Comscore Tracker

Ternyata Ini Alasan Kenapa Banyak Tokoh Kartun Berwarna Kuning!

Sudah tahu belum?

Semenjak kecil kita selalu disuguhkan banyak sekali tontonan tokoh kartun yang tayang di TV Nasional. Banyak sekali tokoh kartun yang tayang yang bahkan kita tidak ingat dengan detail seperti apa tokoh kartun tersebut. Tapi setidaknya, kita dapat mengingat warna yang digunakan dalam kartun tersebut.

Tapi tahukah kamu, kenapa banyak sekali tokoh kartun yang sering kali menggunakan warna kuning dalam filmnya? Yuk, kita cari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Warna kuning merupakan warna yang ceria

Ternyata Ini Alasan Kenapa Banyak Tokoh Kartun Berwarna Kuning!variety.com

Banyak sekali karakter tokoh kartun yang menggunakan warna kuning. Seperti Spogebob Squarepants, Minions, The Simpsons, dan masih banyak lagi.

Mengapa banyak sekali produser tokoh kartun menggunakan warna kuning sebagai warna dasar karakter mereka. Nah! Menurut psikologi, warna kuning merupakan warna yang cerah dan menggambarkan keceriaan. Sehingga sangat cocok jika dijadikan sebagai warna tokoh kartun. Hal ini, bertujuan untuk menarik perhatian dan menghibur para penonton, terutama anak-anak.

2. Warna kuning merupakan warna yang terang

Ternyata Ini Alasan Kenapa Banyak Tokoh Kartun Berwarna Kuning!america.aljazeera.com

Mengapa warna kuning? Jika kita melihat warna pelangi, yang terdiri dari merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, dan ungu (mejikuhibiniu), warna kuning merupakan warna yang paling terang diantara warna lainnya.

Alasan lainnya, karena warna kuning sangat menonjol jika disandingkan dengan warna apapun di layar yang menjadi latar belakang dalam kartun tersebut. Sehingga, tidak membuat kita kebingungan akan latar ataupun karakter yang berada di layar tersebut.

3. Cocok untuk mereka yang buta warna

Ternyata Ini Alasan Kenapa Banyak Tokoh Kartun Berwarna Kuning!dotesports.com

Menurut penelitian, orang yang memiliki masalah akan buta warna, dapat melihat beberapa warna. Namun, tidak semua warna yang ada dapat mereka bedakan. Seperti warna merah dan warna hijau. Tapi mereka dapat membedakan warna kuning dan warna biru.

Inilah alasan kenapa banyak sekali pembuat tokoh kartun sering sekali menggunakan warna kuning sebagai warna dasar tokoh kartun mereka. selain, merupakan warna yang cerah dan ceria, warna ini juga sangat friendly dengan mereka yang buta warna. Sehingga semua orang dapat menikmati tokoh kartun kesukaan mereka dengan nyaman.

Muhammad Al Fian Photo Writer Muhammad Al Fian

Hello, My name is Muhammad Alfian, and im student of Science Communication untan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya