Comscore Tracker

Penting Diketahui! Susu Kental Manis Punya 5 Hal Ini Lho

Ternyata begini?

Susu Kental Manis sudah tak asing di telinga, apa kamu juga penggemarnya? Jika ya, IDN Times akan kupas tuntas khusus untukmu.

Supaya makin jelas, kamu harus baca beberapa penjelasan berikut ini dulu ya. Semua didasarkan pada fakta kok, tapi kalau kamu menemukan informasi lain terkait fakta susu kental manis, boleh banget lho untuk sharing di kolom komentar. Sharing is caring!

1. Susu Kental Manis bisa dipergunakan untuk menu sarapan keluarga yang nikmat

Penting Diketahui! Susu Kental Manis Punya 5 Hal Ini LhoSusu kental manis untuk sarapan. (Shutterstock/MUNG_15)

Susu kental manis bisa menjadi ‘sahabat’ buat kamu yang anti ribet lho. Karena Susu kental Manis bisa digunakan menjadi campuran bahan sarapan andalan kamu.

Misalnya buat kamu yang buru-buru harus mengejar bus, bisa makan roti dengan isian susu kental manis di dalamnya. Praktis dan bisa dibawa kemana-mana. Susu Kental Manis juga bisa menjadi sarapan keluarga yang nikmat kok. Gak percaya? Praktekin aja di rumah.

Baca Juga: Susu Kental Manis Frisian Flag Gold: Rahasia di Balik Sarapan Nikmat

2. Pangan olahan tetap aman dikonsumsi asal higienis dan sesuai kebutuhan

Penting Diketahui! Susu Kental Manis Punya 5 Hal Ini LhoSusu kental manis untuk pendamping roti (Shutterstock/Sedthawit Tangsumpant)

Anggapan miring soal susu kental manis pasti pernah kamu dengar. Padahal panganan olahan Susu Kental Manis tetap aman dikonsumsi selama higienis dan sesuai dengan kebutuhanmu lho.

Pakar gizi senior dari Rumah Sakit Medistra, dr Cindiawati J Pudjiadi MARS, MS, SpGK memberikan pandangan terkait mitos diatas. Hasilnya, pangan olahan tetap aman dikonsumsi bila sesuai kebutuhan gizi dan proses produksinya higienis. Alumni spesialis gizi klinik di Universitas Indonesia ini menjelaskan mengenai polemik produk susu kental manis, sebagian besar produk susu dan olahannya dapat mengikuti saran penyajian.

Jadi jelas ya? Susu Kental Manis aman selama sesuai dengan saran penyajian dan dikonsumsi sesuai anjuran di kemasan. Ingat, secara umum apapun yang berlebihan itu gak baik!

3. Tidak ada larangan untuk mengkonsumsi Susu Kental Manis dengan cara diseduh

Penting Diketahui! Susu Kental Manis Punya 5 Hal Ini LhoSalah satu cara pemakaian susu kental manis. (Shutterstock/Shutter_M)

Mau membuat kopi atau teh hangat dicampur dengan susu kental manis? Boleh banget lho. Kamu gak perlu khawatir soal menyeduh susu kental manis menjadi campuran kopi atau teh hangat. Hal ini juga sudah dijelaskan oleh BPOM kok. 

Pada pengumuman BPOM terbit tanggal 23 September 2021, menegaskan bahwa pemberitaan susu kental manis di situs resminya tidak menuliskan adanya larangan untuk mengkonsumsi susu kental manis dengan cara diseduh. Jadi, boleh banget lho apalagi saat hujan-hujan minum kopi atau teh hangat dengan campuran susu kental manis.

4. Klarifikasi BPOM terkait karakteristik Susu Kental Manis

Penting Diketahui! Susu Kental Manis Punya 5 Hal Ini LhoSusu kental manis untuk topping roti. (Shutterstock/De Monstera Studio)

Badan Pengawas Obat dan Makanan RI (BPOM) memiliki pemikiran senada lewat klarifikasi resmi di laman http://pom.go.id yang diberi tajuk “PENJELASAN BADAN POM RI Tentang Pemberitaan Susu Kental Manis”, bahwa susu kental manis adalah produk susu yang memiliki karakteristik kadar lemak susu tidak kurang dari 8% dan kadar protein tidak kurang dari 6,5 persen (Perka No 34 tahun 2019).

“Saya mengajak kita semua, masyarakat, media, pemerintah memberikan informasi yang bermanfaat berbasiskan pengetahuan, sehingga membuat masyarakat menjadi teredukasi,” ujar Penny Lukito melalui laman resmi BPOM.

5. Susu kental manis simple tapi banyak kegunaannya lho

Penting Diketahui! Susu Kental Manis Punya 5 Hal Ini LhoSusu kental manis untuk topping buah. (Shutterstock/rukawajung)

Susu Kental Manis ini bisa dibilang produk yang simple. Kok bisa? Karena susu kental manis ini tersedia dimana-mana dan jangan lupa tersedia dalam berbagai jenis kemasan dan ukuran. Selain itu, pilih Susu Kental Manis yang bertuliskan di kemasan Full Cream dengan kandungan terdiri dari 9 mineral dan 5 vitamin dan mengandung 130 kkal per sasetnya, 6% kebutuhan kalori harian orang dewasa (berdasarkan sumber BPOM).

Jangan lupa juga, Susu Kental Manis ini punya banyak kegunaan lho. Misalnya buat yang simple tinggal diseduh air hangat jadi minuman yang nikmat, bisa jadi topping es buah, jus atau salad. Bahkan bisa jadi campuran untuk membuat dessert yang lezat. Siapa yang pernah bikin bubur kacang hijau bermodal Susu Kental Manis?

Jadi, masih ragu konsumsi susu kental manis? (WEB)

Baca Juga: Fakta Susu Kental Manis Bendera Gold yang Belum Banyak Diketahui  

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi
  • Anastasia Desire

Berita Terkini Lainnya