Comscore Tracker

7 Lagu Solo Jungkook BTS, Golden Maknae yang Ulang Tahun ke-25 

Suara sang Golden Maknae bikin jatuh hati #JungkookDay

Jungkook BTS genap berusia 25 tahun pada 1 September 2022 menurut perhitungan usia internasional. Pada usia yang terbilang masih muda, ia telah menorehkan banyak karya dan prestasi mengagumkan. Tak heran jika banyak penggemar yang sangat mencintainya dan memberikan banyak dukungan.

Salah satu kelebihan Jungkook adalah kemampuan vokal luar biasa. Tak hanya muncul di lagu BTS, ia juga merilis beberapa lagu solo yang menunjukkan keindahan suaranya. Kita dengarkan lagu solo Jungkook di hari ulang tahun sang Golden Maknae ini, yuk!

1. "Begin" (2016) 

https://www.youtube.com/embed/m5_J7xuYxzs

"Begin" adalah lagu solo pertama yang dikeluarkan oleh Jungkook. Lagu ini masuk dalam album WINGS yang dirilis pada Oktober 2016 lalu. "Begin" bercerita tentang rasa cinta dan terima kasih dari Jungkook kepada kepada para hyung-nya di BTS yang telah menemaninya berproses dari trainee hingga menjadi idol.

Lagu solo perdana Jungkook ini bahkan mendapatkan penghargaan nomor satu chart musik Billboard dalam kategori Billboard World Digital Song Sales. "Begin" juga menjadi lagu yang sangat berarti untuk para fans. 

2. "Euphoria" (2018)

https://www.youtube.com/embed/kX0vO4vlJuU

"You are the cause of my euphoria"

Diproduseri oleh DJ Swiwel, lagu kedua Jungkook adalah "Euphoria". Solo ini termasuk dalam album Love Yourself: Answer yang dirilis pada April 2018 silam. Sang golden maknae mengaku bahwa lagu ini menjadi favoritnya hingga ia menambahkannya dalam album antologi BTS yang baru saja dirilis, yaitu Proof.

Dengan "Euphoria", Jungkook mengajak kamu semua untuk menggenggam mimpi masa lalu yang kini sudah mulai terlupakan. Ketika mimpi itu tercapai, maka euforia atau rasa bahagia yang tak terkira itu akan dapat kamu rasakan.

3. "Decalcomania" (2019) 

Saat Jungkook berulang tahun ke-22 pada 1 September 2019, ia mengejutkan ARMY dengan merilis demo singkat dari lagu yang diproduksinya. Cuplikan singkat yang diunggah di Twitter tersebut ternyata berjudul "Decalcomania".

"Decalcomania" istimewa karena menjadi lagu solo Jungkook pertama yang berbahasa Inggris. Dikemas dengan genre R&B, ia menceritakan proses eksplorasi jati dirinya. Namun sayangnya, hingga sekarang Jungkook masih belum mengunggah versi penuh dari "Decalcomania".

Baca Juga: Kenapa Jungkook BTS Dijuluki Golden Maknae? Ini Jawabannya

4. "My Time" (2020)

https://www.youtube.com/embed/a_zk4JFK43g

Masuk dalam album Map of The Soul: 7 saat BTS comeback pada awal 2020 lalu, "My Time" ini turut bertengger pada Billboard Hot 100 saat dirilis. Lagu ini bisa dibilang cukup berbeda dengan solo-solo Jungkook sebelumnya. Terlebih, ia menggunakan konsep seksi saat membawakannya di konser untuk menandakan perubahan dirinya menjadi lebih dewasa.

Dalam "My Time", Jungkook bercerita tentang dirinya yang telah debut di usia muda dan mendapatkan kepopuleran serta spotlight sejak kecil. Terkadang, ia merasa asing dengan lingkungan sekitarnya dan tidak dapat menikmati masa muda dengan teman seumuran karena pekerjaannya sebagai idol terkenal.

5. "Still With You" (2020)

https://www.youtube.com/embed/djKdPZiJdvA

Ditulis langsung oleh Jungkook, "Still With You" adalah salah satu lagu yang rilis pada peringatan anniversary atau BTS Festa 2020 lalu. Dengan vokal halus nan merdu serta irama R&B dan jazz yang membuat candu, lagu ini sukses viral bahkan pada kalangan non ARMY dan bahkan ikut trending di Tiktok.

Lagu ini berkisah mengenai kerinduan, kenangan, harapan Jungkook yang ingin bertemu ARMY, tapi terhalang oleh pandemik. Walau awalnya hanya dirilis di Soundcloud, "Still With You" versi acapella masuk ke dalam deretan tracklist album Proof.

6. "Stay Alive" (2022)

https://www.youtube.com/embed/yzjTpCgfIII

"Stay Alive" merupakan lagu yang dibawakan Jungkook dan diproduseri oleh rekannya, Suga BTS. Mereka merilisnya sebagai soundtrack untuk webtoon 7 Fates Chakho.

Webtoon ini menceritakan tentang kisah tujuh pemburu harimau dengan member BTS sebagai visualisasinya. Menariknya, ketujuh karakter visualisasi BTS juga diceritakan dalam lirik lagu "Stay Alive". 

7. "My You" (2022)

https://www.youtube.com/embed/_yTP_L8fC-k

Tepat sebelum ulang tahun BTS yang ke-9 pada Juni 2022 lalu, Jungkook merilis lagu solo berjudul "My You". Lagi lagi, ARMY menjadi alasan utama dirinya membuat lagu spesial ini.

Di sini, Jungkook bercerita bahwa kehadiran ARMY dalam hidupnya mampu menghapus rasa lelah yang ia alami. Ia juga berharap bahwa para fans selalu sehat dan mampu menghabiskan waktu selamanya bersama dirinya dan member BTS lain.

Vokal yang merdu serta lirik lagu penuh makna dari sang Golden Maknae yang kini berulang tahun memang tak pernah gagal membuat ARMY jatuh hati. Selamat ulang tahun Jungkook!

Baca Juga: Gak Gengsi, 10 Momen Jungkook BTS saat Membantu Pekerjaan Staf

Nadya Lizka Photo Verified Writer Nadya Lizka

Gadis yang mencoba memotret setiap momen dengan goresan penanya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya