Comscore Tracker

7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Rumah dengan Mudah dan Ampuh!

Gak perlu protes ke operator lagi deh #ups

Sulit pastinya membayangkan hidup kita tanpa internet. Hari yang indah adalah hari di mana internet berfungsi dengan lancar sehingga kita bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik pula.

Hari yang buruk adalah saat Wi-Fi suka kacau atau lambat, sehingga pekerjaan kita ikut terganggu karenanya. Jika kamu merasa Wi-Fi di rumah berfungsi dengan kurang maksimal, berikut IDN Times kasih tips atau cara memperkuat sinyal Wi-Fi yang mudah untuk di lakukan dan ampuh.

1. Letakan router-mu di tempat yang terbuka.

7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Rumah dengan Mudah dan Ampuh!Internet

Signal Wi-Fi tidak bisa dengan mudah menembus benda-benda padat seperti tembok, pintu dan lain-lain. Jadi letakanlah router Wi-Fi mu di tengah ruangan, di daerah yang terbuka, sehingga signalnya dapat berjalan dengan lebih lancar.

2. Letakan di tempat yang tinggi.

7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Rumah dengan Mudah dan Ampuh!Sumber Gambar: .cnet.com

Biasanya, signal Wi-Fi berjalan searah dan menurun dari antenanya. Jadi akan lebih baik jika kamu menempatkan router itu di tempat yang tinggi. Kamu bisa letakan di atas rak, di atas meja, atau bahkan ditempelkan di dinding.

3. Jauhkan router dari benda elektronik lainya.

7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Rumah dengan Mudah dan Ampuh!Internet

Signal Wi-Fi dapat terganggu jika kamu meletakkan router tersebut dekat benda elektronik lain seperti televisi, komputer dan sebagainya. Pastikan routermu terletak di tempat yang jauh dari benda elektronik lain.

Baca Juga: Kamu yang Pekerjaannya Tergantung Sama Internet Pasti Paham 13 Penderitaan Ini

4. Arahkan antena-nya ke arah yang berlawanan.

7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Rumah dengan Mudah dan Ampuh!Techz

Cobalah bereksperimen dengan antena routermu. Carilah posisi yang terbaik untuk mereka. Biasanya, mengarahkan antena secara berlawanan akan memberikan signal terbaik di rumahmu.

5. Buatlah sebuah parabola penangkap signal dari kaleng bekas untuk antena router-mu.

7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Rumah dengan Mudah dan Ampuh!Larioja

Kamu bisa memotong dua buah kaleng bekas untuk membuat parabola dan meletakkanya di antena routermu. Hal ini dapat membuat signal Wi-Fi menjadi lebih kuat.

Kamu bisa menemukan berbagai tutorial untuk membuat alat ini melalui YouTube. Jika routermu tidak memiliki antena, kamu tetap bisa menerapkan trik ini, lihat saja contohnya di video ini.

6. Ukur kekuatan signal Wi-Fi dengan aplikasi yang menggambarkan peta signal Wi-Fi.

7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Rumah dengan Mudah dan Ampuh!Komando

Kamu bisa menemukan berbagai program di internet atau aplikasi di smartphone yang bisa memberikan peta yang menggambarkan kekuatan signal Wi-Fi di rumahmu.

Melalui gambaran tersebut, kamu bisa mengetahui letak yang paling tepat untuk routermu sehingga signal tersebut bisa merata di seluruh penjuru rumah.

7. Ganti chanel wireless router-mu.

7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi Rumah dengan Mudah dan Ampuh!Sumber Gambar: vox.com

Untuk mengurangi gangguan signal Wi-Fi dari saluran Wi-Fi di sekitar rumahmu, kamu bisa mengubah chanel Wi-Fi yang kamu pakai. Kamu bisa menemukan software tersebut di komputer atau mencari aplikasinya di smartphone.

Biasanya aplikasi ini bisa kamu temukan secara gratis atau dengan harga miring. Aplikasi tersebut dapat membantumu memindahkan chanel Wi-Fi yang kamu pakai sehingga tidak bentrok dengan saluran lain di sekitarmu.

Jika kamu sudah menerapkan berbagai trik atau cara memperkuat sinyal Wi-Fi di rumah seperti di atas, coba bandingkan apakah signal Wi-Fi mu masih tetap lemot? Jika sudah berhasil, jangan lupa berbagi tips ini dengan teman-temanmu!

Topic:

  • Wendy Novianto

Just For You