Comscore Tracker

Cerita Audisi dan Trainee 8 Member SNSD, Penuh Perjuangan!

Rata-rata, mereka menjadi trainee lebih dari 5 tahun, lho

Berbicara soal industri KPop, tentu kita tidak boleh melupakan peran besar dari grup legendaris asal SM Entertainment satu ini. SNSD atau yang dikenal juga sebagai Girls' Generation kini telah menjadi panutan bagi idol KPop generasi baru.

Kabar terbaru menyatakan bahwa SNSD akan melangsungkan comeback di bulan Agustus untuk merayakan hari jadi mereka yang ke-15 tahun. Sambil menanti kembalinya SNSD dengan formasi lengkap setelah 5 tahun lamanya, kita flashback ke cerita audisi dan trainee kedelapan anggotanya, yuk!

1. Taeyeon

Cerita Audisi dan Trainee 8 Member SNSD, Penuh Perjuangan!Taeyeon SNSD (instagram.com/taeyeon_ss)

Taeyeon yang merupakan leader sekaligus vokalis utama dari SNSD ini mulai menjadi peserta pelatihan di SM Entertainment pada tahun 2004. Kala itu, ia memenangkan penghargaan utama pada 8th Annual Best Contest yang membuatnya direkrut oleh SM.

Di tahun yang sama saat ia baru menjadi trainee, Taeyeon berkesempatan untuk melakukan duet dengan penyanyi The One untuk lagu "You Bring Me Joy". Menjalani masa trainee kurang lebih selama 3 tahun, idol kelahiran 9 Maret 1989 ini hampir setiap hari harus bolak-balik dari rumahnya di Jeonju ke Seoul untuk mendapatkan pelatihan.

2. Sunny

Cerita Audisi dan Trainee 8 Member SNSD, Penuh Perjuangan!Sunny SNSD (instagram.com/515sunnyday)

Lee Soon Kyu alias Sunny SNSD mulai menjadi trainee di SM sejak berusia 19 tahun (usia Korea) dan merupakan anggota terakhir yang bergabung di perusahaan tersebut. Sebelum itu, ia pernah menjalani pelatihan di perusahaan ayahnya bernama Star World tahun 1998.

Hyoyeon dalam acara Yoo Quiz on the Block mengatakan bahwa masuknya Sunny ke SM membuat dirinya merasa tersaingi. Pasalnya, meskipun baru masuk ke SM, ia sudah memiliki kemampuan menyanyi dan menari yang sangat baik.

3. Tiffany

Cerita Audisi dan Trainee 8 Member SNSD, Penuh Perjuangan!Tiffany SNSD (instagram.com/tiffanyyoungofficial)

Pada tahun 2004, Tiffany mengikuti audisi yang diadakan SM Entertainment di Los Angeles, California dan berhasil lolos untuk menjadi trainee. Setelah meyakinkan ayahnya, Tiffany berangkat ke Korea Selatan dan mulai berlatih selama 3 tahun sebelum debutnya.

Tiffany awalnya sempat menghadapi berbagai cobaan sebelum mulai menjadi trainee, termasuk soal kepergian ibunya. Ia juga sempat berpikir untuk pergi ke sekolah hukum atas saran kakaknya, jika seandainya ia tidak lolos pada audisi SM kala itu.

4. Hyoyeon

Cerita Audisi dan Trainee 8 Member SNSD, Penuh Perjuangan!Hyoyeon SNSD (instagram.com/hyoyeon_x_x)

Hyoyeon dikenal sebagai dancing queen-nya SNSD. Pada tahun 1999, ia bergabung dengan Winners Dance School yang merupakan sekolah menari terkenal di Korea dan menerima pelatihan untuk berbagai jenis tarian, seperti poppinglocking, dan hiphop dari profesional.

Pada usianya yang ke-12 berdasarkan perhitungan umur Korea, Hyoyeon berhasil lolos menjadi trainee setelah lolos melalui S.M. 2000 Casting System. Pada tahun 2005, Hyoyeon pernah menjadi penari siluet BoA di pertunjukan Mnet KM Music Festival atau sekarang lebih dikenal sebagai MAMA.

Baca Juga: 7 Lagu Bertema Cinta yang Ditulis Member SNSD, Gak Banyak yang Tahu!

5. Yuri

Cerita Audisi dan Trainee 8 Member SNSD, Penuh Perjuangan!Yuri SNSD (instagram.com/yulyulk)

Yuri masuk menjadi trainee SM Entertainment pada tahun 2001 setelah menjadi juara kedua pada S.M. Youth Best Dancer Contest yang diselenggarakan tahun itu. Sebelumnya ia telah membintangi beberapa iklan sejak usianya masih muda, salah satunya adalah iklan Choco-Pie versi China yang dibintanginya bersama aktor Jang Dong Geun.

Tak hanya itu, Yuri juga sempat muncul di music video untuk lagu "Beautiful Life" milik TVXQ pada tahun 2005. Dengan beberapa kemunculannya saat pre-debut, Yuri sudah cukup populer saat dirinya resmi diumumkan sebagai anggota ketiga dari SNSD.

6. Sooyoung

Cerita Audisi dan Trainee 8 Member SNSD, Penuh Perjuangan!Sooyoung SNSD (instagram.com/sooyoungchoi)

Sama seperti Hyoyeon, Sooyoung juga memulai masa pelatihannya di SM sejak tahun 2000. Memang memiliki aura selebriti, Sooyoung beberapa kali ditawari oleh berbagai perusahaan sebelum akhirnya mengikuti audisi di SM Entertainment.

Di masa trainee-nya, Sooyoung sempat dikirim ke Jepang untuk mengikuti program Korea-Jepang berjudul Route O pada tahun 2002. Sooyoung berhasil meraih peringkat pertama dan melakukan debut sebagai duo dengan Marina Takahashi sebelum dibubarkan pada tahun 2003. Setelah itu ia kembali ke Korea dan kembali menjalani masa pelatihan.

Sooyoung juga merupakan anggota yang memiliki banyak pengalaman sebelum resmi debut sebagai SNSD. Beberapa di antaranya yaitu pernah membintangi iklan handphone Samsung, menjadi pembawa acara Hello Chat yang tayang di Mnet, serta menjadi penyanyi untuk versi Korea lagu intro dari serial manga Jepang, Inuyasha.

7. Yoona

Cerita Audisi dan Trainee 8 Member SNSD, Penuh Perjuangan!Yoona SNSD (instagram.com/yoona__lim)

Yoona adalah satu-satunya anggota SNSD yang masuk ke SM Entertainment melalui Saturday Audition yang diadakan tahun 2002. Suka mendengarkan lagu S.E.S., dirinya kemudian mulai bermimpi untuk menjadi penyanyi sejak berada di bangku kelas dua sekolah dasar.

Sebelum debut, Yoona pernah muncul di music video TVXQ, yaitu "Magic Castle" dan mulai menarik perhatian karena kecantikannya. Dirinya pun telah mengikuti lebih dari 200 kali audisi untuk membintangi program TV dan iklan sebelum resmi diumumkan sebagai anggota pertama SNSD yang akan debut di tahun 2007 lalu.

8. Seohyun

Cerita Audisi dan Trainee 8 Member SNSD, Penuh Perjuangan!Seohyun SNSD (instagram.com/seojuhyun_s)

Anggota termuda SNSD ini terlahir dari keluarga musisi. Ia telah belajar bermain piano sejak kecil yang membuatnya bercita-cita menjadi pianis. Saat itu dirinya tengah bersiap untuk belajar musik lebih lanjut di Amerika Serikat. 

Pada tahun 2002, Seohyun ditemukan oleh staf SM di dalam perjalanannya menuju rumah kerabatnya. Ia yang awalnya tak pernah berniat untuk menjadi idol KPop ini pun hanya menyanyikan lagu anak-anak dan memperlihatkan kemampuan baletnya sewaktu audisi.

Rata-rata anggota SNSD menjalani masa pelatihan yang cukup lama dan dimulai pada usia muda. Tentu hasil yang mereka dapat saat ini sesuai dengan perjuangan mereka kala itu. Untuk itu, yuk kita meriahkan bersama comeback SNSD bulan Agustus nanti!

Baca Juga: 6 Artis Korea yang Memilih Mengadopsi Anak, Ada Yoona SNSD! 

Dwi Nantari Photo Verified Writer Dwi Nantari

Mesin • Berlian • Rumput

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya