Comscore Tracker

Punya Nokia 3310? Kamu Pasti Pernah Melakukan 6 Kebiasaan Ini

#2000an Awas tersenyum sendiri

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia nostalagia adalah kenanagan manis pada masa yang telah lama silam. Pastinya, seluruh manusia memiliki kenangan di dalam benaknya.

Tidak dipungkiri bahwa pada tahun 2000an mobile phone atau hand phone (HP) dengan fitur yang dimilikinya merupakan alat komunikasi yang canggih pada masanya. Namun bila dibandingkan dengan kemajuan jaman sekarang pastilah kecanggihan tersebut telah usang dan ditelan oleh waktu.

Tetapi kenangan manis tidak akan binasa oleh waktu, bila diingat kembali akan membuat kita terkadang tersenyum sendiri. Mari kita bernostalgia sejenak dengan perangkat handphone Nokia 3310 yang populer pada awal 2000an yang sering pemiliknya lakukan.

1. Layar kecil, tidak berwarna, tapi memilikinya sedikit menaikkan martabat walaupun HP sejuta umat

Punya Nokia 3310? Kamu Pasti Pernah Melakukan 6 Kebiasaan Iniwikimedia.org

Handphone di awal tahun 2000an masihlah berlayar kecil dan belum berwarna alias monochrome . Diawal kehadirannya, Nokia 3310 merupakan barang mewah, maklum belum tentu semua orang memilikinya. Karena untuk berkomunikasi biasanya menggunakan telepon rumah atau langsung berkunjung kerumah. Memilikinya merupakan suatu kesenangan sendiri pada masa itu.

Namun siapa sangka Nokia 3310 merupakan salah satu HP dengan penjualan terlaris, yakni terjual hingga 125 juta unit. Tak dipungkitri HP ini adalah HP sejuta umat pada masanya.

2. Ringtone yang masih monophonic

https://www.youtube.com/embed/PHFVdh3wqYU

Kebiasan dulu yang sering dilakukan adalah dengan membuat ringtone sendiri. Dengan berbekalkan buku musik ataupun majalah-majalah yang berisikan kolom ringtone. Maklum, perangkat ini masih bernada monophonic.

Ataupun bila ada teman yang memiliki ringtone yang bagus, biasanya kita akan saling tukar ataupun mencontoh ringtone tersebut.

Baca Juga: Masih Punya ‘Setrika Jadul’? Ini 7 Hal Uniknya yang Penuh Nostalgia

3. Tidak takut rusak bila terjatuh

https://www.youtube.com/embed/bQ_M1Ul6DxY

Handphone ini terbilang bandel. Bahkan bila terjatuh dari ketinggian sekalipun handphone ini akan masih dapat berfungsi. Bandingkan dengan handphone jaman sekarang?

Terjatuh sedikit saja akan mengurangi estetika atau fungsinya. Nokia 3310 tidak memerlukan hard case untuk melindungi body nya seperti kebanyakan HP sekarang ini.

4. Gonta-ganti casing

Punya Nokia 3310? Kamu Pasti Pernah Melakukan 6 Kebiasaan Inijseo.com

Kebiasaan lainnya adalah sering gonta-ganti casing dengan maksud untuk tampil beda dan tidak monoton. Berbagai warna dan gambar casing dapat dengan mudah ditemui di toko aksesoris HP pada saat itu.

5. Daya tahan baterai yang lama

Punya Nokia 3310? Kamu Pasti Pernah Melakukan 6 Kebiasaan Inigrid.id

Kelebihan lain dari handphone ini adalah daya baterai yang cukup lama. Bahkan bisa diisi ulang dayanya 2-3 hari kemudian. Karena handphone ini benar-benar sebagai alat komunikasi. Bandingkan dengan perangkat sekarang ini yang segala kebutuhan bisa dilakukan melalui HP yang membuat daya baterai cepat habis.

6. Mainkan game Snake II di waktu luang dan memecahkan rekor teman

https://www.youtube.com/embed/8PITk3lX0CM

Nokia 3310 hadir dengan fitur hiburan berupa permainan game. Game yang paling populer di handphone ini adalah snake, dan biasanya akan saling tukar handphone untuk memecahkan rekor nilai yang ada.

Itulah beberapa hal nostalgia selama menggunakan Nokia 3310. Bila kamu ingin memilikinya lagi, kamu dapat membeli Nokia 3310 reborn walaupun fiturnya-fiturnya telah disesuaikan dengan teknologi zaman sekarang.

Baca Juga: 5 Desain Unik Ponsel Nokia Jadul yang Bikin Kangen

Zainal Arifin Photo Writer Zainal Arifin

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya