Comscore Tracker

8 Pemimpin Diktator Paling Terkenal Seantero Dunia

Memiliki gaya kepimpinan masing-masing

Setiap pemimpin di suatu negara memiliki gaya kepemimpinannya masing-masing. Ada yang tegas, ada juga pemimpin yang sangat lantang menyuarakan demokrasi bagi masyarakatnya.

Biasanya pemimpin mengimplementasikan ideologi yang menurutnya sangat bagus diterapkan di negeranya. Lantas masa jabatannya dimanfaatkan untuk menghacurkan ideologi penentang dan juga partai oposisi demi bisa melenggang mulus untuk memimpin negara itu seterusnya.

Kalau kamu ingin mengetahui siapa saja pemimpin yang memiliki jiwa kediktatoran semasa jabatannya, berikut 8 pemimpin yang paling tegas dan penuh kontroversi.

1. Mustafa Kemal Ataturk

8 Pemimpin Diktator Paling Terkenal Seantero DuniaFlickr.com/Olga

Ketika kesultanan Usbani runtuh tahun 1922, Republik Turki dipromosikan tahun 1923 dengan Ataturk sebagai presidennya. Dia langsung membentuk Partai Rakyat dan membentuk rezim partai tunggal.

Ataturk mencita-citakan suatu negara modern dan sekuler, menggunakan wibawa dan kharismanya untuk memperkenalkan program reformasi secara luas. Ini termasuk penghapusan kekhalifahan, yang mendasari otoritas religius para sultan, dan institusi Islam.

Pada 1931 ideologi rezim yang disebut Kemalisme arau Ataturkisme, dinyatakan enam prinsip: republikanisme, nasionalisme, populisme, stateisme, sekularisme, dan revolusionisme.

Pada 1926 Ataturk menyingkirkan saingan-saingan politiknya dengan tuduhan konspirasi pembunuhan sebagai alasan. Dia melakukan tujuan itu dengan keyakinan mengubah Turki menjadi negara modern dengan kecanggihan politik.

2. Soeharto

8 Pemimpin Diktator Paling Terkenal Seantero Duniacendananews.com

Soeharto satu-satunya presiden terlama yang memimpim Indonesia, yakni selama 32 tahun. Ketika menggantikan Soekarno tahun 1967, dengan ketegasannya ia memusnahkan Partai Komunis Indonesia. Pada masanya, segala sesuatu yang berbau komunis dihancurkan.

Para masyarakat dan aktivis yang mencoba menentang kebijakannya, dengan tegas di penjara dan juga diculik, karena terindikasi termasuk golongan komunis.

Karena sudah semakin melemahnya perekonomian Indonesia, semua masyarakat yang diwakilkan oleh mahasiswa berusaha menyuruhnya mundur dari tahta kepresidenan. Akhirnya tahun 1998 Soeharto mundur dari jabatannya yang digantikan oleh wakilknya, B.J Habibie.

3. Joseph Stalin

8 Pemimpin Diktator Paling Terkenal Seantero Duniatopwar.ru

Stalin banyak membaca literatur terlarang, termasuk Das Kapital dari Karl Marx. Ia segera beralih ke ortodoksi barunya yaitu Marxisme Rusia. Ketika Lenin meninggal, terjadi perebutan kekuasaan.

Pada tahun 1929 posisinya sebagai pemimpin Uni Soviet menjadi terlaksana.

Pada masa kekuasaannya, Stalin melakukan kampanye teror politik besar-besaran. Pembersihan, penahanan, dan deportasi ke kamp kerja paksa terjadi secara luas. Tidak terhitung pemimpin partai, industrial, dan militer yang hilang pada masa teror besar ini.

4. Benito Mussolini

8 Pemimpin Diktator Paling Terkenal Seantero Duniatime.com

Mussolini merupakan pendiri sekaligus pemimpin Fasisme Italia. Fasisme meluas ke seluruh penjuru negeri, di mana milisinya yang berbaju hitam mendapat dukungan dari pemilik tanah dan menyerang liga-liga petani dan kelompok sosialis.

Sejak 1926, pemimpin Fasis ini mengubah Italia menjadi sebuah rezim partai tunggal yang totalitarian. Para pegawai dan pekerja diorganisasikan dalam kelompok-kelompok yang dikontrol oleh partai mewakili sektor-sektor ekonomi yang berbeda. Sistem ini mempertahankan kapitalisme dan memperluas kerja sosial, tetapi menghapuskan serikat buruh yang bebas dan hak untuk mogok.

Pada hari-hari terakhir perang, Mussolini mencoba kabur ke Swiss bersama kekasihnya, Clara Petacci. Para gerilyawan Italia menangkap dan menembaknya di Giulino di Mezzegra.

5. Ayatollah Khomeini

8 Pemimpin Diktator Paling Terkenal Seantero Duniathefamouspeople.com

Khomeini terkenal dengan antibaratnya. Barat memandang Khomeini sebagai seorang pedendam, citra yang melekat pada dirinya hingga kini. Tetapi di pelbagai negara Muslim, Khomeini dielu-elukan, terutama oleh kaum muda, sebagai tokoh penentang Barat nomor satu yang revolusinya menjadi inspirasi.

Tahun 1979 Khomeini menjadi imam dan pemimpin tertinggi Iran dengan memproklamasikan Iran sebagai republik Islam. Pemerintah Iran dirancang oleh para ulama dengan menegakkan hukum Islam.

Khomeini juga mengkampanyekan ekspor revolusi ke negara-negara Muslim di sekitarnya. Inilah salah satu penyebab perang Iran-Irak yang berlangsung delapan tahun.

Baca Juga: Mengenal Makanan Favorit 7 Pemimpin Dunia, Kim Jong-un Doyan Apa Ya?

6. Adolf Hitler

8 Pemimpin Diktator Paling Terkenal Seantero Duniahistory.com

Hitler dilantik sebagai kanselir Jerman pada tahun 1933. Segera ia mengkonsolidasi kekuatan. Posisi-posisi penting di birokrasi, kehakiman, dan pemerintah provinsi diberikan kepada loyalis Nazi. Semua partai politik diberangus, segala aktivitas ekonomi, media, dan kebudayaan dikontrol oleh Nazi.

Kebijakan rasial Hitler segera dimulai saat ia berkuasa. Ia berusaha menjaga kemurnian ras unggul Arya dan membasmi ras-ras lain yang menurutnya lebih rendah. Orang Yahudi mengalami perlakuan sangat kejam pada masa Hitler.

Perang Dunia II pecah ketika pasukan Jerman masuk ke Polandia. Namun perang berkepanjangan itu menguras tenaga Jerman. Rencana penaklukan Uni Soviet dan Inggris tak semudah yang Hitler bayangkan. Ia kemudian menikahi Eva Braun dan melakukan bunuh diri tahun 1945.

7. Fidel Castro

8 Pemimpin Diktator Paling Terkenal Seantero Duniatheglobeandmail.com

Castro mendeklarasikan dirinya sebagai PM Kuba tahun 1959. Gagal menjalin hubungan diplomatik dan hubungan dagang dengan AS, Castro menegosiasikan senjata, perjanjian kredit, dan bantuan makanan dengan Uni Soviet, dan secara kejam memerintahkan penahanan dan eksekusi lawan-lawan politiknya.

Dia menasionalisasi sumber-sumber daya Kuba, membentuk pertanian kolektif, dan membentuk negara sosialis satu partai, dan mengirim sejumlah besar orang kaya Kuba ke penjara.

Hubungan Kuba dan AS memburuk setelah pesawat-pesawat tempur Kuba menembak dua pesawat sipil AS yang disewa oleh pelarian Kuba tahun 1996. Castro bertahan menganut Marxis garis keras ketika banyak negara komunis runtuh.

8. Saddam Hussein

8 Pemimpin Diktator Paling Terkenal Seantero Duniaalaraby.co.uk

Saddam merupakan tokoh kontroversial di balik dua perang Teluk, melawan Iran tahun 1980an dan melawan pasukan multinasional. Merupakan pemimpin Arab yang paling kukuh menentang Amerika dan Barat, dia dihujat di Barat tetapi dipuja di jalanan kota-kota di Arab.

Usai peristiwa 11 September 2001, AS yang berperang melawan terorisme dan telah menjatuhkan pemerintahan Taliban di Afganistan, bersikeras juga untuk menyerang Irak. Saddam yang dipuja sebagai pemimpin yang berani menentang Israel dan Barat, merupakan simbol ketangguhan Arab melawan agresi Barat.

Namun setelah suatu serangan besar-besaran pasukan AS yang dibantu Inggris tahun 2003, berhasil menaklukan Irak. Setelah pemburuan panjang, Saddam Hussein, dikabarkan ditangkap pasukan pendudukan di rumah bawah tanah di daerah kelahirannya, Tikrit.

Itulah 8 pemimpin diktator yang sangat terkenal hingga sekarang. Semoga pemimpin Indonesia kelak tetap teguh mempraktikkan ideologi Pancasila. Dan juga sistem demokrasi di negara ini semakin membaik.

Baca Juga: Buktikan Kesetaraan, 7 Perempuan Inspiratif Ini Pernah Jadi Pemimpin Negara

Adliputra Photo Community Writer Adliputra

Ig: adliip

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You