Comscore Tracker

5 Fakta Unik The Gambia, Negara yang Merdeka pada 18 Februari

Banyak fakta-fakta unik mengenai negara The Gambia lho!

Di sebelah barat benua Afrika, terdapat suatu negara yang cukup luas yang bernama The Gambia. Negara ini merdeka pada 18 Februari 1965. Bagian sebagian masyarakat Indonesia, mungkin jarang yang tahu mengenai negara ini. Oleh karena itu, berikut 5 fakta menarik negara The Gambia yang harus kamu ketahui. 

1. Penduduk di sana percaya anak laki-laki yang baru saja disunat sangat mudah untuk diserang roh jahat

5 Fakta Unik The Gambia, Negara yang Merdeka pada 18 Februarisoschildrensvillages.ca

Menjelang remaja, anak-anak The Gambia menjalani sunat terlebih dahulu sebagai tanda mereka akan menuju masa-masa dewasa. Untuk proses sunat itu sendiri dilakukan oleh seseorang yang dihormati masyarakat yang biasa disebut Kankurang. Kankurang sendiri merupakan orang yang biasa menuntun anak-anak ke hutan untuk berlatih banyak hal dengan tujuan pendewasaan. 

Ketika sunat, Kankurang menggunakan ilmu sihir untuk melindungi anak tersebut dari segala roh jahat. Hal ini disebabkan masyarakat di sana percaya anak laki-laki yang baru disunat akan rentan terhadap hal-hal gaib. 

2. Ketika pemilu, masyarakat di sana voting dengan cara melemparkan batu ke drum yang disediakan panitia

5 Fakta Unik The Gambia, Negara yang Merdeka pada 18 Februaricnn.com/Seyllou

Jika di Indonesia pemilu menggunakan kertas yang dicoblos di bilik suara, The Gambia mempunyai cara lain yang cukup unik. Ketika pemilu, panitia pemilu menyiapkan batu atau kelereng dan memasukkannya ke dalam drum yang terdapat gambar calon politisi yang akan mereka pilih. Panitia pemilu menghitung jumlah suara pada akhir pemungutan suara dengan menjatuhkan drum tersebut di suatu tempat.

Sistem ini sudah berlangsung selama 60 tahun di negara ini. Salah satu alasan mengapa memakai sistem ini ialah untuk membantu para masyarakat yang buta huruf untuk memilih. 

3. Presiden The Gambia 1994-2017, Yahya Jammeh, mengumumkan bahwa ia telah menemukan obat untuk AIDS

5 Fakta Unik The Gambia, Negara yang Merdeka pada 18 Februariafricanews.com

Pada 2007, presiden The Gambia Yahya Jammeh mengejutkan publik ketika dia mengumumkan bahwa dia telah menemukan obat untuk AIDS. Dia mengklaim bahwa dia telah meramu beberapa tumbuhan dan pisang yang dapat digunakan untuk mengobati AIDS secara efektif.

Perawatannya secara keseluruhan terdiri dari mengoleskan pasta herbal ke tubuh dan meminum ramuan herbal secara konsisten selama tiga puluh hari. Seorang perwakilan dari PBB kemudian mempertanyakan kesembuhannya saat mengunjungi negara ini. Kemudian perwakilan PBB ini diusir dari The Gambia. 

Baca Juga: 10 Negara dengan Paspor Terkuat, Bebas Visa di Ratusan Negara

4. The Gambia mempunyai banyak sekali destinasi wisata indah

5 Fakta Unik The Gambia, Negara yang Merdeka pada 18 Februarigambia.co.uk

Negara ini ternyata mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang menarik dan indah. Tak heran jika banyak sekali wisatawan asing yang berkunjung ke sini, terutama dari Eropa. Kamu dapat mengunjungi Hutan Abuko, Banjul, Hutan Bijilo, dan Pantai Brufut. 

5. Ada alasan menarik mengapa terdapat awalan "The" sebelum Gambia

5 Fakta Unik The Gambia, Negara yang Merdeka pada 18 Februaricrossed-flag-pins.com

Kamu pernah mendengar negara Zambia? Pastinya negara ini bukan negara yang sama dengan The Gambia ya. Pada tahun 1964, Perdana Menteri Gambia mengatakan akan mengimbuhkan kata "the" sebelum Gambia untuk memudahkan orang-orang membedakan Gambia dan Zambia. 

Nah, itu dia 5 fakta menarik mengenai negara The Gambia. Semoga dapat menambah wawasan kamu ya.

Baca Juga: 7 Kuliner dari Berbagai Negara Ini Masih Bersaudara dengan Gado-gado

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya