Comscore Tracker

Siapkan Mental, Ini 10 Rekomendasi Drama Korea tentang Psikopat 

Ada D.O. (EXO) yang siap bikin kamu ketar-ketir!

Jalan cerita yang menegangkan dan misteri yang membuat penasaran menjadikan drama genre thriller sebagai alternatif tontonan jika kalian bosan dengan genre romance.

Drakor tentang psikopat memang punya kisah yang mengerikan. Namun, tak sedikit penggemar drama genre thriller yang membuat para penonton penasaran dengan alur tidak terduga, menegangkan, dan membuat penonton geleng-geleng kepala dibuatnya.

Tertarik menontonnya? Langsung saja simak rekomendasi drakor psikopat yang sudah dirangkum dalam beberapa judul berikut ini.

 

1. Mouse

https://www.youtube.com/embed/3CllfvNwsrw

Drama tentang psikopat yang pertama adalah Mouse yang dibintangi Lee Seung-Gi dan Park Ju-Hyun yang tayang pada 2021 lalu.

Drama dengan genre thriller ini menceritakan tentang kisah seorang perwira polisi pemula bernama Jung Ba-Reum (Lee Seung-Gi) yang dikenal sebagai polisi yang baik serta ingin menegakkan keadilan. Dia harus bekerja sama dengan Go Mu-Chi (Lee Hee-Joon) seorang detektif yang mengejar seorang pembunuh berantai yang telah membunuh orangtuanya.

Kisah menegangkan yang menanyakan pertanyaan kunci, "Bagaimana jika kita dapat mengidentifikasi psikopat sebelumnya?"

Pembunuhan kejam seorang pembunuh berantai yang gila-gilaan telah membuat seluruh bangsa diliputi ketakutan dan kekacauan pun melanda. Petugas polisi pemula yang mencari keadilan, Jung Ba Reum, berhadapan langsung dengan si pembunuh. Sementara dia selamat dari pertemuannya yang berbahaya dengan psikopat, Jung Ba Reum mendapati hidupnya benar-benar berubah di depan matanya.

2. Strangers from Hell

https://www.youtube.com/embed/aSP__swZhL0

Pada 2019, Im Si Wan dan Lee Dong Wook beradu peran sebagai pemeran utama dalam drama psikologi-thriller yang berjudul Strangers from Hell. Drakor 10 episode yang diproduksi OCN ini diadaptasi dari webtoon populer berjudul sama karya Kim Yong Ki.

Berkisah tentang seorang pemuda bernama Yoon Jong Woo (Im Si Wan), yang menghabiskan lebih dari 20 tahun hidupnya di kota kecil. Suatu ketika, ia mendapat tawaran pekerjaan di Seoul.

Saat mencari tempat tinggal di Seoul, Jong Woo menemukan Eden Gosiwon, sebuah asrama murah di mana para penghuninya harus berbagi dapur dan kamar mandi. Meski tak suka dengan kondisinya, Jong Woo harus bertahan tinggal di situ untuk sementara waktu karena ter himpit biaya. Selain kualitas bangunannya, ada satu hal lagi yang membuat Jong Woo takut.

Pemilik serta para penghuni asrama lainnya tampak aneh dan mencurigakan. Salah satunya Seo Moon Jo (Lee Dong Wook), tetangga sebelahnya yang berprofesi sebagai dokter gigi. Sekilas, Moon Jo tampak seperti dokter tampan yang karismatik, ramah, dan penuh belas kasih. Namun, tak pernah ada yang tahu rahasia di balik sosoknya yang terlihat sempurna.

Dugaan Jong Woo pun benar. Tak berselang lama setelah ia pindah ke asrama tersebut, berbagai peristiwa misterius mulai terjadi. Lantas, apakah Jong Woo akan bertahan di asrama tersebut?

 

3. Beyond Evil

https://www.youtube.com/embed/ab9FwyQFCPM

Beyond Evil berkisah dari dua pria pemberani yang bekerja sama untuk mengejar pembunuh berantai.

Lee Dong Sik (Shin Ha Kyun) adalah mantan detektif veteran. Sekarang dia bekerja di kantor polisi Manyang di sebuah kota kecil. Lee Dong Sik melakukan semua pekerjaan yang sangat membosankan di pos polisi tersebut.

Hidupnya yang berjalan dengan tenang berubah ketika munculnya Detektif Han Joo-Won (Yeo Jin-Goo) sebagai rekan barunya. Dia baru saja dipindahtugaskan ke kantor polisi yang sama dengan Lee Dong-Sik.

Han Joo-Won adalah sosok detektif profesional dari latar belakang keluarga kepolisian dan penuh akan rahasia. Ayah Han Joo-Won memiliki peluang besar untuk menjadi Kepala Kepolisian pusat berikutnya.

Masalah kemudian datang menghampiri mereka. Banyak serangkaian pembunuhan keji yang terjadi di kota kecil itu. Melihat dari petunjuk yang didapatkan di lapangan, serangkaian peristiwa pembunuhan keji itu mengingatkan mereka pada peristiwa pembunuhan berantai yang terjadi 20 tahun silam.

Lee Dong Sik dan Han Joon Woo akhirnya berjanji dan bersumpah untuk bekerja sama menghentikan pelaku pembunuhan keji itu. Mereka kemudian bersama-sama berusaha menyelidiki peristiwa yang sangat keji itu.

Para pencinta drakor bergenre thriller sangat direkomendasikan untuk menonton Beyond Evil. Drama ini lebih menekankan konflik psikis dibandingkan dengan konflik fisik. Alur cerita drakor ini pun juga sangat sulit ditebak sehingga membuat para penonton penasaran, beda dengan drakor thriller lainnya. 

4. Catch The Ghost

https://www.youtube.com/embed/cwvxzWSN6ng

Drama selanjutnya yaitu Catch the Ghost, merupakan drama Korea yang dibintangi Moon Geun Young bersama Kim Seon Ho.Drakor 16 episode ini disiarkan tvN pada tahun 2019.

Drama Catch the Ghost berkisah tentang polisi muda bernama Yoo Ryung (Moon Geun Young). Suatu hari, adiknya yang menderita autisme tiba-tiba menghilang. Yoo Ryung yakin adiknya menjadi korban Hantu Subway, sebutan untuk buronan pembunuh di kereta bawah tanah yang belum terungkap dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, kasus adiknya ini justru diabaikan oleh Ha Ma Ri (Jung Eugene), petugas polisi saat itu. Karena itulah, Yoo Ryung bergabung dengan tim kepolisian yang ditugaskan di kereta bawah tanah. Yoo Ryung bekerja sama dengan Go Ji Seok (Kim Sun Ho), kepala tim kepolisian kereta bawah tanah. Berbeda dari Yoo Ryung, Ji Seok adalah polisi yang selalu mengikuti aturan dan menghindari masalah sekecil apa pun. Ironisnya, Ji Seok selalu menyelesaikan masalah yang diperbuat Yoo Ryung.

Lantas, apakah Yoo Ryung berhasil menangkap Hantu Subway dan menemukan adiknya? Temukan jawabannya dalam drama Catch the Ghost.

5. Voice

https://www.youtube.com/embed/cl3D2AE8NQk

Rekomendasi drama tentang psikopat selanjutnya yaitu Voice. Drama Korea ini rilis pada tahun 2017 yang tayang di stasiun televisi OCN. 

Moo Jin-Hyuk (Jang Hyuk) merupakan seorang detektif populer yang memecahkan kasus-kasus besar. Namun setelah istrinya dibunuh oleh seorang pembunuh berantai, hidupnya menjadi berubah. Dia dipenuhi dengan rasa bersalah karena dia tidak dapat melindungi istrinya dan dia diam-diam mencari pembunuhnya.

Di sisi lain seorang bernama Kang Kwon-Joo (Lee Ha-Na) merupakan lulusan dari akademi kepolisian dengan nilai tertinggi. Dia mulai bekerja di pusat panggilan darurat. Saat dia bekerja di sana, sebuah kasus pembunuhan brutal terjadi dan ayahnya yang sebagai polisi pergi ke TKP. Ayahnya terbunuh di sana dan Kwon-Joo mendengar apa yang terjadi melalui telepon.

Setelah itu, dia pergi ke Amerika Serikat untuk belajar dan kembali ke Korea sebagai profiler suara profesional. Detektif Jin-Hyuk dan Kang Kwon-Joo memecahkan kasus bersama. Mengejar pembunuh berantai yang bertanggung jawab atas kematian anggota keluarga mereka.

Baca Juga: 11 Aktor Korea yang Pernah Akting bareng Yoona di Drama dan Film Korea

6. Hello Monster

Siapkan Mental, Ini 10 Rekomendasi Drama Korea tentang Psikopat Google

Hello Monster adalah drama Korea Selatan yang dirilis pada tahun 2015  silam melalui saluran televisi KBS2. Drama ini diperankan oleh Seo In Guk, Jang Nara, dan Park Bo Geum.

Hello Monster bercerita tentang seorang pria yang bekerja sebagai detektif terkenal dan juga tampan, ia bernama Lee Hyun (Seo In-Guk). Selain tampan ia juga dikenal dengan kecerdasannya yang luar biasa. Lee Hyun merupakan profesor di bidang psikologi bekerja sebagai pengajar dan penasihat kepolisian untuk beberapa kasus pembunuhan yang diduga dilakukan oleh psikopat.

Kasus-kasus yang Lee Hyun temui membantunya untuk membuka misteri dari tragedi masa kecilnya yang terlupakan.

Lee Joong Min (Jun Kwang Ryul), mendiang ayah Lee Hyun berprofesi sebagai psikolog. Dia memiliki dua anak laki-laki yaitu Lee Hyun dan adiknya, Lee Min (Park Bo Geum). Joong Min pernah melakukan wawancara dengan seorang narapidana remaja psikopat bernama Lee Joon Young (D.O. EXO).

Pada malam Joon Young kabur, Joong Min ditemukan meninggal terbunuh di rumahnya. Lee Min pun menghilang dan Lee Hyun kehilangan ingatan akan momen paling mengerikan dalam hidupnya.

Kejadian pembunuhan yang beruntun membuat Lee Hyun pun mencoba memecahkan kasus bersama tim kepolisian yang di dalamnya ada Cha Ji An (Jang Nara).Mereka berambisi ingin mengungkap kematian sang ayah, dan juga seorang polisi yang dituduh sebagai komplotan dari psikopat yang menghilang puluhan tahun lalu.

Siapa sebenarnya pembunuh ayah Lee Hyun? Akankah Lee Hyun mendapatkan kembali ingatannya dan mengingat kejadian pada saat malam pembunuhan itu? Ke mana sebenarnya Lee Min pergi dan akankah dia bertemu kembali dengan sang kakak Mampukah Ji An mengungkap kebenaran tentang keyakinannya jika sang ayah bukanlah bagian dari psikopat?

7. Suspicious Partner

https://www.youtube.com/embed/firqRGsdifM

Suspicious Partner adalah salah satu drama Korea terpopuler tahun 2017. Suspicious Partner dibintangi aktor kenamaan Negeri Ginseng, Ji Chang-wook dan aktris Nam Ji-hyun.

Noh Ji-wook (Ji Chang-wook) adalah seorang jaksa yang jenius, keras kepala, dan workaholic. Pertemuan pertama Noh Ji-wook dan Eun Bong-hee (Nam Ji-hyun) terjadi di dalam kereta. Ketika itu, seorang pria yang tak dikenal menyentuh bokong Eun Bong-hee dengan sengaja.

Noh Ji-wook yang berada di belakang Eun Bong-hee pun dituduh melakukan tindakan cabul. Ji Wook berusaha mengelak karena bukan dia yang melakukan perbuatan tersebut. Namun, Bong-hee terus menuduhnya.

Tiga bulan setelah itu, Eun Bong-hee magang di kantor tempat Ji Wook bekerja. Suatu hari, saat Bong-hee pulang dari minimarket, dia kaget karena mendapati mantan pacarnya berada di apartemennya dalam kondisi bersimbah darah. Bong-hee pun dituduh menjadi pelaku pembunuhan tersebut. Dia ditahan polisi sebagai tersangka utama.

Dalam kondisi kalut itu, Bong-hee pun meminta bantuan Ji Wook. Permasalahan semakin rumit karena tidak ada barang bukti yang ditemukan. Ji-wook dan Bong-hee bekerja sama untuk menemukan sang pembunuh, sekaligus membersihkan nama baik mereka. Selama persidangan berlangsung, Noh Ji-wook mati-matian membela Eung Bong-hee dengan berbagai cara hingga akhirnya kehilangan pekerjaannya sebagai jaksa.

Butuh waktu yang lama bagi mereka untuk mengungkap dalang dibalik pembunuhan itu. Seiring berjalannya waktu, benih-benih cinta mulai terjalin di antara mereka.

 

8. Flower of Evil

https://www.youtube.com/embed/oE5qyfKgYFE

Flower of Evil mengisahkan tentang psikopat yang berusaha menyembunyikan kekejaman masa lalunya dengan mengubah identitas. Ia jatuh cinta dengan wanita yang sedang berusaha menjadi detektif. Keduanya jatuh cinta dan menikah.

Sosok Baek Hee Sung (Lee Joon Gi) dikenal sebagai family man yang baik hati dan sangat menyayangi anaknya. Sambil menjalani hidup, ia terus berusaha menutupi masa lalunya.

Hee Sung sangat rajin dan selalu mengambil pekerjaan rumah tangga, seperti menyiapkan sarapan hingga mengantar anak mereka Baek Eun Ha (Jung Seo Yeon) ke sekolah.

Sementara itu di sisi lain, sang istri, Cha Ji Won (Moon Chae Won) adalah seorang wanita pekerja yang sibuk. Ia mengembangkan kariernya sebagai detektif hingga tak sempat mengurus rumah. Pasangan ini sangat serasi dan saling mengisi kekurangan masing-masing.

Suatu hari, Ji Won menyadari jika ia ditipu oleh sang suami yang hidup dengan identitas orang lain. Ji Won kemudian berusaha mengulik masa lalu sang suami yang sangat kelam. Ji Won menemukan hal yang aneh pada suaminya, Hee Sung. Keluarganya yang kaya raya seolah tak menyukai kehadirannya dan bahkan tak menyukai kehadiran cucu mereka.

Belakangan rumah tangga mereka yang harmonis mulai goyah saat tim detektif di tempat kerja Ji Won menyelidiki kembali kasus pembunuhan berantai yang melibatkan Do Min Seok (Choi Byung Mo) hingga Ji Won mulai curiga dengan suaminya. 

Lee Joon Gi memerankan sosok Hee Sung dengan sangat apik. Drama Flower of Evil digarap oleh sutradara top Kim Cheol Kyu. Dibuat sebagai drama multi-genre, Flower of Evil memadukan sisi romantis yang dibalut laga, thriller, dan misteri. Jika kalian menyukai drama Korea dengan genre yang cukup berat, serial ini pantas diperhitungkan.

9. Jirisan 

https://www.youtube.com/embed/A3f8FB4pp60

Berlatarkan Gunung Jiri, serial drama ini berkisah tentang para penjaga hutan dan juga para pegawai yang bekerja di Taman Nasional Jirisan. Mereka berpetualang menyusuri jalur pendakian Gunung Jiri yang misterius dan belum pernah dijelajahi oleh manusia untuk mencoba menyelamatkan para pendaki yang hilang.

Seo Yi Kang (Jun Ji Hyun) merupakan penjaga hutan terbaik yang sangat mengenal Gunung Jiri dan memiliki insting yang kuat untuk menavigasi jalur pegunungan. Dia dengan mudah melacak jalur yang dilewati oleh para pendaki yang hilang, bahkan meski hanya dengan minimnya petunjuk yang ada karena pengalamannya yang bejibun. Tak heran jika ia menjadi rekan terbaik dan orang kepercayaan Hyun Jo.

Pemimpin regu penjaga hutan ini adalah Kang Hyun Jo (Joo Ji Hoon), seorang kapten lulusan akademi militer yang memutuskan untuk menjadi penjaga hutan setelah mengalami insiden mengerikan di gunung. Dengan bantuan Seo Yi Kang, ia berhasil menyelamatkan banyak orang yang tersesat di Taman Nasional Gunung Jiri.

Meskipun demikian, perjuangan mereka sama sekali tidak mudah. Tak hanya harus menghadapi cuaca ekstrem dan melewati medan yang berbahaya, mereka juga kerap merasakan adanya kejanggalan yang menyebabkan tersesatnya orang-orang yang mendaki gunung.

Bagaimana juga, Gunung Jiri bisa dibilang merupakan perbatasan antara dunia manusia dan dunia ghaib. Terlebih lagi, ada cukup banyak orang yang mendaki gunung ini untuk membunuh seseorang ataupun untuk mengakhiri hidup mereka sendiri.

 

 

10. Tell Me What You Saw

https://www.youtube.com/embed/kLfWvPeztcw

Tell Me What You Saw menceritakan tentang Oh Hyun Jae (Jang Hyuk) yang dulunya adalah seorang profiler kriminal terkemuka. Dia memecahkan banyak kasus dengan keahliannya, tetapi sebuah ledakan yang disebabkan oleh pembunuh berantai mengakhiri kehidupan tunangannya.

Setelah kejadian mengerikan itu, Oh Hyun Jae menghilang dan dia sekarang hidup dalam pengasingan. Sementara itu, Cha Soo Young (Choi Soo Young) adalah petugas polisi di daerah pedesaan. Dia memiliki kemampuan khusus yang memungkinkannya mengingat semua yang dilihatnya. Karena kemampuan istimewanya, ia terpilih sebagai detektif pemula yang akan bermitra dengan Oh Hyun Jae secara informal. 

Nah itu dia beberapa rekomendasi drama Korea yang sudah kami rangkumkan untuk kalian yang suka dengan adegan mengerikan dan membuat merinding. Semoga bisa menjadi referensi kalian untuk memilih tontonan yang seru.

 

 

Baca Juga: 7 Fakta Drama Korea Lady, Proyek Baru Penulis Drama Penthouse

Eka Annisa Photo Writer Eka Annisa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya