Comscore Tracker

5 Jenis Ikan Koi Termahal, Harganya Ada yang Mencapai Rp1 M! 

Ikan hias yang satu ini harganya bisa setara rumah

Koi yang berasal dari Jepang dianggap sebagai ikan pembawa keberuntungan atau hoki sekaligus simbol status sosial. Coraknya yang khas dan pola warna yang indah membuat banyak orang menyukai jenis ikan yang satu ini.

Sudah bukan rahasia umum lagi jika harga ikan koi bisa mencapai angka yang fantastis, apalagi untuk jenis yang memiliki corak unik di tubuhnya. Semakin bervariasi corak ikan koi, maka semakin mahal pula harganya. Inilah yang membuat ikan koi sangat diburu oleh para pecinta ikan hias.

Dilansir insmoothwaters.com, inilah daftar 5 jenis ikan koi termahal. Yuk, simak daftar harganya berikut ini!

1. Kohaku 

5 Jenis Ikan Koi Termahal, Harganya Ada yang Mencapai Rp1 M! potret ikan koi jenis kohaku (instagram.com/hanurakoi)

Ikan koi kohaku adalah ikan koi yang paling terkenal dan paling tua di antara jenis ikan koi lainnya. Ikan koi ini memiliki ciri berwarna putih solid dengan sedikit warna merah pada tubuhnya. Ikan koi kohaku memiliki banyak variasi, di antaranya kohaku gin rin, kohaku doitsu, kohaku tancho, dan kohaku maruten.

Coraknya yang indah dan ukurannya yang besar membuat ikan hias dengan varietas kohaku ini sempat terjual dengan harga hingga Rp 1,1 miliar di ajang pelelangan Ikan Koi Niigata pada tahun 2020. Harga yang cukup fantastis hanya untuk seekor ikan, bukan?

2. Tancho 

5 Jenis Ikan Koi Termahal, Harganya Ada yang Mencapai Rp1 M! ikan koi jenis tancho (instagram.com/nishikoiofficial)

Jenis koi yang satu ini sangat unik karena memiliki corak seperti bendera Jepang, yakni memiliki warna dasar putih di tubuhnya dan pada bagian kepalanya terdapat warna merah menyala yang berbentuk lingkaran. Ikan koi tancho memiliki beberapa variasi, antara lain tancho gin rin, tancho rin, dan doitsu tancho.

Koi tancho sangat dihormati di industri koi Jepang karena kemiripannya dengan Grus Japonensis atau Red Crowned Crane. Untuk 1 ekor koi tancho ini dihargai antara Rp700 ribu hingga Rp1 juta per ekornya.

Baca Juga: 5 Spesies Ikan yang Coraknya Seperti Hewan Lain, Ada Ikan Jerapah

3. Showa 

5 Jenis Ikan Koi Termahal, Harganya Ada yang Mencapai Rp1 M! potret ikan koi jenis showa (instagram.com/evolutionkoi)

Showa atau dikenal juga dengan showa sanshoku atau showa sanke memiliki kombinasi warna merah, putih, dan hitam pada tubuhnya. Showa yang berkualitas mempunyai warna hitam yang pekat dan mengkilat.

Ikan koi showa sanshoku memiliki variasi, antara lain showa tancho, showa maruten, showa gin rin, showa doitsu, dan showa kin. Harga jenis koi ini ditaksir mencapai Rp1 juta per ekornya.

4. Ogon  

5 Jenis Ikan Koi Termahal, Harganya Ada yang Mencapai Rp1 M! potret ikan koi jenis ogon (instagram.com/swadayakoi)

Ikan ini sangat disukai oleh para kolektor ikan koi. Jenis ini memiliki ciri khas warna kuning keemasan yang mengkilap pada area kepala dan sisiknya. Warna Koi ogon juga tidak akan berubah menjadi gelap meskipun suhu kolam sedang naik. Koi ogon terkadang juga memiliki warna perak yang mengkilap ketika mendapatkan cahaya matahari.

Koi ogon ini dapat dikategorikan sebagai salah satu jenis ikan koi paling digemari. Selain warnanya yang memukau, ikan koi ini pun dapat tumbuh hingga mencapai lebih dari 25 cm, lho! Kisaran harga untuk satu Koi ogon dewasa adalah Rp1,2 juta hingga Rp1,5 juta. Cukup merogoh kocek, bukan?

5. Asagi 

5 Jenis Ikan Koi Termahal, Harganya Ada yang Mencapai Rp1 M! potret ikan koi jenis asagi (instagram.com/rude_koi)

Ikan koi asagi adalah jenis ikan koi yang memiliki pola jaring berwarna biru di bagian atas punggungnya. Pada bagian perut ikan, insang, sirip, dan tubuhnya terdapat corak warna merah atau oranye. Pola warna tersebut akan semakin besar seiring dengan bertambahnya usia ikan.

Ikan koi asagi memiliki beberapa variasi, antara lain asagi gin rin dan hi asagi. Corak tubuh berwarna perak kebiruan yang mendominasi tubuhnya membuat harga ikan koi yang satu ini termasuk mahal. Taksiran harga ikan koi asagi berkisar di antara Rp1,1 juta hingga Rp1,5 juta per ekornya.

Bagi pencinta ikan koi, tentu soal harga bukanlah menjadi masalah yang berarti. Namanya juga hobi, biar mahal pasti dibeli juga, kan? Kalau kamu suka dengan jenis ikan koi yang mana, nih?

Baca Juga: 5 Fakta Naga Hitam, Ikan Laut Dalam yang Disebut Mirip Alien

Ika Larasati Photo Verified Writer Ika Larasati

Happy single mom who loves cooking, baking, travelling, reading, eager to learn something new

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya