Comscore Tracker

Banjir Kritik, 5 KDrama Ini Dinilai Punya Plot Hole yang Mengganggu

Kamu paham gak sama ceritanya? #WaktunyaKorea

Drama Korea masih menjadi favorit karena mengusung cerita yang dekat dengan kehidupan sehari-hari. Berbagai genre dan plot yang menarik dibawakan dengan sinematografi yang memukau serta diperankan oleh aktor dan aktris yang totalitas, bikin drama Korea bisa menarik penonton dari kalangan mana pun.

Namun, hal itu tidak berlaku dengan lima drama berikut. Meski dibintangi oleh aktor dan aktris ternama, ternyata gak bikin drama-drama ini terselamatkan dari kritikan dan disebut-sebut sebagai drama dengan plot holes yang mengganggu dan bikin gagal paham. Berikut daftarnya.

1. The School Nurse Files

Banjir Kritik, 5 KDrama Ini Dinilai Punya Plot Hole yang Mengganggudrama Korea The School Nurse Files (dok. Netflix)

Dibintangi oleh Jung Yu Mi dan Nam Joo Hyuk, The School Nurse Files bercerita tentang seorang perawat sekolah bernama Ahn Eun Young (Jung Yu Mi) yang punya kemampuan ajaib untuk melihat makhluk gaib berbentuk jeli. Ahn Eun Young menggunakan kemampuannya tersebut untuk menumpas jeli-jeli berbahaya yang menganggu energi manusia. 

Bergenre misteri, Ahn Eun Young bekerjasama dengan guru bahasa Mandarin bernama Hong In Pyo (Nam Joo Hyuk) untuk memecahkan keanehan di sekolah tempat mereka bekerja.

Meski punya premis meyakinkan, drama yang satu ini malah bikin penonton gagal paham. Keberadaan makhluk berbentuk jeli yang gak jelas asal usulnya bikin konflik cerita jadi kurang fokus. Selain itu, deskripsi jeli yang berbeda bentuk dan ukuran juga gak dijelaskan secara detail di drama.

2. Sisyphus: The Myth

Banjir Kritik, 5 KDrama Ini Dinilai Punya Plot Hole yang Mengganggudrama Korea Sisyphus: The Myth (dok. JTBC)

Mengusung time travel sebagai latar cerita, Sisyphus: The Myth bercerita tentang Kang Seo Hae (Park Shin Hye) yang datang dari masa depan untuk menyelamatkan seorang insyinyur jenius bernama Han Tae Sul (Cho Seung Woo). Kedatangan Kang Seo Hae juga untuk berusaha menghalangi perang nuklir yang akan terjadi di tahun tersebut yang menyebabkan ia dan keluarganya harus terpisah.

Punya konflik yang menjanjikan, nyatanya drama ini dinilai punya alur yang terlalu berputar-putar dan sulit dimengerti. Selain itu, ending drama juga masih menyisakan banyak pertanyaan yang gak terjawab. 

Baca Juga: 7 Karakter Cowok Cuek di Drama Korea, Sukses Bikin Gemas Penonton!

3. Dae Jang Geum is Watching

Banjir Kritik, 5 KDrama Ini Dinilai Punya Plot Hole yang Mengganggudrama Korea Dae Jang Geum is Watching (asianwiki.com)

Drama Dae Jang Geum is Watching terinspirasi dari kisah Dae Jang Geum, seorang dayang istana yang menjadi tabib wanita pertama dalam sejarah Korea. Drama yang juga dibintangi oleh dua idol KPop, Kwon Yuri SNSD dan Lee Min Hyuk BTOB ini sebagian besar berfokus pada konflik tiga orang bersaudara keturunan Dae Jang Geum yang punya kekuatan unik dalam bidang masakan.

Punya plot yang ringan dan sedikit campuran fantasi, drama Dae Jang Geum is Watching dikritik karena keberadaan Dae Jang Geum sebagai nenek moyang tokoh utama ternyata sama sekali gak nyambung dengan konflik cerita. Bahkan, keberadaan tokoh sejarah tersebut di drama hanya terasa seperti tempelan.

4. W: Two Worlds

Banjir Kritik, 5 KDrama Ini Dinilai Punya Plot Hole yang MenggangguW: Two Worlds (Dok. MBC)

Berhasil menghadirkan banyak shipper Lee Jong Suk dan Han Hyo Joo, drama W: Two Worlds bercerita tentang kisah cinta beda dimensi antara Kang Chul (Lee Jong Suk) dari dunia komik dan Oh Yeon Joo (Han Hyo Joo) dari dunia nyata.

Kang Chul seorang atlet tembak berprestasi yang keluarganya tewas dibunuh secara misterius. Sementara Oh Yeon Joo merupakan seorang dokter bedah di dunia nyata. Ayah Oh Yeon Joo adalah penulis komik tempat dunia Kang Chul berada.

Menghadirkan opening cerita yang menarik dan konflik yang bikin penasaran akut, drama W: Two Worlds dinilai gagal untuk menghadirkan ending cerita yang memuaskan. Banyaknya pertanyaan yang tetap digantung hingga akhir menyebabkan kekecewaan tersendiri bagi penonton drama ini.

5. Private Lives

Banjir Kritik, 5 KDrama Ini Dinilai Punya Plot Hole yang Mengganggudrama Korea Private Lives (asianwiki.com)

Drama Private Lives diperankan oleh Seohyun SNSD dan Go Kyung Pyo. Bercerita tentang orang-orang yang bekerja sebagai penipu dan menjalani kehidupan palsu.

Cha Joo Eun (Seohyun), seorang wanita yang ingin berhenti menjadi penipu, jatuh cinta pada Lee Jeong Hwan (Go Kyung Pyo). Lee Jeong Hwan merupakan seorang pria misterius yang terlihat seperti pegawai biasa, tapi menyimpan banyak rahasia besar yang ia sembunyikan dari calon istrinya.

Dibawakan dengan sudut pandang berbagai karakter, drama Private Lives dikritik karena menyampaikan adegan yang sama secara berulang-ulang. Tak hanya itu, plot drama yang kurang fokus pada permasalahan karakter utama menyisakan banyak pertanyaan tersendiri bagi penonton. 

Apakah kamu setuju kalau kelima drama di atas mengandung plot hole yang bikin geregetan? Gimana menurut kamu?

Baca Juga: 16 Rekomendasi Drama Korea Ringan untuk Pemula, Bakal Ketagihan!

Fitra Aulianty Photo Verified Writer Fitra Aulianty

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya