Comscore Tracker

7 Film Jepang Tema Romantis Paling Berkesan di Tahun 2000an

#2000an Romantis dan membekas dalam ingatan

Film romantis pasti memiliki kesan sendiri yang mampu membawa penonton hanyut ke dalam ceritanya. Ekspresi cinta yang menggebu-gebu atau justru dipendam yang bikin geregetan. Akhir yang diduga akan bahagia ternyata justru menyedihkan. Semua dapat dirasakan ketika menonton film bergenre drama romantis, tidak terkecuali film Jepang. Bagi penyuka film Jepang bergenre drama romantis pasti pernah menonton salah satu film berikut.

1. Koizora (2007)

7 Film Jepang Tema Romantis Paling Berkesan di Tahun 2000andeviantart.com/

Koizora menceritakan seorang gadis bernama Mika (Yui Aragaki) yang kehilangan handphone dan ditemukan oleh Hiro (Haruma Miura). Berawal dari situ, Hiro menelepon Mika setiap hari. Sampai mereka berjanji untuk bertemu, namun Mika terkejut jika lelaki yang ditemuinya adalah Hiro, berandalan di sekolah. 

Siapa sangka bahwa Hiro ternyata baik hati dan menyimpan banyak hal yang tidak diketahui orang lain, termasuk penyakitnya. Film menyedihkan ini diambil dari kisah nyata yang diadaptasi menjadi film (2007) dan dorama (2008).

2. I Give My First Love to You (2009)

7 Film Jepang Tema Romantis Paling Berkesan di Tahun 2000annontonsini.com/

Mayu (Mao Inoue) dan Takuma (Masaki Okada) bersahabat sejak kecil. Mayu merupakan anak dari Mr. Taneda, dokter yang menangani Takuma. Takuma memiliki penyakit yang membuat hidupnya tidak lama lagi. Sejak saat itu, Mayu dan Takuma berjanji untuk selalu bersama sampai menikah nanti. 

Namun, sebelum mereka menikah, Takuma meninggal. Mayu tetap menepati janjinya dengan mengenakan gaun pengantin serta membawa abu dari jasad Takuma.

3. Taiyou No Uta (2006)

7 Film Jepang Tema Romantis Paling Berkesan di Tahun 2000anpinterest.com

Film ini dibintangi oleh Yui, demikian pula soundtracknya yang berjudul "Goodbye Days" juga nyanyikan oleh Yui. Taiyou no Uta atau Midnight Sun, mengisahkan seorang gadis bernama Kaoru (Yui) yang menderita Xeroderma Pigmentosum. Hal tersebut membuat Kaoru hanya bisa melakukan aktivitas di luar ruangan ketika malam hari. Saat siang hari ia mengamati dunia dari balik jendela kamarnya. 

Sampai suatu hari Kaoru tertarik dengan anak laki-laki bernama Kouji (Takashi Tsukamoto) yang sering menunggu bus ke sekolah di dekat rumahnya. Seiring waktu berlalu, mereka menjalin cinta. Kaoru tetap berjuang dengan dukungan Kouji. Kouji pun membantu Kaoru untuk masuk dapur rekaman, walaupun akhirnya lagunya rilis dan populer setelah ia meninggal.

Baca Juga: 10 Potret Manisnya Gege Elisa di Jepang, Hits Banget!

4. My Rainy Days (2009)

7 Film Jepang Tema Romantis Paling Berkesan di Tahun 2000an.drakor-id.com/

My Rainy Days memiliki cerita yang cukup unik dari ketiga film sebelumnya. Seorang gadis panggilan bernama Rio Ozawa (Nozomi Sasaki), pada awalnya menjebak temannya atas nama persahabatan untuk masuk dalam dunia malam. Namun, Rio berusaha untuk meninggalkan dunia malam setelah mengenal Kouki Ozawa (Shosuke Tanihara) dan jatuh cinta padanya.

5. Tada Kimi wo Aishiteru (2006)

7 Film Jepang Tema Romantis Paling Berkesan di Tahun 2000anpinterest.com/

Pertemuan antara Shizuru (Aoi Miyazaki) dengan Makoto (Hiroshi Tamaki) ketika hendak menyebrang jalan merupakan awal cerita dari film ini. Makoto memiliki hobi fotografi dan ingin masuk ke dalam sebuah hutan terlarang. Shizuru mengikutinya dan mereka menemukan pemandangan yang indah. 

Sejak saat itu lah mereka semakin dekat, walaupun kisah mereka tidak mulus. Setelah Makoto mewujudkan keinginan Shizuru, tiba-tiba Shizuru menghilang. Shizuru mengadakan pameran foto di New York untuk Makoto. Tapi, mereka dipertemukan atau tidak?

6. Su-ki-da (2005)

7 Film Jepang Tema Romantis Paling Berkesan di Tahun 2000anphim7v.com/

Film ini menceritakan perjalanan cinta dari remaja hingga dewasa seorang gadis bernama Yu Hirahara (Aoi Miyazaki) dan anak laki-laki Yosuke Fuji (Eita). Yu mencintai Yosuke ketika masih remaja, namun tidak demikian dengan Yosuke. Yosuke menyukai Kakak Yu. Kakak Yu mengalami kecelakaan dan koma, Yu merasa bersalah. Setelah sekian lama berpisah, Yu dewasa (Hiromi Nagasaku) dipertemukan kembali dengan Yosuke (Hidetoshi Nishijima).

7. April Bride (2009)

7 Film Jepang Tema Romantis Paling Berkesan di Tahun 2000anasianwiki.com/

Salah satu film di era 2000an yang recommended untuk ditonton kembali. Film ini diambil dari kisah nyata, seorang wanita bernama Chie Nagashima (Nana Eikura) yang mengidap kanker payudara. Chie bertemu dengan Taro Akasu (Eita) ketika presentasi sebuah produk perusahaannya. Mereka semakin dekat, hingga Taro bersungguh-sungguh ingin bersama Chie dan meminta restu pada keluarga Chie. 

Ayah Chie pun meresetuinya dan mereka bahagia. Tidak berhenti sampai di situ, Chie harus melakukan operasi payudara sebanyak dua kali. Sebelum ia meninggal, Chie dan Taro melangsungkan pernikahan. Keluarga Taro yang awalnya tidak setuju pun turut hadir dan merestui.

Biasanya Jepang mengadaptasi film dari manga, anime, novel atau bahkan kisah nyata. Jadi, film yang mereka produksi tidak jarang terlihat natural seperti kehidupan nyata. Apalagi mereka menyelipkan unsur budaya dan keindahan alam Jepang. Walaupun bergenre drama romantis, tapi tidak sekedar tentang cinta. Ada nilai kehidupan yang bisa dipetik.

Film Jepang bergenre romantis mana yang jadi koleksimu? Film mana yang paling membekas di ingatanmu?

Baca Juga: 5 Channel YouTube yang Cocok Banget Buat Belajar Bahasa Jepang

Fatma Roisatin Nadhiroh Photo Verified Writer Fatma Roisatin Nadhiroh

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You