Comscore Tracker

Nostalgia, Ini 6 Lagu Religi Ungu yang Hits di 2000-an

Pernah menjadi lagu kebangsaan setiap bulan Ramadan

Setelah cukup lama vakum, Ungu akhirnya kembali merilis lagu untuk menyambut Ramadan. Pada tahun 2019 ini, dengan formasi lengkap, Pasha cs menyapa pendengar via tembang berjudul Hasbunallah yang sudah diluncurkan di channel YouTube resmi label mereka.

Sebelumnya, Ungu memang dikenal rajin melahirkan single tepat atau menjelang Ramadan, setidaknya hingga tahun 2009. Sebagai nostalgia, ini beberapa lagu bertema religi buatan Ungu yang sempat menjadi penghias bulan puasa di era 2000-an lalu.

1. SurgaMu

https://www.youtube.com/embed/o83A8Cu68lI

Ini adalah lagu yang mengawali kebiasaan Ungu meluncurkan lagu bertema religi. Dirilis pada tahun 2006, SurgaMu adalah single utama dari album religi mereka yang berjudul sama.

Lirik lagu ini memang sangat dalam. Berisi pengakuan seseorang bahwa dirinya adalah seorang hamba yang berlumur dosa dan selalu berharap ampunan dari Yang Maha Kuasa.

2. Andai Ku Tahu

https://www.youtube.com/embed/2HVIwbz39os

Selain SurgaMu, album rohani perdana Ungu juga melahirkan hits Andai Ku Tahu. Berbeda dengan single pertama yang memiliki beat slow, tembang ini hadir dengan nuansa sedikit lebih energik dan tetap ramah-radio.

3. Sesungguhnya

https://www.youtube.com/embed/KTrEsj20lWM

Setelah album religi pertama cukup sukses di pasaran, Ungu kemudian melepaskan album religi kedua mereka di tahun 2007. Bermodalkan lima buah lagu, paket ini mengandalkan Sesungguhnya sebagai single utama.

Secara nuansa, Sesungguhnya, yang ditulis oleh Oncy sang gitaris, mengambil warna mirip dengan SurgaMu. Nomor ini sendiri sempat menjadi original soundtrack sinetron berjudul Soleha.

Baca Juga: 10 Lagu Hits Band Ungu Era 2000-an yang Bikin Ingat Cinta Pertama

4. Para PencariMu

https://www.youtube.com/embed/IsYB_SuUwZI

Ditulis oleh Pasha, ini adalah single kedua dari album Para PencariMu. Seperti lagu Sesungguhnya, Para PencariMu juga dijadikan original soundtrack sinetron Ramadan berjudul Para Pencari Tuhan.

Khas lagu religi lainnya, lirik tembang ini juga bermakna sangat dalam. Dibalut dengan musik pop-rock, Para PencariMu menjadi salah satu lagu religi karya Ungu yang paling dikenang hingga detik ini.

5. Dengan NafasMu

https://www.youtube.com/embed/GLFAep3KTTY

Rutinitas Ungu melahirkan lagu religi untuk menyambut Ramadan berlanjut pada tahun 2008. Saat itu, band ini meluncurkan album Aku dan Tuhanku dengan hits single Dengan NafasMu.

Lagu ini sendiri ditulis oleh Enda yang memegang departemen gitar. Masih berwarna pop khas band, Dengan NafasMu merupakan tembang yang rajin wara-wiri di televisi dan radio kala itu.

6. Dia Maha Sempurna

https://www.youtube.com/embed/Lr_nyEruW4g

Ungu kembali menerbitkan album religi pada tahun 2009 berjudul Maha Besar. Namun, berbeda dengan tiga album sebelumnya, paket ini hanya memuat tiga lagu (enam jika ditambah versi karaoke) sehingga lebih cocok disebut sebagai mini-album.

Album Maha Besar sendiri mengedepankan Dia Maha Sempurna sebagai single utama. Nomor ini punya aura yang lebih nge-rock dengan video klip yang cenderung gelap. Sebagian liriknya mengutip Ayat Kursi.

Baca Juga: Album Baru Segera Rilis, Yuk Nostalgia dengan 6 Era Musik Taylor Swift

Binar Photo Verified Writer Binar

Penggemar Radiohead dan kopi

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You