Comscore Tracker

6 Aktor Korea yang Terjerat Kontroversi Bullying, Ada Nam Joo Hyuk! 

Gak sedikit yang ternyata cuma difitnah, lho

Perundungan atau bullying merupakan perbuatan buruk yang dibenci oleh publik. Itulah kenapa, aktor Korea yang terbukti benar melakukannya dianggap tidak layak untuk tetap berkarier di industri hiburan. Hal ini membuat agensi harus segera mencari tahu kebenarannya saat kabar mengenai kontroversi tersebut beredar. 

Biasanya, orang yang mengaku sebagai korban lebih dulu mengunggah ceritanya di komunitas online untuk mendapat perhatian publik. Ada yang pernyataannya benar, ada pula yang sekadar fitnah. Nah, aktor berikut inilah yang pernah jadi sorotan setelah dituduh menindas melalui pernyataan orang lain. Yuk, simak!

1. Nam Joo Hyuk 

6 Aktor Korea yang Terjerat Kontroversi Bullying, Ada Nam Joo Hyuk! Nam Joo Hyuk (instagram.com/skawngur)

Kontroversi bullying yang melibatkan Nam Joo Hyuk pertama kali beredar pada tanggal 20 Juni 2022. Seseorang yang menyatakan pada media berada di SMP dan SMA yang sama dengannya mengaku sudah dirundung selama 6 tahun. 

Dengan tegas, agensi mengungkap tuduhan itu tidak benar dan akan mengambil tindakan hukum pada reporter hingga orang yang mengaku jadi korban. Lalu pada 28 Juni, ada terduga korban baru yang disebut A mengaku turut di-bully dan tidak terima klaim agensi yang menyatakan tuduhan itu tidak benar. 

A mengklaim bahwa Nam Joo Hyuk suka memaksanya berkelahi dengan siswa lain jika tidak mengikuti keinginannya. Ia terus menerima pukulan karena enggan melawan siswa lain. Tak lama kemudian, SOOP Entertainment kembali membantah dengan menyatakan bahwa tuduhan itu tidak berdasar setelah menelusuri faktanya.

2. Ji Soo 

6 Aktor Korea yang Terjerat Kontroversi Bullying, Ada Nam Joo Hyuk! Ji Soo (instagram.com/actor_jisoo)

Pada 2 Maret 2021, sebuah postingan di komunitas online menuduh Ji Soo sebagai pelaku bullying di sekolah. Terduga korban yang disebut A menyatakan bahwa sang aktor suka melakukan kekerasan, pemerasan, dan penghinaan dalam bahasa kasar. 

Sebagai tanggapan, Ji Soo mengakui tuduhan itu melalui surat permintaan maaf yang diunggah olehnya. Ia merasa bersalah atas masa lalunya karena sudah menyakiti orang lain. Ia mengakui tuduhan penindasan, tetapi membantah adanya kasus pelecehan seksual seperti tuduhan netizen lain di komunitas online.

3. Kim Dong Hee 

6 Aktor Korea yang Terjerat Kontroversi Bullying, Ada Nam Joo Hyuk! Kim Dong Hee (instagram.com/kim_d.he)

Pada Februari 2021, seorang anonim menulis klaim yang menyatakan bahwa Kim Dong Hee pernah melakukan perundungan padanya. Menurutnya, aktor tersebut gemar memukul dan menindas orang lain dalam kehidupan sehari-harinya. 

Pada Januari 2022, Kim Dong Hee merilis pernyataan untuk memberi tahu bahwa dulu ia pernah bertengkar dengan teman sekelasnya saat masuk duduk di sekolah dasar. Namun, ia sudah dihukum oleh gurunya dan langsung meminta maaf setelah pertengkaran itu. 

Kim Dong Hee juga sudah menghabiskan waktu bersama teman sekelasnya itu sehingga merasa bahwa ia sudah dimaafkan. Meskipun begitu, agensinya membantah bahwa sang aktor mengancam terduga korban dengan gunting saat itu. Hanya saja, benar bahwa Kim Dong Hee memukulnya karena korbannya memprovokasi dengan rumor tak benar. 

Baca Juga: 10 Aktor Ini Punya Dendam Masa Lalu di Drama Korea 2022, Heartbreak!

4. Son Seok Gu 

6 Aktor Korea yang Terjerat Kontroversi Bullying, Ada Nam Joo Hyuk! Son Seok Gu (instagram.com/sonsukku)

Pada 31 Agustus 2021, Son Seok Gu dituduh melakukan bullying pada siswa yang lebih lemah oleh seorang anonim di komunitas online. Menurut pernyataannya, sang aktor suka memukul kepala siswa lain dengan sendal dan sekolah tidak mengambil tindakan tegas atas perbuatan itu. Menurutnya, kasus itu cenderung ditutup-tutupi oleh pihak sekolah. 

Pada 9 September 2021, Son Seok Gu menyatakan dengan tegas di Instagram pribadinya bahwa tuduhan itu sama sekali tidak benar. Selain itu, ia sudah mengumpulkan bukti rinci dan tengah mengajukan pengaduan pada polisi. Ia meminta publik untuk memantau situasinya.

5. Jo Byeong Gyu 

6 Aktor Korea yang Terjerat Kontroversi Bullying, Ada Nam Joo Hyuk! Jo Byeong Gyu (instagram.com/bk_arta)

Pada Februari 2021, beberapa orang menyatakan di komunitas online bahwa mereka telah menjadi korban bullying di masa sekolah dari Jo Byeong Gyu. Ada pula tuduhan yang menyatakan bahwa aktor itu sering terlibat dalam pelecehan verbal dengan melontarkan sejumlah lelucon cabul dulu. 

Selang 5 bulan kemudian, HB Entertainment menyatakan bahwa mereka sudah mengambil tindakan hukum atas klaim tanpa bukti itu. Akhirnya, pelaku mengakui bahwa tuduhan itu palsu dan meminta maaf secara resmi setelah melalui penyelidikan dengan polisi. Pihak agensi berjanji akan bertindak tegas melalui prosedur hukum terhadap semua klaim palsu tanpa bukti pada artisnya.

6. Lee Shin Young 

6 Aktor Korea yang Terjerat Kontroversi Bullying, Ada Nam Joo Hyuk! Lee Shin Young (instagram.com/leesin_y)

Beberapa orang mengaku menjadi korban perundungan dari Lee Shin Young melalui komunitas online pada Februari 2020. Menurut mereka, aktor tersebut merupakan pelaku perundungan terkenal yang bahkan berani menendang teman sekelasnya berulang kali saat istirahat tiba hanya dengan alasan sepele. Ia juga dituduh suka melecehkan siswa lain secara verbal. 

Forest Entertainment menanggapi dengan menyatakan bahwa tuduhan itu tidak benar. Mereka pun ingin mengambil tindakan hukum terhadap semua penyebaran informasi palsu. Tak lama kemudian, terduga korban bullying minta maaf karena salah mengingat kejadian masa lalu yang menyebabkan kontroversi ini.

Kontroversi kasus bullying bagi aktor dapat merusak reputasi dan membuat mereka sulit mengembangkan karier di industri hiburan. Oleh karenanya, mereka akan meminta maaf jika terbukti benar. Sebaliknya, mereka akan menempuh jalur hukum jika ternyata tuduhan itu sebenarnya hanya fitnah belaka.

Baca Juga: Kronologi Tuduhan Kedua Kasus Bullying Nam Joo Hyuk, Agensi Merespons

Fina Efendi Photo Verified Writer Fina Efendi

WINNER. DAY6.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya