Comscore Tracker

7 Negara dengan Kepemilikan Senjata Api Pribadi Terbanyak di Dunia

Negara apa ya kira-kira?

Senjata api merupakan salah satu senjata yang paling berbahaya dan mematikan karena sifatnya yang efektif serta dapat digunakan dalam jarak jauh. Namun senjata mematikan ini umumnya dimiliki oleh aparat penegak hukum dan jarang dimiliki oleh perseorangan karena dapat disalahgunakan dan justru berdampak pada maraknya kasus penembakan ataupun pembunuhan. 

Namun ada beberapa negara dengan penduduk yang memiliki senjata api terbanyak di dunia. Kira-kira negara mana saja? Yuk simak daftarnya berikut ini. 

1. Siprus

7 Negara dengan Kepemilikan Senjata Api Pribadi Terbanyak di Duniajustaboutcyprus.com

Kemudian terdapat negara Siprus yang mempunyai tingkat kepemilikan senjata api sebesar 36,4 dari setiap 100 orang penduduknya. Sehingga membuat negara di Medditerania ini menjadi peringkat ke ketujuh di dunia. 

Meskipun Siprus termasuk negara dengan pembatasan kepemilikan senjata api yang ketat, terutama jenis handgun dan riffle. Akan tetapi kepemilikan senjata shotgun untuk berburu diperbolehkan dan banyak dimiliki oleh orang-orang di Siprus. 

2. Uruguay

7 Negara dengan Kepemilikan Senjata Api Pribadi Terbanyak di Duniainstagram.com/emi.wanders/

Pertama-tama terdapat negara Uruguay yang termasuk dalam negara dengan jumlah pemilik senjata api terbanyak di dunia. Jumlah kepemilikan senjata api di negara ini sebesar 34,7 per 100 orang dan membuatnya berada di peringkat ke keenam. 

Besarnya angka pemilik senjata api di Uruguay disebabkan legalnya kepemilikannya untuk seseorang yang sudah berusia di atas 18 tahun. Namun, bagi seseorang yang memiliki senjata diharuskan untuk melakukan sejumlah pelatihan dasar dan ijin resmi dari otoritas setempat. 

3. Kanada

7 Negara dengan Kepemilikan Senjata Api Pribadi Terbanyak di Duniainstagram.com/carpediemcanada/

Kanada menjadi salah satu negara dengan tingkat kepemilikan senjata api terbanyak di dunia. Angka kepemilikan senjata api di Kanada mencapai 34,7 per 100 penduduk yang sama dengan angka kepemilikan senjata di Uruguay dan masuk dalam peringkat kelima terbanyak di dunia. 

Besarnya tingkat kepemilikan senjata api yang ada di Kanada karena diperbolehkannya warga untuk memiliki senjata api bagi warga yang berusia dewasa yang dapat melewati sejumlah tes. Namun hal tersebut juga menjadikan Kanada sebagai salah satu negara dengan kasus kematian akibat senjata api terbesar di dunia. 

Bahkan pada tanggal 20 April 2020 lalu, telah terjadi penembakan massal di Nova Scotia yang merenggut korban jiwa sebanyak 22 orang. 

Baca Juga: 8 Makanan yang Digunakan untuk Senjata Kejahatan, Harus Hati-Hati Nih

4. Serbia

7 Negara dengan Kepemilikan Senjata Api Pribadi Terbanyak di Duniainstagram.com/xing_masria/

Pada peringkat keempat sebagai negara dengan kepemilikan senjata api terbesar kedua di dunia adalah Serbia. Negara Eropa Timur tersebut memiliki rataan kepemilikan senjata api sebesar 39,1 untuk setiap seratus penduduknya. 

Tingginya kepemilikan senjata api di Serbia ditunjang oleh pemerintahnya yang memperbolehkan warganya untuk memiliki senjata pribadi. Akan tetapi untuk warga yang mengidap kelainan mental dan memiliki rekam kriminal tidak diperbolehkan untuk memilikinya. 

5. Montenegro

7 Negara dengan Kepemilikan Senjata Api Pribadi Terbanyak di Duniainstagram.com/kate_amel/

Montenegro juga menjadi salah satu negara dengan tingkat kepemilikan senjata terbesar ketiga di dunia, di mana jumlahnya setara dengan negara tetangganya Serbia. Terdapat sekitar 39,1 per 100 penduduk yang mempunyai senjata api pribadi di negara pecahan Serbia ini.

Tingginya angka kepemilikan senjata api di Montenegro disebabkan oleh keyakinan dari masyarakatnya untuk memiliki senjata untuk keamanan mereka, serta terdapat ketidakpercayaan masyarakat kepada polisi setempat. 

6. Yaman

7 Negara dengan Kepemilikan Senjata Api Pribadi Terbanyak di Duniaalislah-ye.com

Beralih ke Kawasan Timur Tengah, terdapat negara Yaman dengan tingkat kepemilikan senjata api terbesar kedua di dunia. Pada negara ini terdapat 52.8 dari 100 orang penduduknya yang memiliki senjata api pribadi. 

Tingginya tingkat kepemilikan senjata di Yaman ditunjang oleh kebijakan pemerintah setempat yang memperbolehkan warganya yang berusia di atas 18 tahun untuk memiliki senjata. Di lain sisi, untuk memiliki senjata di negara ini cukup mudah dan tidak diperlukan pelatihan teoritis maupun praktikal untuk hal ini. 

7. Amerika Serikat

7 Negara dengan Kepemilikan Senjata Api Pribadi Terbanyak di Duniainstagram.com/erin11914/

Terakhir adapun Amerika Serikat yang menjadi negara dengan tingkat kepemilikan senjata api terbesar seantero dunia. Bahkan jumlah pemilik di negara ini mencapai 120 dari 100 penduduknya yang mencapai dua kali lipat dibandingkan dengan kepemilikan senjata di Yaman. 

Banyaknya warga yang memiliki senjata api di negeri Paman Sam ini menimbulkan banyaknya kasus penembakan massal yang terjadi baik di sekolah maupun di tempat umum. Walaupun begitu, negara ini memiliki aturan mengenai kepemilikan senjata api pada setiap negara bagian, namun kebijakan tersebut dianggap kurang ketat dan cenderung menjustifikasi pada ras tertentu. 

Nah, itu tadi beberapa negara dengan kepemilikan senjata api terbesar di dunia yang pastinya perlu banget kalian ketahui. Semoga bisa menambah pengetahuan kalian tentang dunia. 

Baca Juga: 4 Jenis Pistol Paling Mematikan dengan Daya Tembak Luar Biasa

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya