Comscore Tracker

7 Kampus Luar Negeri Ini Menyediakan Buka Puasa Saat Ramadan Lho!

7 Kampus ini menyediakan takjil dan makan malam gratis!

Bulan ramadan adalah bulan yang penuh berkah. Semua umat muslim di dunia berlomba-lomba mencari pahala dan ridho Allah SWT, karena bulan suci ini penuh dengan keistimewaan dan pahala yang berlipat ganda.

Tidak ketinggalan umat muslim dunia akan lebih meningkatkan ketakwaan dan berbagi kebahagiaan dengan sesama.

Di berbagai negara pada saat bulan ramadan, kita akan melihat nuansa yang berbeda dengan menawarkan segala ke khasan masing-masing.

Berikut adalah 10 kampus-kampus dari berbagai negara yang selalu rutin menyediakan menu iftar dan makan malam gratis untuk mahasiswanya ditiap bulan ramadan.

Disini kita akan melihat rasa toleransi yang tinggi dari mahasiswa non muslim yang ikut sibuk membantu menyediakan dan membagikan makanan berbuka puasa untuk teman-temannya yang beragama islam. Satu contoh toleransi yang patut kita teladani.

1. University of York, Inggris

7 Kampus Luar Negeri Ini Menyediakan Buka Puasa Saat Ramadan Lho!Facebook/Manchesteruniversity

Universitas yang berlokasi dikota York, Inggris ini memiliki kebiasaan membuat jamuan buka puasa untuk semua mahasiswa dan staff muslim. Melalui asosiasi mahasiswa muslim dari Universitas York ini, mereka menggalang dana dan menyediakan menu buka puasa selama sebulan penuh dan gratis bagi siapa saja. Sajian buka puasa ini bukan hanya untuk mahasiswa muslim saja, tapi mereka yang non muslim pun diundang untuk menikmati hidangan lezat selama satu bulan penuh!

Dalam undangan mereka menuliskan, "Untuk non muslim dipersilahkan juga hadir. Kita akan bisa lebih mengenal budaya dan agama islam, dan lebih mengenal budaya mahasiswa lain dari berbagai negara."

Indah sekali bukan?

2. Istanbul Aydin universitesi - Turkey

7 Kampus Luar Negeri Ini Menyediakan Buka Puasa Saat Ramadan Lho!Facebook/istanbulaydinuniversity

Dari namanya kita tahu lokasi universitas ini ada di Istanbul, Turki. Di universitas ini ada ratusan mahasiswa dari berbagai negara, terutama mahasiswa dari negara-negara islam, termasuk Indonesia. 

Bulan ramadan adalah hal yang paling menyenangkan buat mahasiswa yang biasanya tidak punya uang lebih dan jauh dari keluarganya. Disini, bulan ramadan selalu sibuk dengan berbagai kegiatan untuk mengisi bulan suci ini, termasuk menyediakan hidangan berbuka dan makan malam secara gratis selama satu bulan penuh.

 

3. Paris - Sorbonne University Abu Dhabi

7 Kampus Luar Negeri Ini Menyediakan Buka Puasa Saat Ramadan Lho!Facebook/paris-sorbonneuniversityabudhabi

Aktifitas rutin tahunan dibulan ramadan ini juga dilakukan oleh Universitas Paris - Sorbonne Abu Dhabi ini. 

Universitas ini berdiri atas kerjasama antara Universitas Paris-Sorbone dan pemerintahan Abu Dhabi. Maka tidak heran banyak mahasiswa dari negara eropa juga yang menuntut ilmu di universitas Abu Dhabi ini.

Takjil juga disediakan untuk mahasiswa dan seluruh staff nya. 

4. La Trobe University

7 Kampus Luar Negeri Ini Menyediakan Buka Puasa Saat Ramadan Lho!Facebook/latrobeuniversityislamicsociety

Khusus untuk universitas ini, mereka tidak setiap hari menyediakan takjil dan makan malam gratis. Selama bulan ramadan, dalam satu minggu hanya 5 hari panitia yang tergabung dalam asosiasi muslim di universitas ini menyediakan takjil gratis.

Tapi tentunya hal ini sangat disyukuri oleh mahasiswa yang beragama islam, selain hidangan yang gratis mereka bisa lebih berinteraksi dengan mahasiswa lain dari berbagai negara selama bulan ramadan ini.

5. New Castle University

7 Kampus Luar Negeri Ini Menyediakan Buka Puasa Saat Ramadan Lho!Facebook/newcastleuniversityislamicsociety

Kegiatan amal dengan berbagi takjil dan makan malam juga diselenggarakan di New Castle University, Inggris ini.

Biasanya setelah berbuka mereka akan melanjutkan dengan kegiatan shalat tarawih dan membaca Al Quran atau tadarusan.

6. Oregon State University

7 Kampus Luar Negeri Ini Menyediakan Buka Puasa Saat Ramadan Lho!Facebook/Muslimstudentassociationatoregonstaeuniversity

Tak jauh berbeda dengan kampus-kampus lain, universitas di Oregon, Amerika ini juga ikut meramaikan ladang amal dengan memberikan takjil gratis. Mahasiswa dari berbagai bangsa dan agama bergabung untuk membagikan makanan buat mahasiswa atau siapapun yang mampir ke kampus mereka.

7. University of Notingham

7 Kampus Luar Negeri Ini Menyediakan Buka Puasa Saat Ramadan Lho!Facebook/nottinghamuniversitymuslimsociety

Suasana menyenangkan dan ceria selalu bisa kita temukan saat bulan ramadan di University of Nothingham ini. 

Ada seorang panitia menuturkan bahwa dia selalu berdoa pada saat berpuasa, dan dia percaya bahwa doa orang yang berpuasa adalah doa yang 'tidak tertolak'. Selain dia sibuk menyediakan hidangan buka puasa, dia pun akan sangat sibuk berkeliling ke jalan-jalan untuk membagikan takjil untuk para tuna wisma dan anak jalanan. Sampai dia sendiri melupakan bahwa dia harus berbuka sebentar lagi. Bungkusan makanan ditangannya hanya tinggal satu, dan dia masih melihat seorang tuna wisma di pinggir jalan. Dalam hati dia berdoa, "Semoga Allah memberikan Qatayep makanan kesukaannya (khas timur tengah) untuk berbuka." 

Dan dia pun memberikan bungkusan terakhir pada tuna wisma di pinggir jalan itu.

Saat berbuka tinggal 5 menit, dia pun harus kembali bergegas menuju kampus, tapi ditengah jalan dia dihentikan oleh seorang ibu. Wanita tua itu memberikan bungkusan padanya, dan wanita itu hanya berkata "Ini untukmu, God bless you!"

Saat dia buka, ternyata isinya Qatayep! Makanan kesukaannya. Dan dari saat itu dia semakin yakin bahwa janji Allah itu 'cash and carry'. 

Dan dia semakin bersemangat untuk terus berbagi.

Kusumavati Dee Photo Writer Kusumavati Dee

I'm simply me as me as i can be.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya