Comscore Tracker

9 Artis Korea yang Terlibat Konflik dengan Agensi, Ada Lee Seung Gi

Ada yang mendapat pelecehan hingga ancaman pembunuhan

Baru-baru ini, dunia industri Korea dikejutkan dengan aktor terkenal, Lee Seung Gi yang kabarnya tidak mendapat bayaran selama berkarier sebagai penyanyi. Lantas, publik meluapkan emosinya kepada sang CEO agensi karena perlakuan buruknya.

Selain Lee Seung Gi, ternyata ada beberapa artis Korea yang terlibat konflik dengan agensi. Bahkan, ada juga artis yang kabarnya dilecehkan oleh CEO agensinya sendiri.

Hmmm, jadi makin penasaran kan siapa saja artis Korea yang terlibat konflik dengan agensinya sendiri? Daripada menebak-nebak, langsung aja simak daftarnya di bawah ini!

1. Lee Seung Gi

9 Artis Korea yang Terlibat Konflik dengan Agensi, Ada Lee Seung GiLee Seung Gi (instagram/leeseunggi.official)

Masih ingat dengan konflik Lee Seung Gi dengan agensinya, Hook Entertainment? Yup, tidak disangka agensi yang menaungi Lee Seung Gi ini tega mengambil pendapatan Lee Seung Gi sebagai penyanyi selama 18 tahun.

Tidak hanya itu, aktor besar itu pun juga mengaku mendapatkan perlakuan yang tidak baik secara personal. Saat tuntutan tersebut dilayangkan ke agensinya, alih-alih mendapatkan pertanggung jawaban, Lee Seung Gi justru mendapat ancaman pembunuhan dari CEO Hook Entertainment.

Saat publik mulai mengecam perbuatan agensinya, CEO Hook Entertainment akhirnya menjanjikan pertanggungjawaban untuk membayar pendapatan Lee Seung Gi yang ditahan.

2. HyunA

9 Artis Korea yang Terlibat Konflik dengan Agensi, Ada Lee Seung GiHyun Ah 4Minute (instagram.com/hyunah_aa)

Salah satu member girl group 4Minute, Hyun Ah atau yang akrab disapa HyunA memutuskan untuk hengkang dari grupnya karena terlibat konflik yang tidak berkesudahan dengan agensinya, Cube Entertainment. Alasan HyunA ingin keluar dari agensinya tersebut karena pihak Cube Entertainment sempat ingin mengeluarkan HyunA secara sepihak.

Mendengar hal tersebut, Cube Entertainment mengatakan mereka melakukan hal tersebut dikarenakan HyunA telah melanggar kontraknya dengan agensi, yakni berkencan dengan satu agensi. Saat itu, HyunA memang sedang menjalin hubungan dengan E'Dawn Pentagon.

3. E’Dawn

9 Artis Korea yang Terlibat Konflik dengan Agensi, Ada Lee Seung GiE'Dawn eks Pentagon (instagram.com/hyojong_1994)

Tidak hanya HyunA saja yang berkonflik dengan agensinya, E'Dawn eks Pentagon juga terseret dengan konflik di antara keduanya. Cube Entertainment menilai bahwa HyunA dan E'Dawn tidak profesional karena telah melanggar kontrak yang melarang sesama artis Cube Entertainment menjalin hubungan romantis.

Tidak hanya menjalin hubungan, keduanya justru mengonfirmasi hubungan mereka secara publik. Oleh karena itu, keduanya pun langsung dikeluarkan oleh agensi Cube Entertainment. Namun, sayangnya di penghujung November 2022, keduanya mengonfirmasi bahwa hubungan mereka berdua telah berakhir.

4. Kang Daniel

9 Artis Korea yang Terlibat Konflik dengan Agensi, Ada Lee Seung Gipotret Kang Daniel (instagram.com/daniel.k.here)

Artis Korea yang terlibat konflik dengan agensi selanjutnya adalah Kang Daniel. Kang Daniel eks Wanna One juga sempat berkonflik dengan agensinya yang lama, yakni LM Entertainment. Konflik keduanya bermula dari Daniel yang baru saja menandatangani kontrak ekslusif dengan LM Entertainment pada bulan Januari 2019, tidak disangka dua bulan setelahnya LME justru mengajukan pembatalan kontrak secara sepihak.

Tidak berhenti sampai situ, konflik kian memanas karena masalah penjualan kontrak ekslusif milik Daniel. Akhirnya, setelah proses yang panjang, Daniel pun dinyatakan sebagai free agent dan akhirnya ia mendirikan agensi sendiri bernama KONNECT Entertainment.

Baca Juga: Profil dan Biodata Kang Daniel, Idol Merangkap CEO yang Sukses

5. Tao

9 Artis Korea yang Terlibat Konflik dengan Agensi, Ada Lee Seung GiTao eks EXO (instagram.com/hztttao)

Pernah viral pada masanya, salah satu eks member EXO berkonflik dengan agensinya sendiri, yakni SM Entertainment. Tao, member yang berasal dari Tiongkok ini memutuskan untuk hengkang karena merasa kontrak yang diajukan SM selama 10 tahun terlalu lama.

Tidak hanya itu, selama kontrak panjang tersebut, Tao juga merasa tidak diberikan kebebasan dari agensinya dan ia merasa SM memberikan perlakuan yang berbeda antara member Korea dan China. Namun, pihak pengadilan menolak banding Tao dan kabarnya ia harus membayar penalti dalam jumlah yang besar.

6. Clara Lee

9 Artis Korea yang Terlibat Konflik dengan Agensi, Ada Lee Seung GiClara Lee (instagram.com/actressclara)

Aktris kelahiran Swiss, Clara Lee jadi salah satu artis Korea yang terlibat konflik dengan agensinya, Polaris Entertainment. Pada tahun 2014, agensinya melayangkan gugatan ke Clara tanpa ada alasan yang jelas. Namun, beberapa waktu kemudian mereka menjelaskan bahwa Clara sering melanggar kontrak.

Kemudian, pada tahun 2015, Clara juga mengajukan gugatan ke agensinya dengan tuduhan CEO Polaris Entertainment telah melakukan pelecehan seksual baik secara verbal maupun non verbal. Hal tersebut dibuktikan dengan chat dari aplikasi KakaoTalk.

Polaris tidak tinggal diam, mereka justru mengunggah bukti chat yang berbeda dari yang diunggah Clara. Di chat yang dibeberkan oleh agensinya, justru Clara yang menggoda CEOnya terlebih dahulu. Pihak Clara pun mengatakan bahwa chat tersebut palsu. Hmmm, menurut kalian siapa nih yang benar?

7. Kim Jung Hyun

9 Artis Korea yang Terlibat Konflik dengan Agensi, Ada Lee Seung GiKim Jung Hyun (instagram.com/storyjcompany)

Aktor yang membintangi drama Korea populer Mr. Queen ini juga pernah tersandung konflik dengan agensinya sendiri, O& Entertainment. Konflik tersebut berawal dari rumor yang mengatakan bahwa Kim Jung Hyun sedang berpacaran dengan aktris Seo Ji Hye dan berencana untuk pindah ke agensi pacarnya, Culture Depot karena kontrak Jung Hyun dengan O& Entertainment akan segera berakhir.

Namun, agensinya justru mengatakan Kim Jung Hyun telah melakukan pelanggaran kontrak. O& Entertainment mengatakan Jung Hyun masih memiliki kontrak dengannya selama 11 bulan lagi. Akhirnya setelah perseteruan panas tersebut, Kim Jung Hyun mengakhiri kontraknya dan pindah ke agensi Story J Company.

8. Park Yoo Chun

9 Artis Korea yang Terlibat Konflik dengan Agensi, Ada Lee Seung GiPark Yoo Chun (instagram.com/6002yoochun)

Artis Korea yang terlibat konflik dengan agensi berikutnya datang dari aktor sekaligus idol. Ya, Park Yoo Chun pernah digugat agensinya Ri:Cielo karena Yoochun dinilai melanggar kontrak. Eks member boy group TVXQ dan JYJ ini ternyata menandatangani kontrak ganda dengan agensi di Jepang.

Selain itu, Yoochun juga diketahui menghabiskan uang hingga mencapai ratusan juta won demi membelikan barang-barang mewah untuk pacarnya. Imbasnya, ia langsung dilarang tampil di televisi.

9. TVXQ dan JYJ

9 Artis Korea yang Terlibat Konflik dengan Agensi, Ada Lee Seung Gimember JYJ dalam pemotretan albumnya (dok. spotify)

Artis korea yang terlibat Konflik dengan agensi yang terakhir berasal dari boy group besutan SM Entertainment. Pada tahun 2008, tiga member boy group TVXQ melaporkan agensinya ke meja hijau.

Mereka merasa kontrak yang ditetapkan SM Entertainment selama 13 tahun terlalu lama. Ditambah lagi, ketiganya juga merasa tidak adil dengan pembagian honornya. Singkat cerita, akhirnya Jaejoong, Yoochun, dan Junsu hengkang dari SM dan TVXQ dan membentuk grup baru bernama JYJ.

Nah, itu dia deretan artis Korea yang terlibat konflik dengan agensi. Panas banget ya, Guys?

Baca Juga: 5 Perlakuan Buruk CEO HOOK Entertainment ke Lee Seung Gi

Topic:

  • Dinda Trisnaning Ramadhani
  • Yunisda Dwi Saputri
  • Stella Azasya

Berita Terkini Lainnya