Comscore Tracker

10 Makna Simbol yang Ada di Label Pakaianmu, Harus Tahu!

Biar bajumu gak gampang rusak

Punya baju berbahan wol atau sutra, tapi selalu rusak? Atau punya celana legging selalu jadi melar? Mungkin caramu mencuci, menjemur, atau menyetrika pakaian selama ini keliru! Sebenarnya panduan merawat pakaian sudah tertera pada label pakaian dalam bentuk simbol, namun rasa cuek atau kurangnya pengetahuan kita akan simbol-simbol tersebut menyebabkan kita selalu keliru dalam merawat pakaian sendiri. Supaya gak keliru lagi, berikut ulasan mengenai simbol-simbol cara merawat pakaian.

1. Jangan dicuci (kiri) dan boleh dicuci (kanan) dengan mesin cuci

10 Makna Simbol yang Ada di Label Pakaianmu, Harus Tahu!Flaticon/Those Icons

Boleh tidaknya pakaian dicuci digambarkan dalam simbol seperti baskom berisi air. Tidak adanya garis di bawah simbol menandakan pakaian dicuci dengan putaran normal. Jika di bawah simbol ini ada satu garis maka pengaturan mesin cuci yang digunakan adalah permanent press, yaitu putaran cepat yang biasanya digunakan pada kemeja dan celana formal untuk menghilangkan kerutan. Jika ada dua garis maka pengaturan pada mesin cuci yang digunakan adalah delicate/gentle, yaitu putaran lambat yang biasanya digunakan pada pakaian berbahan lembut dan rapuh seperti sweater.

2. Cuci dengan tangan (kiri) dan dengan mesin cuci dalam air bersuhu tidak lebih dari 30 derajat celsius (kanan)

10 Makna Simbol yang Ada di Label Pakaianmu, Harus Tahu!Flaticon/Those Icons

Pada simbol dengan tangan, pakaian hanya boleh dicuci dengan tangan dan tidak boleh dengan mesin cuci. Pada simbol pencucian dengan mesin cuci, setiap penambahan tanda titik batas suhu yang diperbolehkan naik 10 derajat celsius; contohnya, pada simbol dengan tiga titik, suhu pencucian yang diperbolehkan tidak lebih dari 50 derajat celsius. Akan tetapi, pada simbol dengan enam titik, suhu yang diperbolehkan tidak lebih dari 95 derajat celsius. Biasanya pakaian yang mudah kotor seperti pakaian dalam dan handuk memerlukan suhu yang lebih tinggi agar bisa dicuci bersih.

3. Jangan (kiri) dan boleh (kanan) diberikan pemutih klorin maupun non-klorin

10 Makna Simbol yang Ada di Label Pakaianmu, Harus Tahu!Flaticon/Those Icons

Simbol segitiga menandakan penggunaan pemutih/pencerah warna pada pakaian. Jika di dalam segitiga terdapat dua garis melintang maka pemutih yang digunakan harus non-klorin. Tidak adanya kandungan klorin pada pemutih tidak akan mengubah warna pakaian, oleh karena itu simbol dengan dua garis tersebut lebih banyak ditemukan pada pakaian yang berwarna selain putih.

4. Keringkan baju dengan cara digantung

10 Makna Simbol yang Ada di Label Pakaianmu, Harus Tahu!Freepik/Olga_spb

Adanya simbol ini pada pakaian dikeringkan dengan cara digantung atau dijepitkan pada kawat jemuran. Pakaian juga bebas untuk dikeringkan di bawah sinar matahari maupun di dalam ruangan. Biasanya simbol ini digunakan pada pakaian berbahan katun.

5. Keringkan baju dengan cara dibentangkan di atas bidang datar

10 Makna Simbol yang Ada di Label Pakaianmu, Harus Tahu!Freepik/Olga_spb

Bidang datar yang digunakan bisa berupa meja atau alas apa pun yang bersih. Pakaian dengan simbol ini tidak boleh digantungkan. Umumnya pakaian yang menggunakan simbol ini adalah pakaian yang mudah melar jika digantungkan secara vertikal, contohnya sweater.

Baca Juga: 7 Benda Jadi Simbol Keberuntungan dari Berbagai Negara, Kamu Punya?

6. Baju akan segera kering tanpa dijemur

10 Makna Simbol yang Ada di Label Pakaianmu, Harus Tahu!Freepik/Olga_spb

Pakaian dengan simbol ini bisa kering hanya dengan ditekan-tekan hingga keluar airnya atau diangin-anginkan hingga kering. Pakaian dengan simbol ini umumnya berbahan tidak mudah mengerut sehingga tidak perlu disetrika.

7. Jangan (kiri) dan boleh (kanan) dikeringkan dengan mesin pengering pada mesin cuci

10 Makna Simbol yang Ada di Label Pakaianmu, Harus Tahu!Flaticon/Those Icons

Mesin pengering (tumble dryer) pada mesin cuci digambarkan dalam bentuk lingkaran dalam persegi. Sama seperti pengaturan putaran pada mesin cuci, jika di bawah simbol ini ada satu garis maka mesin pengering menggunakan putaran cepat (permanent press), sedangkan jika ada dua garis maka mesin pengering menggunakan putaran lambat (delicate/gentle).

8. Keringkan dengan mesin pengering pada suhu rendah (kiri) dan sedang (kanan)

10 Makna Simbol yang Ada di Label Pakaianmu, Harus Tahu!Flaticon/Those Icons

Satu titik pada simbol ini menandakan baju dikeringkan pada suhu rendah, dua titik menandakan pakaian dikeringkan pada suhu sedang, dan tiga titik menandakan pakaian dikeringkan pada suhu tinggi. Jika lingkaran tidak ada titik tapi berwarna hitam seluruhnya maka pakaian dikeringkan tanpa pemanasan dan hanya menggunakan udara.

9. Jangan (kiri) dan boleh (kanan) disetrika uap maupun kering

10 Makna Simbol yang Ada di Label Pakaianmu, Harus Tahu!Flaticon/Those Icons

Simbol boleh tidaknya pakaian disetrika digambarkan dengan ilustrasi setrika itu sendiri. Ada tidaknya garis di bawah simbol menentukan boleh tidaknya pakaian disetrika dengan uap; jika ada garis maka pakaian boleh disetrika dengan setrika uap, sedangkan jika ada garis yang dicoret maka pakaian tidak boleh disetrika dengan setrika uap.

10. Setrika dengan suhu sedang (kiri) dan suhu tinggi (kanan). Satu titik pada simbol ini menandakan suhu rendah

10 Makna Simbol yang Ada di Label Pakaianmu, Harus Tahu!Flaticon/Those Icons

Seperti penjelasan sebelumnya, banyaknya titik menentukan suhu yang diperlukan. Simbol ini dengan satu titik menandakan pakaian disetrika dengan suhu rendah (sekitar 110 derajat celsius), biasanya untuk pakaian berbahan nilon. Dua titik menandakan pakaian disetrika dengan suhu sedang (sekitar 150 derajat celsius), biasanya untuk pakaian berbahan poliester, wol, dan sutra. Tiga titik menandakan pakaian disetrika dengan suhu tinggi (sekitar 200 derajat celsius), biasanya untuk pakaian berbahan linen dan katun.

Nah, sekarang sudah tahu kan? Ayo, lebih peduli lagi terhadap pakaianmu dan rawat pakaianmu dengan benar!

Baca Juga: Tahukah Kamu Makna dari 7 Simbol Terkenal Ini?

Arifa H. Photo Verified Writer Arifa H.

Dreaming with eyes open

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya