Comscore Tracker

Apa bedanya Parfum, Eau de Perfume, Eau de Toilette, Eau de Cologne?

Eau de Toilette, wanginya kayak toilet?

Saat kamu hendak pergi ke supermarket dan membeli parfum, pernah nggak kamu mengamati tulisan yang tertera di botolnya?

Tulisan seperti Parfume, Eau de Parfume, Eau de Toilette, dan Eau de Cologne, biasanya tertera di botol kan? Akan tetapi, Tahukah kamu apa arti dan perbedaan dari tulisan dibotol tersebut? Tulisan berbahasa Prancis ini bukan hanya sebagai dekorasi agar harganya menjadi lebih mahal loh! Tapi tulisan ini menjelaskan tentang bahan dan indikasi keawetan wanginya pada saat digunakan.

Yang menjadi perbedaan utamanya yaitu adalah pada kadar essential oil yang terkandung di dalamnya. Essential oil ini mempengaruhi aroma dan seberapa lamakah wanginya menempel di tubuh.

Untuk lebih lanjutnya yuk kita bahas satu persatu...

1. Parfum

Apa bedanya Parfum, Eau de Perfume, Eau de Toilette, Eau de Cologne?Fragrantica.com

Parfum memiliki konsentrat tinggi dan halus diantara golongan wewangian yang lainnya. Kandungan essential oilnya juga yang paling kuat karena terdiri dari 20 persen - 40 persen essential oil atau konsentrat bahan wewangian.

Oleh karena itu, jenis minyak wangi dengan jenis parfum biasanya tahan lama hingga enam sampai tujuh jam, wanginya juga tidak cepat menguap, dan yang pasti mahal harganya. Minyak wangi ini cocok untuk aktivitas seharian.

2. Eau de Parfum

Apa bedanya Parfum, Eau de Perfume, Eau de Toilette, Eau de Cologne?Chanel.com

Berbeda halnya dengan Eau de parfum. Eau de parfum memiliki lebih sedikit essential oil daripada parfum yaitu 10-15 persen.

Wanginya bertahan 4-6 jam saja. Namum wanginya masih seenak parfum, dan tentu harganya lebih terjangkau daripada parfum. Parfum jenis ini juga cocok untuk aktivitas seharian.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Parfum Aroma Vanilla yang Cocok Kamu Pakai Saat Kencan

3. Eau de Toilette

Apa bedanya Parfum, Eau de Perfume, Eau de Toilette, Eau de Cologne?hermes.com

Eau de toilette baunya ngak seperti di toilet loh ya!

Eau de toilette memiliki wangi yang ringan. Kadar alkohol yang ringan serta konsentrat wanginya 4-10 persen. Biasanya hadir dalam bentuk spray sehingga bisa dibawa kemana saja serta harganya yang terjangkau. Wangi dari Eau de toilette juga nggak bertahan lama, hanya sekitar 3-4 jam saja!

4. Eau de Cologne

Apa bedanya Parfum, Eau de Perfume, Eau de Toilette, Eau de Cologne?dressinn.com

Eau de cologne lebih bermanfaat ke body mist atau body splash. Karena kandungan alkohol yang tinggi hingga 5% serta kandungan konsentrat yang rendah dibandingkan dengan golongan yang lainnya. Aromanya lebih cepat menguap dan hanya bisa bertahan 2-3 jam saja. Nggak lama kan? Eau de cologne dipasaran lebih dikenal sebagai body mist, body spray, atau body splash.

Baca Juga: 10 Cara Memakai Parfum dengan Benar & Efektif, Jangan Asal Semprot!

Mei Dwi Photo Writer Mei Dwi

Mulai menulis dan menulis lagi untuk berbagi info, dan semoga bermanfaat untuk kita semua. Mulai melangkah dari satu langkah kecil agar terbiasa melangkah dan berlari. Find me on Instagram : @meidwi15

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya