Comscore Tracker

5 Keringanan Tempat Kerja yang Sebaiknya Diberikan pada Single Parent

Agar mereka bisa lebih maksimal

Gak ada satu orang pun di dunia ini yang ketika menikah tahu kalau dirinya bakal bercerai atau berpisah dengan pasangan sehingga membuatnya menjadi single parent. Bisa dibilang bahwa hal itu merupakan keadaan yang tidak bisa dihindari, dan bukan suatu keputusan yang mudah untuk menjadi orangtua tunggal. Selain merawat dan mendidik anak sendirian namun di sisi lain juga harus bekerja demi menghidupi keluarga. Makanya, gak ada salahnya untuk memberlakukan hak istimewa bagi pekerja yang menyandang status single parent.

Selain membuatnya jadi lebih fokus dan semangat kerja, juga akan meringankan bebannya sebagai orangtua tunggal dalam mengurus anak dan menjalani hidup tanpa pendamping. Lalu keringanan yang seperti apa sajakah yang baiknya diberikan pada seorang single parent di tempat kerja? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

1. Pulang kerja tepat waktu dan tidak lembur

5 Keringanan Tempat Kerja yang Sebaiknya Diberikan pada Single ParentPexels.com/Ono Kosuki

Alangkah baiknya jika karyawan berstatus single parent diberikan keringanan berupa pulang kerja tepat waktu tanpa diharuskan lembur. Bukannya mau diistimewakan, namun seperti yang kita tahu bahwa kalau menjadi orangtua tunggal bagi anak-anak membuat seseorang punya tanggung jawab yang besar pada keluarga. Dan kasihan juga pada anaknya jika sang orangtua harus kerja lembur dan meninggalkan mereka sendiri di rumah hingga malam sampai orangtua pulang kerja.

2. Diperbolehkan pulang lebih awal atau izin tidak masuk kerja ketika anak sakit

5 Keringanan Tempat Kerja yang Sebaiknya Diberikan pada Single ParentPexels.com/Mart Production

Sebagai orang dewasa kita mungkin bisa menahan sakit yang di derita dan tetap masuk kerja seperti biasa, tapi beda ceritanya jika anak yang sakit. Apalagi berstatus sebagai single parent yang mana sang anak tak bisa dibantu rawat oleh pasangan, jadi harus bisa merawat anak yang sakit sendirian. Jadi keringanan di tempat kerja kedua yang baiknya diberikan pada single parent ialah diperbolehkan pulang lebih awal atau bahkan cuti jika anak sedang sakit.

3. Tidak dibebankan pekerjaan yang harus pergi jauh atau ke luar kota

5 Keringanan Tempat Kerja yang Sebaiknya Diberikan pada Single ParentPexels.com/Fauxels

Tidak dibebankan pekerjaan yang harus pergi jauh atau ke luar kota juga merupakan salah satu keringanan yang baiknya diberlakukan untuk single parent. Jika masih lajang atau sudah menikah dan memiliki pasangan hidup tentunya tak masalah jika pergi jauh karena tuntutan pekerjaan, tapi kalau seorang single parent yang sendirian mengurus anak tentu bakal berbeda. Tidak mungkin meninggalkan anak sendirian saat harus pergi jauh, namun di sisi lain justru merepotkan jika harus membawa anak jika itu urusan pekerjaan.

Baca Juga: 5 Momen Terberat Seorang Single Parent dalam Membesarkan Anak

4. Adanya toleransi spesial di hari penting terkait sekolah anak

5 Keringanan Tempat Kerja yang Sebaiknya Diberikan pada Single ParentPexels.com/Helmi Lutvyandi

Keringanan keempat ialah adanya kompensasi pada hari penting terkait sekolah anak, baik itu pendaftaran sekolah, hari pertama masuk sekolah, hari pertemuan orangtua dan guru, dan juga hari kelulusan anak. Akan sangat baik jika tempat kerja memberikan keringanan jenis ini pada pekerja yang berstatus single parent. Sebab kehadirannya gak bisa digantikan orang lain karena ia merupakan orangtua tunggal, kan. Meskipun kelihatan sepele tapi hal ini sangat berharga bagi setiap orangtua, lho.

5. Adanya penitipan anak khusus bagi karyawan

5 Keringanan Tempat Kerja yang Sebaiknya Diberikan pada Single ParentPexels.com/Naomi Shi

Dan keringanan terakhir adalah berbentuk fasilitas dan gak hanya untuk pekerja single parent saja tapi juga bisa untuk karyawan yang sudah menikah dan punya anak. Yakni adanya fasilitas penitipan anak di tempat kerja. Sisi baiknya apa? Jika hal ini diwujudkan maka semua orang yang sudah memiliki anak tidak perlu khawatir dimana ia menitipkan anak ketika harus bekerja. Dan dengan adanya rasa aman tersebut membuatnya jadi fokus bekerja dengan lebih maksimal.

Itulah tadi beberapa keringanan di tempat kerja yang baiknya diberikan pada pekerja yang berstatus single parent. Selain meringankan beban karyawan namun juga menguntungkan perusahaan karena kinerja karyawannya tetap terjaga dengan maksimal.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Gak Mudah bagi Single Parent untuk Menikah Lagi

afifah hanim Photo Verified Writer afifah hanim

Follow me on instagram: @afifahhanim_lm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya