia Masuk 5 Besar Users Teraktif 'Nge-tweet' soal KPopTwitter.com/day6official

Selain deretan nama grup KPop di atas, Kim Yeon Jeong juga menyebut, DAY6 layak diantisipasi, lho! Berbeda dengan BTS yang semua member-nya pakai satu akun yang sama, para personel DAY6 mengoperasikan akun Twitter individu mereka dengan sangat baik.

"Para member DAY6 punya akun individu di mana mereka bisa berinteraksi secara langsung dengan fans, jadi lebih natural dan interaktif. DAY6 sangat kuat dan potensial, terutama di kalangan band KPop," tuturnya.

10. Project Twitter untuk fans KPop di seluruh dunia

Daebak! Indonesia Masuk 5 Besar Users Teraktif 'Nge-tweet' soal KPoptwitter.com/Stray_Kids

Sebagai rumah untuk fans KPop, Kim Yeon Jeong mengatakan, Twitter ingin mendukung para artis untuk bisa berinteraksi dengan penggemar lebih efektif dan efisien. Bukan hanya artis-artis papan atas saja, tapi juga grup-grup baru yang akan besar di tahun-tahun mendatang.

"Stray Kids, TXT, dan grup-grup baru lainnya akan besar 2-3 tahun ke depan. KPop akan terus ada meski para member BTS menua nanti. Generasi-generasi baru akan mengisi sehingga KPop diprediksi tak akan berakhir, karenanya, kami ingin lebih memerhatikan para bintang baru ini," seru Kim Yeon Jeong.

Dalam hal ini, Twitter ingin memperkuat program Blueroom mereka yang gak hanya berisi tanya jawab saja, tapi juga konten-konten lain bersama para artis, seperti MV reaction, cerita di balik tweet, dan lain-lain yang lebih variatif dan seru.

Nah, kalau kamu mau ikut keseruannya, bisa gabung di #TwitterBlueroom spesial satu dekade #KPopTwitter pada Selasa (22/9/2020) pukul 10.00 WIB. Ada Sunmi, Kihyun dan Hyungwon dari MONSTA X, juga Bang Chan dari Stray Kids, lho!

Baca Juga: Dekat dari Trainee, 10 Adu Pesona Bang Chan Stray Kids dan BamBam GOT7

Topic:

  • Zahrotustianah

Berita Terkini Lainnya